Verawati

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Makna Hari Pendidikan Nasional ( Tantangan gurusiana ke 82 )
https://www.google.com/search?q=makna+hari+pendidikan&safe

Makna Hari Pendidikan Nasional ( Tantangan gurusiana ke 82 )

Tanggal 2 Mei selalu diperingati oleh kalangan dunia pendidikan. Dimana tanggal tersebut merupakan tanggal kelahiran Ki Hajar Dewantoro yang ditetapkan oleh pemerintah sebagai Hari Pendidikan Nasional.

Kita kenal Ki Hajar Dewantoro, yang merupakan tokoh pelopor pendidikan yang terkenal dengan mendirikan Taman Siswa. Merupakan tokoh nasional yang hidup nya disumbangkan untuk Kemajuan Indonesia. Seorang sosok yang berasal dari keluarga kaya selama era kolonialisme Belanda. Ia dikenal karena berani menentang kebijakan pendidikan pemerintah Hindia Belanda pada masa itu, yang hanya memperbolehkan anak-anak kelahiran Belanda atau orang kaya yang bisa mengenyam bangku pendidikan.

Hari nasional ini ditetapkan melalui Keppres No. 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959. Artinya sudah 41 tahun pendidikan di Indonesia semakin berkembang dan maju.

Kita lihat sekarang, Hampir seluruh rakyat Indonesia mendapatkan pendidikan, baik itu secara formal maupun tidak. Kita lihat dan dengar sekarang, Pemerintah memberi kebebasan bagi rakyatnya mengenyam pendidikan sesuai dengan UUD 1945 pada pasal 31 yang menyatakan bahwa " Setiap warga Negara berhak mendapat dan mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya."

Itu artinya pemerintah sangat mendukung warga negaranya untuk berkembang dan maju dalam pendidikan.

Tidak sia - sia pengorbanan yang diberikan oleh Ki Hajar Dewantoro kepada Indonesia, berkat Taman Siswanya yang didirikan sepulang dari pengasingannya di Belanda, Rakyat Indonesia bisa mengenal tulisan dan bacaan. Banyak melahirkan guru - guru baru yang juga mau berkorban untuk siswanya.

Dan sekarang suatu bukti kalau kita bisa belajar dan menikmati pendidikan di jenjang apapun, nyatanya kita belajar dan mengajar kan ilmu pendidikan lewat kemajuan teknologi. Kita bisa mengajar dan belajar melalui Internet. Suatu connection Network yang belum ada dizaman Ki Hajar dewantoto tersebut. Namun itu tak lepas dari rintisan beliau terhadap dunia pendidikan. Tapi itu terjadi berkat 3 slogannya yang dia terapkan yaitu:

1. Ing Ngarsa Sung Tulada yang artinya di depan memberi teladan dan contoh

2. Ing Madya Mangun Karsa yang artinya di tengah membangun prakarsa atau menjadi penyemangat

3. Tut Wuri Handayani yang artinya dari belakang mendukung atau memberi dukungan

ke tiga slogan ini sangat dikenal oleh kalangan pendidik karena itulah jiwaseorang pendidik hendaknya.

Copas dari :

https://bobo.grid.id/read/08674870/sejarah-berdirinya-organisasi-taman-siswa-di-yogyakarta?page=all

https://www.google.com/search?q=makna+hari+pendidikan&safe

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post