Ferry Andika Eminarni

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Komunitas GGrak Serasi Kabupaten Semarang
Komunitas G_Grak Serasi Kab. Semarang

Komunitas GGrak Serasi Kabupaten Semarang

Komunitas G_Grak Serasi Kabupaten Semarang

Oleh : Ferry Andika Eminarni, S.Pd.

Pada tanggal 13, 14, 15, dan 16 November 2023, Disdikbudpora Kab. Semarang mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis Pengimbasan Guru Penggerak Sebagai Agen Perubahan yang dilaksanakan di SMP Negeri 4 Ambarawa. Kegiatan ini berlangsung selama empat hari dengan kategori peserta yang berbeda di setiap harinya. Khusus guru penggerak Angkatan 5 dan 7 serta calon guru penggerak yang sudah menempuh pendidikan di Angkatan 8 dan 9, waktu diagihkan pada tanggal 13 November 2023.

Rombongan dari SMP Negeri 2 Bringin, Saya, Bu Alvi, Bu Laili dan Bu Silvi berangkat bersama menuju lokasi. Rangkaian agenda hari itu adalah kegiatan pengukuhan Guru Penggerak SMP Kabupaten Semarang. Dibacakan Ikrar Guru Penggerak angakatan 5 dan 7 dan dilanjutkan kegiatan launching Komunitas Guru Penggerak SMP Kabupaten Semarang.

Rangkaian acara selanjutnya, yaitu berbagi praktik baik oleh Bapak Zaka, Guru Penggerak Angkatan 5. Beliau berhasil meraih juara 2 dalam lomba guru inovatif tahun 2023 yang diselenggarakan oleh BBGP Provinsi Jawa Tengah. Dalam paparannya yang berjudul Gardu Dalam Metode SKB Sebagai Upaya Optimalisasi Pembelajaran Berdiferensiasi, Beliau menyampaikan praktik baik yang dilakukan. Paparan yang disajikan membuka pikiran serta memotivasi untuk terus melakukan praktik baik di bidang mata pelajaran masing -masing.

Lepas sesi berbagi praktik baik, kelas dipisah menjadi dua, yakni kelas Guru Penggerak dan kelas Calon Guru Penggerak. Di kelas Guru Penggerak, dilaksanakan kegiatan pembentukan pengurus Komunitas Guru Penggerak Kabupaten Semarang yang kemudian diberi nama Komunitas G_Grak Serasi Kabupaten Semarang. Proses dilaksanakan melalui voting yang disebarkan melalui link google form. Terpilih 15 anggota dengan hasil suara terbanyak. Singkat cerita, saya ikut masuk dalam pengurus komunitas tersebut.

Kegiatan dilanjutkan dengan pembagian tugas dan jabatan dalam kepengurusan komunitas. Saya bersama Pak Al Khafidz bertugas di bidang humas dan kerja sama. Banyak agenda yang kami programkan dalam komunitas ini. Kami segera membuat komunitas di G_Grak Serasi Kab. Semarang di PMM, membuat akun Youtube dan Tiktok serta Instagram. Akun komunitas ini membagikan kegiatan yang telah dilakukan selama empat hari berturut – turut tersebut.

Sampai akhirnya, Komunitas G_Grak Serasi mengemban tugas untuk mengikuti kegiatan Pameran Pendidikan yang diselenggarakan oleh BBGP Provinsi Jawa Tengah mewakili Kabupaten Semarang. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Peringatan Hari Guru Nasional dan Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan Tahun 2023. Pameran dilaksanakan tanggal 25 November 2023 di GOR Jati Diri Semarang. Tim yang bertugas dan mengikuti adalah Pak Dar, Bu Sundari, dan Bu Erni. Mereka mengikuti rangkaian acara di tanggal 23 November 2023 dan akan bertugas jaga stand. Tanggal 24 November 2023, kami mulai persiapan dan loading material stand Pemeran Pendidikan .

Berbagai persiapan dilakukan. Mulai dari rapat persiapan di SMP Negeri 4 Ambarawa pada 16 November 2023 sampai google meet untuk membahas perkembangan persiapan yang telah dilakukan. Teman – teman pengurus komunitas sangat sigap dan cekatan. Semua bersemangat dalam mempersiapkan agenda besar yang akan diikuti. Semangat untuk terus bergerak nampak dari aktifnya grup chat Whatsapp yang membahas persiapan. Tak terlupa, komunitas juga melaksanakan agenda pertamanya yaitu Webinar Siggrak Berbatik #1 pada 24 November 2024, Bu Erni sebagai Narasumber dan Bu Alvi sebagai Moderator.

Tanggal 24 November 2023, kami bergegas menuju GOR Jati Diri Semarang. Dari pagi sampai sore kami dengan didampingin Bapak Budi Utomo dari Disdikbudpora Kab. Semarang bahu membahu membangun stand Pameran. Akhirnya stand rampung dibangun dengan ikon Baru Klinting di kanan kiri stand yang menambah kekhasan Kabupaten Semarang. Tanggal 25 November 2023, setelah mengikuti Upacara Hari Guru Nasional di GOR Wujil Ungaran, kami segera meluncur ke GOR Jati Dri Semarang untuk memberikan support kepada rekan yang menjaga stand pameran. Alhamdulillah, Komunitas G_Grak Serasi Kabupaten Semarang mampu menyelesaikan tugas yang telah diberikan. Ke depannya Komunitas ini akan terus mengadakan kegiatan yang memberikan dampak positif untuk Pendidikan di Kabupaten Semarang.

Bringin, 4 Desember 2023

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post