Uswatun Hasanah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Mauludan

Mauludan

Hari hari ini di kampung saya setiap hari kita dengarkan lantunan bacaan barjanji dalam rangka memperingati hari lahir Gusti Nabi Muhammad SAW. Sudah menjadi adat istiadat yang dilaksanakan oleh para sesepuh desa kita bahwa peringatan hari lahirnya Nabi Muhammad itu diadakan pembacaan barjanji mulai tanggal 1 Robiul awal. Tak heran jika sejak tanggal 1 Robiul awal musholla 2, masjid menjadi ramai. Penjual jajan di pasar pun juga laris manis. Karena kita meyakini bahwa peringatan maulid dengan memneri shodaqoh kepada para peserta barjanji akan sangat besar pahanya. Masyarakat berlomba lomba untuk bershodaqoh di hari hari tersebut. Bahkan terkadang setelah barjanji atau biasa disebut berjanjen kita bawa pulang jajan banyak sekali. Karena berdasarkan hadis Rasulullah SAW bersabda, barang siapa mengingatkan satu dirham untuk maulid nabi maka seolah-olah dia infak satu gunung emas di jalan Allah. Maka berlomba lombalah masyarakat untuk bershodaqoh di bulan maulid

Jika ulang tahun kita diperingati oleh saudara, dan teman terdekat. Maka hari lahir Kanjeng nabi diperingati oleh masyarakat seluruh dunia. Karena peringatan pimpinan dunia yang membawa masyarakat dari jurang kesesatan menuju kehidupan yang lebih sejahtera, damai dan bermartabat. Rasulullah juga bersabda " barang siapa senang kepada ku maka dia akan bersamaku di surga من احبنى كان معي في الجننه ' hadis. Sebagai bukti cinta kita kepada Rasulullah maka kita mengadakan bacaan barjanji yang berisi kisah kehidupan Rasulullah, agar kita selalu teringat beliaudan membaca sholawat untuk beliau. Semoga kita termasuk orang yang mendapat kan syafaatnya di hari kiamat, Aamiiiin.

Jepara, 24 Oktober 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Aamiin.. Shollu alaa Muhammad...

27 Oct
Balas

Allahumma sholli alaihi

09 Nov

Aamiin.....semarak Maulid Nabi Muhammad SAW

24 Oct
Balas

Iya Bun, makasih Bun atas hadirnya, baarokalloh u fiiik

24 Oct



search

New Post