Uzlifah Rusydiana

Belajar dan terus belajar... ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Berkeliling Sawah dengan Kereta

Berkeliling Sawah dengan Kereta

Keindahan dataran tinggi Mojokerto membuat banyak pihak berlomba-lomba menjadikannya sebagai destinasi wisata. Dikelilingi hamparan tetumbuhan dan gunung yang menjulang membuat objek wisata tersebut makin menawan. Pemandangan hijau tak mungkin absen menghampiri jika mereka sedang mengunjungi lokasi wisata di Mojokerto. Sebut saja Sumber Gempong. Destinasi wisata yang menyajikan alam persawahan dengan nuansa pedesaan ini terletak di Sukorame, Ketapanrame, Trawas, Mojokerto. Dari pusat Kota Mojokerto berjarak sekitar 40 km dan dapat ditempuh sekitar 80 menit menggunakan kendaraan bermotor.

Pukul 08.00 pengunjung mulai berdatangan. Makin siang ternyata makin ramai. Deretan panjang kendaraan beroda dua dan empat di area parkir menunjukkan tingginya daya tarik masyarakat terhadap destinasi wisata satu ini. Ribuan pengunjung dari dalam dan luar kota tumplek blek apalagi saat akhir pekan. Membludaknya pengunjung di akhir pekan membuat petugas yang notabene dari warga setempat sigap bahu-membahu mengarahkan pengunjung dan memberikan pelayanan terbaik.

Destinasi wisata yang diresmikan oleh Bupati Mojokerto dr. Ikfina Fahmawati, M.Si. pada 18 Desember 2021 tersebut tidak hanya menyajikan wahana permainan untuk anak-anak. Namun, banyak juga yang diperuntukkan bagi orang dewasa. Hal inilah yang menyebabkan Sumber Gempong tak pernah sepi pengunjung. Selain karena tarif tiket masuk yang sangat terjangkau. Cukup dengan Rp5.000, pengunjung bisa menikmati area wisata sepuasnya. Namun, untuk beberapa wahana lain, pengunjung perlu merogoh kocek lagi. Seperti bebek air, ayunan jantra, sepeda layang, becak terbang, ATV, berkuda, dan kereta sawah. Sedangkan untuk kolam pemandian, pondok sawah, dan terapi ikan pengunjung bisa menikmatinya secara gratis dan sepuasnya.

Dari beberapa wahana yang ada, kereta sawah adalah salah satu wahana yang cukup mencuri perhatian pengunjung dengan ratusan antrean. Ada dua kereta sawah yang siap mengajak pengunjung mengelilingi sawah. Tiap kereta bisa dinaiki sekitar 13 pengunjung. Jadi, meski antrean cukup panjang, tak perlu menunggu waktu berjam-jam untuk sampai pada giliran naik kereta. Dengan tarif Rp10.000, pengunjung diajak berkeliling sawah. Menikmati hamparan hijau padi, melewati kolam ikan dan camping ground di sepanjang perjalanan.

Selain kereta sawah, wahana dengan peminat terbanyak adalah kolam pemandian. Di samping gratis, kolam ini bersumber dari mata air jernih sehingga sangat nyaman untuk dijadikan tempat berendam dan berenang.

Bagi pengunjung yang ingin menguji adrenalin bisa menikmati wahana sepeda layang dan becak terbang. Pihak pengelola ingin menawarkan sensasi mendebarkan pada para pengunjung. Dengan ketinggian sekiar 3 meter, pengunjung bisa menikmati keindahan Sumber Gempong sepanjang 15 meter di atas kawat baja. Soal keamanan, jangan khawatir. Pengunjung akan dibekali tali pengaman dan juga helm. Untuk wahana ini, pengunjung dikenai tarif Rp15.000 saja.

Dari arah berlawanan sepeda layang, terdapat satu wahana menantang lagi, yaitu becak terbang. Sarana transportasi beroda tiga tersebut disulap menjadi spot foto menarik yang cukup menguji adrenalin. Dengan tarif Rp20.000 untuk dua orang, satu orang sebagai pengemudi, dan satu orang lainnya sebagai penumpang. Spot foto becak terbang memang sengaja disediakan untuk menarik para wisatawan. Wahana ini berhasil menarik perhatian para pengunjung dan tak sedikit dari mereka penasaran lalu mencobanya. Seru sekaligus deg-degan saat naik becak terbang ini. Namun, jika sudah tahu rasanya, ingin mencobanya lagi.

Wahana lain yang tak kalah seru adalah ayunan jantra, bebek air, menunggang kuda, dan ATV. Berbagai wahana tersebut banyak dinikmati anak-anak. Baik sendiri maupun dengan pendampingan orang tua.

Wisata Sumber Gempong juga menyediakan berbagai fasilitas yang bisa dinikmati para pengunjung. Di antaranya: area parkir yang sangat luas, musala dan toilet bersih, puluhan gazebo, dan warung makan dengan harga yang sangat terjangkau. Pengunjung juga tidak dilarang membawa makanan dan minuman sendiri. Banyak dari mereka menggelar tikar sambil menyantap bekal yang dibawa atau membeli di warung yang tersedia. Ada juga jajanan khas yang bisa dibawa sebagai oleh-oleh di antaranya ubi sekaligus keripiknya, kerupuk samiler, aneka keripik, dan masih banyak yang lain. Semua jajanan tersebut merupakan produk home industry warga setempat.

Buka hari Senin – Jumat dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB dan Sabtu Minggu mulai 07.00 sampai 17.00 WIB. Salah satu destinasi wisata yang patut dicoba bagi para pencinta travelling. Nikmati wisata sawah nuansa pedesaan dengan segudang wahana dan spot foto memukau.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post