Uzlifah Rusydiana

Belajar dan terus belajar... ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Outbond Edukatif di Lembah Binangun

Outbond Edukatif di Lembah Binangun

Salah satu kegiatan akhir semester adalah outbond. Banyak sekolah mengajak siswanya belajar di luar sekolah untuk menutup kegiatan pembelajaran selama satu semester. Hal ini bertujuan untuk melatih kemandirian, keberanian, dan meningkatkan kecerdasan pada siswa. Selain itu, untuk menyegarkan kembali fisik dan otak setelah belajar satu semester penuh. Hal ini dikarenakan kegiatan outbond yang bersifat rekreatif. Pada umumnya kegiatan ini dilakukan di alam terbuka. Banyak permainan yang dilakukan dengan menggabungkan kemampuan fisik, kecerdasan, konsentrasi, dan kekuatan mental.

Lembah Binangun adalah salah satu tempat outbond yang bisa dijadikan alternatif tujuan bagi sekolah di Jawa Timur. Wahana outbond baru ini berlokasi di Melaten Kidul, Plintahan, Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur. Karena masih terbilang baru, pemilik outbond memberikan penawaran gratis bagi guru sekaligus untuk melakukan survei lokasi. Harapannya, para guru ini bisa mempromosikan dan mengajak siswanya belajar di sana. Kali ini, keberuntungan berpihak pada guru SD di Kota Mojokerto lantaran mendapatkan fasilitas gratis tersebut.

Seluruh guru langsung berbaris mengikuti rangkaian outbound sesaat setelah memasuki lokasi Lembah Binangun. Kegiatan dibuka dengan senam sehat gembira. Berlanjut fun game dalam kelompok kecil. Setiap kelompok terdiri atas delapan guru. Di bawah para pemandu yang ceria, semangat, dan profesional, outbond berlangsung sangat seru, meriah, dan menyenangkan.

Para guru diminta sejenak melupakan kegiatan belajar mengajar lantaran akan bersenang-senang dengan fun game ringan, seperti; berhitung, sambung kata, dan mengikuti perintah. Jika salah, siap-siap dicoret lipstik atau ditolet bedak.

Pada permainan mengikuti instruksi pemandu, masih dengan kelompok yang sama, pendamping outbond menyampaikan aturan permainannya.

Jika sebelum aba-aba saya mengucapkan kata “sebenarnya”, maka bapak ibu guru harus melakukan hal yang sebenarnya. Sebagai contoh, sebenarnya maju, maka harus maju satu langkah. Sebenarnya mundur, harus mundur satu langkah. Nah, jika saya mengucapkan kata “sebaliknya”, harus melakukan hal yang sebaliknya. Misalnya, sebaliknya maju, maka harus mundur satu langkah. Sebaliknya mundur, maka kalian harus maju satu langkah. Berlaku juga untuk langkah ke kanan dan ke kiri. Kelompok dengan kesalahan paling sedikit, dialah pemenangnya.

Untuk permainan ini, peserta diajarkan untuk konsentrasi terhadap instruksi yang diberikan serta kerja sama dan kekompakan. Permainan pun berlangsung sangat seru. Peserta sangat antusias mengikuti competition games tersebut.

Outbound memang dikemas sederhana. Namun, tidak mengurangi kekompakan dan keceriaan seluruh guru SD yang ikut. Outbond bersama ini juga kami jadikan sebagai ajang silaturahim. Meski satu kota, banyak dari kami yang belum kenal satu dengan lainnya.

Sejatinya banyak manfaat yang diperoleh peserta dengan mengikuti outbond. Di antaranya: meningkatkan rasa percaya diri, mengembangkan kekompakan antarkelompok, meningkatkan ketahanan fisik dan mental, menghilangkan stres atau penat, menumbuhkan sifat kepemimpinan, dan lebih menghargai alam. Tak jarang tempat outbond memberikan edukasi tanam dan petik, perkebunan, peternakan, dan memberi makan hewan. Dan semuanya itu bisa pengunjung dapatkan di Lembah Binangun.

Setelah mengikuti rangkaian fun game, acara dilanjutkan dengan istirahat, salat, dan makan. Sembari makan di restoran Lembah Binangun, peserta bisa menikmati view menawan dan merasakan sejuknya udara khas pegunungan.

Buka setiap hari dari pukul 07.00 hingga 17.00 WIB, pengunjung akan merasa puas dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan. Jika ingin satu paket melalui Gemilang Tour & Travel, pengunjung cukup merogoh kocek Rp120.000. Dengan harga yang sangat terjangkau tersebut, pengunjung sudah mendapatkan fasilitas transportasi pergi-pulang area Jawa Timur, fun game, makan siang, flying fox, edukasi tanam padi, edukasi perkebunan dan peternakan, jembatan goyang, memberi makan kelinci, dan berenang. Cukup lengkap dan murah, bukan? Jadi, tunggu apa lagi! Segera ajak sanak, keluarga, putra-putri, dan siswa-siswi Anda!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post