Uswatun khasanah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Menyusun Cerita Praktik Baik Menggunakan Metode STAR

LK 3.1 Menyusun Best Practices

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode

Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

Lokasi

SD 2 DEMAAN

Lingkup Pendidikan

SEKOLAH DASAR

Tujuan yang ingin dicapai

Meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mapel Matematika materi FPB dan KPK kelas 4 SD 2 Demaan melalui model pembelajaran Problem Based Learning berbantu media permainan ular tangga

Penulis

USWATUN KHASANAH

Tanggal

27 Agustus 2022

Situasi:

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Rendahnya hasil belajar peserta didik pada mapel Matematika materi FPB dan KPK kelas 4 SD 2 Demaan pada masa pandemi pada moda daring, dan pembelajaran yang monoton hanya ceramah dan penugasan akan membuat peserta didik bosan dalam mengikuti pembelajaran, dengan membuat pembelajaran model Problem Based Learning berbantu media permainan ular tangga, diharapkan peserta didik akan lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran sehingga hasil belajarnya pun akan meningkat.

Praktik pembelajaran dengan model Problem Based Learning berbantu media permainan ular tangga ini penting untuk dibagikan dengan harapan dapat menginspirasi dunia pendidikan dalam menciptakan pembelajaran yang dapat meningkatkan motifasi belajar peserta didik serta meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Sebagai pendidik kami bertanggungjawab dalam tugas dan profesi kami di dunia pendidikan untuk lebih memajukan dunia pendidikan dengan menciptakan pembelajaran di kelas yang lebih menyenangkan dan kreatif serta inovatif untuk ketercapaian indikator dan kompetensi pembelajaran, sehingga hasil belajar peserta didik juga akan meningkat.

Tantangan :

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

Persiapan pembuatan perangkat pembelajaran dan media pembelajaran dalam bentuk slide PPT yang sesuai materi pembelajaran FPB dan KPK dan membuat permainan ular tangga dalam bentuk slide PPT menjadi tantangan kami dalam menciptakan pembelajaran di kelas yang lebih menyenangkan, kreatif dan inovatif untuk ketercapaian indikator dan kompetensi pembelajaran sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Dalam hal ini peran rekan sejawat dengan saling memberi saran dan masukan yang baik, akan membantu dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang sudah dirancang.

Aksi :

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Langkah kami dalam membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan serta membuat permainan ular tangga dalam bentuk silide PPT diantaranya, membuat perangkat pembelajaran beserta media pembelajaran mapel Matematika materi FPB dan KPK kemudian melaksanakan serta merefleksikan hasil pelaksanaan pembelajaran. Kami gunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan pilihan metode pembelajaran diskusi, permainan ulartangga, tanya jawab dan penugasan. Peserta didik bermain ulartangga dalam kelompok. Dengan cara sesuai aturan permainan dalam permaianan ulartangga. Kemampuan peserta didik dalam berdiskusi menyelesaikan soal, menunjang keberhasilan peningkatan hasil belajar peserta didik. Kemampuan pendidik dalam mencari vidio pembelajaran yang tepat sesuai materi dan ketrampilan komunikasi dalam melakukan tanya jawab ketika pembelajaran sangat diperlukan untuk memahamkan peserta didik atas apa yang harus dilakukan ketika pembelajaran, dan materi yang harus mereka pahami dalam pembelajaran tersebut serta ketercapaian apa saja yang harus mereka kuasai sesuai indikator kompetensi pembelajaran, sehingga pada akhirnya hasil belajar peserta didik akan meningkat.

Refleksi Hasil dan dampak

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Dengan melaksanakan pembelajaran model Problem Based Learning berbantu media permainan ular tangga efektif dalam memahamkan materi kepada peserta didik dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, terutama pada mapel Matematika materi FPB dan KPK kelas 4 SD 2 Demaan.

Orang tua mengapresiasi positif kegiatan yang kami lakukan karena peserta didik menjadi menjadi menyukai pelajaran matematika dan memperoleh hasil belajar yang lebih baik dari sebelumnya. Rekan sejawat juga mengapresiasi positif dengan kegiatan permainan ulartangga dalam pembelajaran Matematika yang kami laksanakan. Dan diharapkan disemua mata pelajaran ada unsur permainan dalam berbagai bentuk variasi dalam kegiatan pembelajaran dikelas. Keberhasilan kami dalam pembelajaran ini adalah

1. Perolehan nilai pada lembar evaluasi peserta didik lebih meningkat dibanding ketika pembelajaran menggunakan metode ceramah dan penugasan saja. Dibuktikan dengan hasil penilaian pada lembar evaluasi sebelum menggunakan model PBL hanya 60 % saja yang mencapai nilai KKM dan setelah menggunakan model PBL adalah sudah mencapai 80 % dari jumlah siswa yang mendapatkan nilai KKM

Namun Kemampuan peserta didik dalam berdiskusi menjadi salah satu kendala dalam ketidakberhasilan ketercapaian indikator kompetensi pembelajaran. Karena masih banyak peserta didik yang belum percaya diri untuk maju kedepan kelas untuk memprentasikan hasil belajar kelompok dan bekerjasama dalam mengerjakan tugas kelompok.

Dari akhir keseluruhan proses pembelajaran yang sudah dilaksanakan dapat dijadikan pengalaman terbaik bagi pendidik untuk harus mencari lebih banyak referensi mulai dari perangkat pembelajaran yang lengkap yang kemudian disesuaikan dengan kondisi sekolah agar pembelajaran yang dilaksanakan dapat lebih baik dari sebelumnya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post