Uswatun Hasanah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Rindu kami padamu ya Rosul

Rindu kami padamu ya Rosul

Pagi tadi adalah tanggal 12 Robiul awal 1442 H, tanggal kelahiran seorang pemimpin dunia Rosululloh SAW. Hampir seluruh umat Islam di dunia ini memperingati nya. Sebagai bukti cinta kepada rosulnya. Sejak tanggal 1 Robiul awal sebagian dari umat Islam telah membaca riwayat nabi melalui bacaan kitab Al-barjanji. Dan tanggal 12 adalah puncaknya atau bisa dikatakan sebagai penutupnya.

Kitab Al-barjanji karangan seorang sufi bernama Syaikh Ja'far bin Husain bin Abdul Karim bin Muhammad Al Barjanji ini adalah kitab maulid yang paling populer dan paling luas tersebar ke pelosok negeri Arab dan Islam, baik Timur maupun Barat. Bahkan banyak kalangan Arab maupun non Arab yang menghapalnya dan mereka membacanya dalam acara acara keagamaan yang sesuai. Di lingkungan masyarakat kami biasanya orang membaca barjanji pada saat tasyakuran atas kelahiran seorang bayi sekaligus memberikan nama bagi bayi. Selain itu banyak juga perkumpulan perkumpulan yang setiap saat membaca kitab Al-barjanji. Hal tersebut kita lakukan karena kecintaan kita kepada Nabi. Pada saat kita Al-barjanji dibaca kita akan teringat Nabi dan membaca sholawat untuk Beliau.

Kitab Al-barjanji berisi ringkasan (siroh) Nabawiyah yang meliputi kisah kelahiran Nabi Muhammad SAW, pengutusannya sebagai Rosul, hijrah, akhlak, peperangan hingga wafatnya. Penulisan Al-barjanji bermula dari kegiatan yang diprakarsai oleh Sultan Sholahuddin Al-ayyubi pada peringatan Maulid Nabi yang pertama kali diadakan tahun 1184 (580 H). Beliau mengadakan sayembara penulisan riwayat Nabi beserta puji pujian bagi Nabi dengan bahasa yang seindah mungkin. Seluruh ulama dan satrawan diundang untuk mengikuti kompetisi tersebut. Pemenang yang menjadi juara pertama adalah Syaikh Ja'far Al- barjanji..

Satu hal yang mengagumkan sehubungan dengan karya Syaikh Ja'far ini adalah kenyataan bahwa karya tulis ini tidak berhenti pada fungsi nya sebagai bahan bacaan. Dengan berjalannya waktu ternyata karya ini telah mampu membentuk tradisi dan budaya baru bagi ummat Islam di berbagai negeri untuk membacanya dan dalam memperkuat kecintaan kepada Nabi serta memperkuat ukhuwah islamiah. Dengan membaca barjanji ummat Islam akan melantunkan pujian pujian kepada Rosulnya sehingga menjadikan keimanan makin kuat.

Semoga kita selalu mendapat syafaat dari Nabi.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Aamiin. Mantap Bu

01 Nov
Balas

Terimakasih, baarokalloh

01 Nov

Semoga kita selalu mendapat syafaat nabi, Baarokalloh, ditunggu follbacknya

07 Nov
Balas

Aamiiiin, siap bun

08 Nov

Aamiin, mantap bund, ditunggu follow back nya

30 Oct
Balas

Makasih Bun, siap follow back

30 Oct

Inspiratif ulasannya bu....Allahumma sholli 'ala sayyidina Muhammad wa 'ala ali sayyidina Muhammad

29 Oct
Balas

Makasih pak, baarokalloh

30 Oct



search

New Post