Verawati

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Fakta mengenai jengkol ( Tantangan gurusiana ke 83 )
https://www.google.com/search?q=jengkol&safe

Fakta mengenai jengkol ( Tantangan gurusiana ke 83 )

Jengkol. Zaman sekarang warga Indonesia tidak ada yang tahu jengkol? Wah - wah... Terlalu...

Kenapa ngga tau tentang jengkol ? Apa ngga pernah memakannnya ? Atau karena baunya yang kurang sedap ? Kalau begitu saatnya sekarang merubah pikiran.

Kenapa ? Karena ya jengkol itu enak dan gurih. Dan tahukah kamu kalau jengkol itu selain dari rasanya yang syahdu, legit dan gurih, ternyata jengkol ini mempunyai sifat baiknya pada tubuh manusia. Mau tau manfaatnya ? Yok kita check it out.

Jengkol atau dalam nama ilmiahnya disebut archidendron pauciflorum adalah makanan rakyat yang meraja. Meskipun baunya sedikit menyengit ketika buang air, namun idak sedikit pula orang yang gemar menyantap makanan ini karena jengkol bisa diolah menjadi berbagai macam masakan yang memiliki cita rasa lezat dan tentu saja mampu menggugah selera.

Jengkol mempunyai beberapa manfaat bagi tubuh kita yaitu :

Sumber protein.

Kandungan protein pada jengkol juga dipercaya melebihi kandungan protein dalam kacang hijau. Akan tetapi, yang perlu Anda perhatikan adalah jangan mengonsumsi jengkol terlalu banyak dan konsumsilah dalam jumlah yang wajar

2. Mencegah penyakit maag.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa tikus yang makan jengkol cenderung terlindungi dan terhindar dari gangguan pencernaan, seperti maag. Oleh sebab itu, mulai sekarang jangan hiraukan baunya!

3. Menangkal radikal bebas.

Jika tubuh kekurangan antioksidan, maka racun atau radikal bebas akan mudah masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan berbagai penyakit. Nah, sebaiknya mulai sekarang Anda rutin mengonsumsi jengkol.

Hal tersebut dikarenakan manfaat jengkol mengandung banyak antioksidan yakni polifenol, terpenoid, dan alkaloid yang mampu melawan radikal bebas di dalam tubuh. Perlu diketahui, radikal bebas bisa menyebabkan penyakit jantung, diabetes, dan gangguan metabolik lainnya

4. Pembentukan jaringan tubuh.

Berkat kandungan protein tinggi di dalamnya, manfaat jengkol bagi kesehatan dapat membantu pembentukan jaringan di dalam tubuh. Kandungan protein dalam jengkol jauh lebih banyak bila dibandingkan dengan kandungan protein pada kacang hijau dan keledai.

5. Mencegah anemia

Manfaat makan jengkol yang kaya akan zat besi berperan sangat penting untuk mencegah dan mengatasi kekurangan produksi sel darah merah dalam tubuh. Anda tentu tahu bahwa ketika tubuh kekurangan zat besi, produksi sel darah merah akan berkurang. Akibatnya, suplai oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan oleh setiap sel dalam tubuh juga akan berkurang.

6. Memperkuat tulang dan gigi.

Selain zat besi dan protein, kandungan zat lain dalam jengkol adalah kalsium dan fosfor. Dua zat ini adalah zat yang dibutuhkan oleh tulang. Kalsium dan fosfor dapat mencegah tulang rapuh (osteoporosis).

Jadi, sering mengonsumsi jengkol dengan porsi yang cukup bisa membuat tulang di tubuh Anda menjadi lebih kuat

7. Mengatasi penyakit jantung koroner.

Jengkol adalah makanan yang bersifat diuretik (pembuangan urine menjadi halus). Pembuangan urine yang halus sangat baik untuk penderita penyakit jantung.

8. Menyehatkan jantung.

Zat antioksidan dalam jengkol bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung.

9. Mengontrol kadar gula darah.

engkol juga dapat mengontrol kadar gula darah sehingga sangat baik untuk dikonsumsi penderita diabetes. Jengkol mengandung gula yang ‘ramah’ bagi penderita diabetes. Gula dalam jengkol mudah diurai sehingga aman bagi penderita diabetes.

10. Mengatasi penyempitan pembuluh darah.

Manfaat jengkol bagi penderita penyakit jantung yang mengalami penyempitan pembuluh darah adalah dapat melancarkan peredaran darah ke jantung.

Itu karena kandungan mineral dalam jengkol dapat melebarkan pembuluh darah yang menyempit dan mencegah pembuluh darah menyempit kembali. Nah, agar khasiat jengkol menjadi optimal, sebaiknya jangan memasak jengkol terlalu matang.

Namun selalu berhati - hati bagi penyuka jengkol. meskipun kaya akan manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita, ternyata juga mempunyai sisi buruk. Ada beberapa hal yang harus kita sadari bahwa jengkol juga mempunyai efek negatif yaitu :

Makan jengkol berlebihan dapat menyebabkan efek toksik pada jantung, ginjal, hati, dan pankreas. Jengkol sedikit beracun karena kandungan asam amino yang dapat menyebabkan djenkolism (keracunan jengkol). Gejalanya termasuk kejang otot, asam urat, retensi urine, dan gagal ginjal akut. Kondisi ini terutama dialami oleh pria. Makan jengkol meski dalam jumlah sedikit akan menimbulkan bau pada mulut, keringat, tinja, dan urine. Aroma yang tidak sedap ini bisa diatasi dengan membersihkan diri menggunakan peralatan kebersihan yang mengandung wewangian, seperti pasta gigi, obat kumur, sabun, dan deodoran. Selain bau, jengkol juga dapat mengganggu kesehatan karena makan jengkol yang berlebihan dapat menyebabkan penumpukan kristal di saluran pencernaan, yang disebut “jengkolan”. Kondisi ini terjadi karena jengkol mengandung asam jengkolat yang tinggi dan sulit larut dalam air pada pH asam. Risiko jengkolan berbeda-beda pada setiap orang dan secara genetik dipengaruhi oleh lingkungan.

Nah itulah fakta tentang jengkol yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Tapi harus ingat ya pembaca, Semuanya harus sesuai dengan porsi kebutuhan masing - masing. Dan jangan berlebihan. Apalagi segala seuatu yang berlebihan akan mencelakai kita sendiri.

Dan karena sekarang lagi di karantina besar - besaran, jangan sampai jengkol jadi pemisah kekompakan yang telah terjalin kembali akibat pandemi ini apalgi karena baunya yang sedikit menyengat.

dicopas dari :

https://doktersehat.com/manfaat-jengkol/

https://www.google.com/search?q=jengkol&safe=

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post