Herlin Variani

Bundo Kanduang dari Ranah Minang. Generasi Bunda Siti Raham berikutnya. Insya Allah. Awali semunya dengan Bismillah...

Selengkapnya
Navigasi Web
Riset Sederhana Pagi Ini (18072020)

Riset Sederhana Pagi Ini (18072020)

Riset Sederhana Herlin Pagi Ini

Oleh : Herlin Variani,S.Pd

 

 

Tahukah kamu bahwa perempuan mengeluarkan 20.000 kata dalam sehari? Setiap kata yang dikeluarkan, baik yang penuh hikmah atau tidak ada hikmahnya. Kata yang penuh hikmah tentu akan sangat bermanfaat. Kata penuh hikmah yang dikeluarkan melalui lisan saja, manfaatnya hanya sementara dan hanya untuk segelintir orang.

Berbeda ketika kata yang kita keluarkan itu dituangkan melalui kertas, laptop dan tulisan-tulisan lainnya. Apalagi memberanikan diri untuk menyusun rangkaian kata itu menjadi sebuah buku. maka saat itu kata yang anda keluarkan akan jauh lebih bermanfaat dan lebih abadi. 

Batu nisan sekali pun tak akan mampu menghalangi pergerakan tulisan anda. Walaupun anda sudah terkubur di dalam perut bumi. Jadi jangan menunggu lagi. Mulailah menulis, buka peluang untuk berbagi hikmah hidup anda pada orang lain.

Walaupun nanti anda sudah tiada. Karena seperti yang dikatakan oleh Helvy Tiana Rosa, “ketika seseorang mulai menulis maka dia mulai memperpanjang umur nya.” Penulis pernah sampaikan juga, bahwa dengan menulis kita dapat menuju keabadian dalam hidup. Ciiaahhhh. Gaya ne. Wkwkwk

Jika ada yang mengatakan bahwa berbicara itu mudah. Namun ketika yang ada di pikiran atau yang ingin dikeluarkan dari hati dituliskan di situlah kesulitan mulai terasa. Nah coba deh, saya sebagai seorang penulis pemula memiliki beberapa trik.

Satu ketika anda merasakan sangat sakit hati dan marah sekali kepada suami, tulislah semua itu. Tulis apa saja lah itu. Kata-kata baik atau kata-kata tidak baik sekalipun. Tulis sesuka hati anda agar seluruh perasaan lepas.

Jangan lupa setelah itu Anda juga tulis seluruh kebaikannya. Setelah itu selesai, tutup buku anda dan cobalah menenangkan diri.

Itu yang pertama, lanjut yang kedua. Jika anda seorang muslim segeralah berwudhu. Ambil sajadah anda dan menghadap Allah. Persembahkan sujud indah  anda padanya. Syukuri apa yang telah anda dapatkan dari Nya selama ini.

 Lalu Anda coba membuka mushaf Al Quran dan baca. Tingkatkan ibadah anda. Perbanyak istighfar. Insya Allah beberapa saat kemudian, anda akan merasakan sensasi luar biasa. Rasa tenang akan hadir dalam diri anda. Ketika itu sudah anda dapatkan kembali, buka catatan yang pernah anda buat sebelumnya.

Ingat ya, catatan yang anda buat itu selalu berpasangan. Yang baik dan yang tidak baik. Karena Tuhan itu menciptakan segala sesuatu berpasangan. Adam dan Hawa. Bukan Adam dengan Adam. Siang dan malam. Bukan siang dengan siang tertutup awan.

Baca kembali yang anda tulis dan terus beristighfar. Poles tulisan itu. Jangan dihapus. Berikan seluruh tulisan anda itu pesan penuh hikmah. Hiasi dia dengan bahasa yang enak untuk dibaca.

Bubuhkan hikmah yang dapat dipakai dan dimanfaatkan oleh orang lain. Karena Siapapun yang membaca tulisan anda, mereka lebih menyukai bacaan-bacaan yang sangat menginspirasi dan membuat jiwa tenang. Bukan tulisan yang membuat hati panas

Apa berikutnya? Emang yang 2 itu sudah anda lakukan? Udah belum nih? Nah, tutup lagi buku/ laptopnya. Keesokannya, poles lagi. Tapi, tetap dengan kondisi jiwa dan hati yang stabil. Ruh yang tenang yang penuh dengan kekuatan iman.

Lakukanlah itu setiap saat. Melakukan pemolesan dan perapihan. Praktekkan tiap hari, dan perhatikan dalam waktu sebulan. Tanpa sadar, anda telah membuat bahan untuk sebuah buku. Maka insya Allah buku catatan perjalanan hidup anda akan selesai. Akan banyak orang yang bisa meraih hikmah dari tulisan Anda. 

Setidaknya orang yang membaca pesan anda akan berpikir. Jangan hanya kemarahan dan kekurangan suami yang terlihat Tapi lihatlah nikmat Allah yang terbentang. Ketika anda dipertemukan dengan dia oleh Allah

Apabila ada yang berkata, ah susah menulis dikala bahagia atau sakit hati sekalipun. Akan kehilangan kata-kata.

Oke baiklah, apakah anda memiliki gadget? Saya rasa anda punya. Karena hari ini semua orang memiliki gadget termasuk anak TK.

Bahkan sulit sekali pun perekonomian, gadget tetap punya. Baik, ambil gadget anda, buka kotak pesan atau whatsup. Di sana anda buat grup dengan nama anda dan teman anda. Lalu nama teman anda keluarkan dari grup.

Mulailah membuat pesan di sana. Tekan spasi dalam beberapa detik. Tahan sejenak, mulailah anda berbicara. Apa pun yang anda ingin bicarakan, akan ditulis oleh sang gadget. Itulah kecanggihan gadget hari ini.

Anda ungkapkan semuanya disana. Walaupun tulisan yang akan muncul tanpa tanda baca. Tidak masalah. Nanti setelah anda baca semuanya, diedit kembali.

Nah selamat mempraktekkan. Jika masih tidak bisa, terserah aja lah. Selamat dikalahkan oleh nenek Toyo Shibata.

Selamat dikalahkan oleh Stephen King, oleh dokter Seus, oleh Joanna penn. Siapa lagi? Masih banyak penulis penulis yang lain. Kalau kita beralasan ini itu juga berarti memang kita yang tidak mau.

==================================================

tujuh ratusan karakter diatas, tulisan yang dibantu oleh gadget. Cukup cuap2 aja. Waktu yang dibutuhkan sangat singkat. Belum dipoles. Cuman ditambahin tanda baca dan atur paragraf. Selamat mencoba, bagi yang bersedia melakukan.

Jika ada yang bertanya, kenapa contohnya suami?

(1)Suami orang terdekat kita. Lebih mudah menulis segala sesuatu yang akrab dengan kehidupan kita. (2)Saya banyak melihat, istri kerap lupa hal positif tentang suami

Seolah semua yang positif hanya milik istri, kekurangan milik suami aja (kesimpulan polos yang dibuat, hasil pengamatan dari curhatan teman2 dan ortu siswa.wkwkwk). Tak adil itu sobat

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Wah, pagi-pagi baca tulisan yang sangat menginspirasi. Sukses ya bu, salam literasi

19 Jul
Balas

Benerkah bun? Pdahal itu hsil cuap2 tanpa mikir. Curi2 waktu saat siswa ngerjain latihan

19 Jul

Inspiratif. Keren.

19 Jul
Balas

Sangat inspiratif Bunda. Makasih ya Bun

19 Jul
Balas

Iyakah bun? Sy g yakin soalnya. Alhamdulillah klo gitu

19 Jul

menginspirasi sekali bunda..mantap

19 Jul
Balas



search

New Post