Verawati

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Guru zaman now ( Tantangan gurusiana ke 84)

Dizaman teknologi sekarang, sudah bermunculan teman-teman pendidik yang berkompeten. Berkompeten dalam menggunakan teknologi seperti komputer,laptop, infocus,printer laser dan printer online. 

Teman - teman pendidik zaman millenial menggunakan jaringan internet untuk memberikan materi ke siswa pendidiknya sehingga mendapatkan nilai tersendiri dari guru - guru zaman old.

Kecanggihan teknologi sungguh dinikmati oleh teman - teman pendidik untuk berimprovisasi mengembangkan ide - Ide mereka dlm memberikan pendidikan bagi siswanya. Dengan menggunakan banyak media pembelajaran memudahkan mereka untuk mengajak siswanya berkolaborasi memanfaatkan gawai mereka.

Tiada lagi kapur putih diatas papan hitam, tiada lagi spidol hitam diatas papan putih. Yang ada sekarang ibu jari diatas gawai. Yang ada sekarang lembaran - lembaran elektronik di halaman laptop dan komputer siswa.

Koneksi antar siswa dan teman pendidik hanya suara dalam rekaman video . Tak ada sentuhan fisik jika siswa tertidur dalam belajarnya. Tiada penghapus papan yang melayang saat siswa belajar ribut. Semua tinggal klik dan layar pembelajaran akan muncul secara otomatis.

Namun disamping kepiawaian teman pendidik menggunakan teknologi dalam pembelajaran mempunyai sisi kurang baik dalam mengembangkan disiplin dan karakter siswa pendidik. 

Berbeda dengan guru zaman old. Sentuhan dan nyinyiran yang membangun disiplin dan karakter siswa sangat diperhatikan. Meskipun ketidak bisaan mereka menggunakan teknologi, namun mereka mampu menciptakan generasi - generasi yang beretika dan bermoral.

Meskipun ketidak bisaan mereka menggunakan kecanggihan teknologi, namun mereka mampu menerapkan kedisiplinan dan berkarakter akibat sentuhan kejiwaan yang mereka bawa dlm pembelajaran. Ada teguran dan sentuhan yang mereka berikan pada siswa yang haus akan kasih sayang dan ilmu pendidikan. 

Ternyata, ada bandingan yang muncul pada pendidik zaman milenial dengan pendidik zaman kapur dan spidol. 

Tapi tidak mengucilkan guru zaman old, guru zaman milenial juga mampu menciptakan generasi - generasi robotik. Yang mampu menciptakan generasi yang bermutu dalam kecanggihan teknologi.

 
DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post