Upit Sarimanah

Penulis dan pengajar di MP-UIN Jakarta...

Selengkapnya
Navigasi Web
The first Day of TOT Sasibu Malang 2018

The first Day of TOT Sasibu Malang 2018

Fisrt day of ToT Sasibu Malang 2018

Suasana sejuk dingin jauh dari hiruk pikuk kendaraan menghiasai acara Training of Trainer (ToT) untuk calon instruktur Satu Siswa Satu Buku (Sasisabu). Program yang dihelat oleh Mediaguru ini berlangsung selama 3 hari (27-29/12/2018) di P4TK PKn-IPS Batu, Malang.

Peserta ToT yang berjumlah 55 telah terseleksi dari penulis seluruh Indonesia kabarnya akan digembleng menjadi trainer Sasibu nasional. Drs. H. Subandi kepala pusat P4TK PKn-IPS dalam sambutan pembukaannya berpesan atas pentingnya sinergi semua lini dan perhatikan dasar-dasar pengembangan ide menulis yaitu:pancasila,tujuan pendidikan nasional, skill abad 21, karakter, dan literasi. "Sinergi tiap unsur pelaku pendidikan akan memajukan pendidikan dan kebudayaan Indonesia" tambahnya.

M. Ihsan Ceo Mediaguru begitu bersemangat memotivasi para peserta Tot didampingi mas Eko Prasetyo dan Istiqomah Almakky. Para dedengkot Mediaguru ini berkolaborasi membersamai hari pertama yang diawali dengan pembukaan, perkenalan, lanjut materi hingga pukul 22.00.

Pemateri pertama M. Ihsan menyampaikan bagaimana seorang trainer menciptakan atmosphere dengan peserta. "Jangan ceritakan tentang ...saya...saya...saya, orang tidak suka" imbuhnya. Yang terpenting coba terapkan dan praktekan bekal dasar seorang trainer bahwa berbagi tak akan pernah merugi, antusiasme itu menular bersemangatlah!, prinsip tangan di atas, people helping people, khairunnas anfauhum linnas, kunci saling percaya, berani belajar dan jangan berhenti belajar. Tambahnya.

Berlanjut materi kedua oleh gaya elegan santai dan lucu mas Eko sangat dirasakan. Bahwa mentraining siswa menulis sangat berbeda dengan mentraining guru. Coba berikan kesan "BERSAMA" (sesuaikan gaya BERpakaianmu saat mengisi acara, SApa semua peserta dengan ramah, ber MAinlah karena mereka anak2). Ciptakan medium komunikasi dan atmosphere menyenangkan (ice breaking, dongeng/cerita,film pendek inspiratif, dan diskusi kelompok interaktif).

Bunda Isti juga menambahkan agar para trainer selalu menyesuaikan alur menulis siswa tapi tetap temukan keunikan gaya karakter diri trainer di depan semua peserta, "tersenyumlah, sampaikan materi dengan hati"😍😍😍. Imbuhya tegas.

Tak terasa, malam kota Batu malam sudah mulai dingin, meminta panitia terpaksa mengakhirkan acara hari pertama. Tugas esok adalah giliran peserta presentasi modul dan pptnya masing-masing. "Kok jadi deregdeg kieu nya...panas tiris euy . Insyaaallah ya Allah bisa" ucap Yulia Yulianti peserta dari Bandung.

Wrote with love;upits, Batu " kota apel' (menjelang subuh) 28/12/18), @Kerinci room.P4tk pkn-ips

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Alhamdulillah dapat ilmu dan pengalaman baru ya bu

28 Dec
Balas

Wow ternyata kita bs sampai di TOT ini ....

28 Dec
Balas

Wow...Mantabbbs...

27 Jan
Balas



search

New Post