UswahHasanah

Uswatun Hasanah Al-Anjiry Lahir di Desa Anjir Serapat, Kapuas-Kalimantan Tengah Saya adalah guru anak usia dini dan anak usia menengah pertama. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pelajaran Berharga Saat Sakit
Sabar Keta Sakit, Syukur Ketika Sehat

Pelajaran Berharga Saat Sakit

#TantanganGurusiana hari ke-3

Kondisi tubuh seseorang adakalanya mengalami sehat-bugar alias strong. Namun ada juga kondisi badan tidak vit alias drop. Semua orang berharap selalu dalam keadaan sehat wal Afiat, tanpa kurang suatu apapun. Tidak sedikit orang yang mengeluh ketika sakit, dan juga banyak orang yang lupa bersyukur dikala sehat. Padahal apapun kondisinya baik itu sakit atau sehat Allah selalu berikan kita kenikmatan, Allah selalu memberikan kita pengajaran penuh hikmah yang harusnya kita petik.

Pada saat sakit ada banyak hikmah yang dapat kita renungkan, kita syukuri, kita nikmati diantaranya:

1. Sakit sebagai penggugur dosa

Rasulullah shallallahu’alaihiwasallam menjelaskan,

“مَا يُصِيبُ الْمُسْلِمَ مِنْ نَصَبٍ وَلَا وَصَبٍ وَلَا هَمٍّ وَلَا حَزَنٍ وَلَا أَذًى وَلَا غَمٍّ حَتَّى الشَّوْكَةِ يُشَاكُهَا إِلَّا كَفَّرَ اللهُ بِهَا مِنْ خَطَايَاهُ“

“Tidaklah ada kelelahan, sakit, kesedihan, kekhawatiran, gangguan dan kesusahan yang sangat yang diderita seorang muslim, bahkan sampai duri yang menancap di tubuhnya; melainkan Allah akan menjadikannya sebagai penggugur sebagian dosa-dosanya.” HR. Bukhari dan Muslim dari Abu Sa’id al-Khudry dan Abu Hurairah RA.

2. Sakit sebagai wahana latihan kesabaran

Allah ta’ala berfirman,

“إِنَّمَا يُوَفَّى الصَّابِرُونَ أَجْرَهُمْ بِغَيْرِ حِسَابٍ“

Artinya: “Hanya orang-orang yang bersabarlah yang diberi pahala sempurna tanpa batas”. QS. Az-Zumar (39): 10.

Dengan bersabar, maka Allah akan berikan fahala untuk kita

3. Sakit, waktunya introspeksi diri

“ظَهَرَ الْفَسَادُ فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ أَيْدِي النَّاسِ لِيُذِيقَهُمْ بَعْضَ الَّذِي عَمِلُوا لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ“

Artinya: “Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena pebuatan tangan manusia. Allah mengehendaki agar mereka merasakan sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar)”. QS. Ar-Rum (30): 41.

Bisa jadi, sakit kita akibat kita yang lalai dan dzolim terhadap diri sendiri.

4. Sakit membuat kita bersyukur akan nikmat sehat

Ketika Sehat, kita lupa bersyukur. Ketika sakit, Allah uji agar kita menyadari betapa besar nikmat sehat. Salah satu cara mensyukuri nikmat sehat adalah dengan menjaga kesehatan,. Menjaga pola hidup sehat dan senantiasa bijak memenuhi hak dan kewajiban tubuh.

Wallahua'alam bishshawab

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post