Veronika Kristina Sinaga, S.pd

Saya Guru...

Selengkapnya
Navigasi Web
JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN MODUL 1.3 VISI GURU PENGGERAK

JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN MODUL 1.3 VISI GURU PENGGERAK

Saya Veronika Kristina Sinaga, S. Pd

Kali ini saya akan menulis mengenai refleksi saya mengenai kegiatan-kegiatan pendidikan Guru Penggerak yang sudah saya lalui, khususnya pada modul Modul 1.3 tentang visi guru penggerak.

Kegiatan pembelajaran modul 1.3 telah selesai saya ikuti, ada banyak pengetahuan-pengetahuan baru yang saya peroleh selama kegiatan pendidikan.

Dalam menulis jurnal refleksi ini saya menggunakan model 1 yaitu model 4F yaitu : Fact (peristiwa), Feeling (perasaan), Findings (pembelajaran), Future (penerapan).

1. Fact ( Peristiwa)

Kami memulai tahapan belajar seperti biasa dengan Mulai dari diri, pada tahap ini, kami menggali pemahaman kita atas visi.

Visi itu bagaikan membayangkan sebuah lukisan lengkap pada kanvas yang masih kosong. Visi juga dapat diibaratkan sebagai bintang penunjuk arah yang memandu penjelajah untuk mencapai tujuannya. Visi memang belum terjadi saat ini, namun begitu kuat kita inginkan untuk terwujud di masa depan. Visi adalah representasi visual kita akan masa depan. Penggambaran visi yang jelas tentang keadaan di masa depan dapat membantu kita untuk merencanakan dan menyelaraskan upaya-upaya mewujudkannya.

Dan kita juga menyusun rumusan VISI dalam kalimat-kalimat yang menggunakan kata bermakna kuat, spesifik, berorientasi masa depan, menekankan potensi yang ada sehingga khas menggambarkan murid dan sekolah dalam konteks yang sesuai dengan kenyataan kita masing-masing.

Visi saya tentang murid impian adalah:

Saya memimpikan murid-murid yang berbahagian, belajar dengan bahagia dan merdeka dalam lingkungan sekolah yang nyaman dan menyenangkan

Pada sesi Eksplorasi Konsep, kami memahami pentingnya visi yang berpihak pada murid sebagai landasan segala inisiatif perubahan dalam pendidikan.

Kami juga memahami mengapa dan bagaimana manjemen perubahan dengan pola pikir positif melalui pendekatan inkuiri apresiatif dilakukan.

Lalu pada tahap Eksplorasi konsep kami berdiskusi dalam LMS tentang hal-hal yang mencerahkan saya sebagai pendidik di sepanjang poses menyusun visi pribadi saya.

Saya diminta untuk membayangkan penerapan inkuiri apresiatif dalam konteks sehari-hari sebagai pendidik.

Tahapan selanjutnya adalah Ruang Kolaborasi, pada tahap ini Fasilitator memfasilitasi kami untuk bekerja secara kolaboratif bersama rekan sekelompok. Dibagian sebelumnya tiap anggota kelompok telah berbagi mengenai visnya masing-masing. Llau dalam kelompok, kami memutuskan satu visi yang dapat menjadi visi kelompok. Boleh jadi visi tersebut dipilih dari visi yang sudah ada atau boleh juga visi tersebut merupakan olahan bersama yang terinspirasi dari visi yang telah dibuat anggota kelompok.

Sebuah kutipan yang sangat menginspirasi dari Sinek (2019) dalam bukunya “Infinite Game” menyatakan jika kita ingin bermain dalam “dunia permainan” yang tak terbatas, maka kita perlu menetapkan suatu “just cause” sebagai harapan masa depan, sesuatu yang membuat kita berani melakukan pengorbanan yang diperlukan demi mewujudkannya, sesuatu yang menjadi alasan spesifik yang kuat, dan jika tercapai maka pencapaian itu akan dirasakan jauh lebih besar dibanding yang dirasakan pada pencapaian lainnya.

Lalu pada tahap Ruang kolaborasi yang ke dua, kami mempresentasikan serta saling memberikan umpan balik atas visi, pernyataan prakarsa perubahan, dan rencana BAGJA yang dihasilkan kelompok kami kepada kelompok yang lain.

Lalu tahap selanjutnya adalah Demonstrasi Kentekstual, pada tahap ini Calon Guru Penggerak ditantang untuk menjalankan model manajemen perubahan Inkuiri Apresiatif BAGJA secara nyata. Sebagai latihan, kami diminta untuk menjalankan tahapan BAGJA untuk menghasilkan sebuah rekomendasi perubahan.

Sebagai tambahan, kami juga dapat menyimak terlebih dahulu paparan Jon Townsin seorang Psikolog Organisasi yang menjelaskan inkuiri apresiatif dalam video berikut sebagai filosofi dan proses untuk memanfaatkan kekuatan dan pengalaman semua orang yang berada dalam suatu sistem untuk mewujudkan yang diinginkan.

Menurut Townsin, inkuiri apresiatif dapat menyuntikkan energi, harapan dan optimisme ketika kebutuhan untuk perubahan telah teridentifikasi. Kali ini, sebagai latihan, kita tentukan kebutuhan perubahan tersebut.

Sebagai pendidik, kita perlu ingat kembali tujuan pendidikan nasional yang telah dinyatakan dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 3, bahwa pendidikan diselenggarakan agar setiap individu dapat menjadi manusia yang “beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab”. Berdasarkan pedoman itu, Profil Pelajar Pancasila diharapkan menjadi pegangan untuk para pendidik di ruang belajar yang lebih kecil. Profil ini tidak hanya dimiliki oleh murid berprestasi secara akademik atau murid yang menonjol dalam bakat lainnya, profil pelajar Pancasila ini diharapkan dimiliki oleh seluruh murid di dalam kelas.

Kita diminta fokus untuk menjalankan B-A-G-J-A tahap demi tahap. menyusun pertanyaan-pertanyaan yang dapat mengungkap hal paling menyenangkan, positif atau menarik yang kita rasakan saat berinteraksi dengan murid. Menggunakan rubrik untuk memandu penyusunan pertanyaan dan tindakan di tiap tahapan. Membuka ruang dialog bersama murid-murid untuk menghasilkan pertanyaan-pertanyaan yang sesuai di tiap tahapan B-A-G-J-A bagi pengembangan diri kita. Model B-A-G-J-A merupakan praktik membawakan proses perubahan berbasis kekuatan. Lalu dilanjutkan dengan membuat prakarsa perubahan diri yang kemudian dijabarkan dalam kanvas BAGJA.

Tahapan selanjutnya adalah Elaborasi Pemahaman. Pada tahapan ini kami bertemu secara virtual dengan Instruktur dan berdiskusi tentang pemahaman mengenai bagaimana Guru Penggerak dapat berkontribusi dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila pada muridnya di sekolah menggunakan paradigma Inkuiri Apresiatif dan model perubahan BAGJA.

Setelah itu kami juga mengoneksikan materi dari modul 1.1 Filosofi Pendidikan, 1.2 Nilaii dan Peran Guru Penggerak dan 1.3 Visi Guru Penggerak.

Lalu tahap yang terakhir adalah berAksi Nyata dengan membuat dokumentasi mengenai proses yang terjadi. Dokumentasi tersebut pada tahapan-tahapan yang kita anggap penting. Dokumentasi dapat berupa foto atau video. Kemudian, setiap minggunya, kita membuat jurnal cerita singkat dalam situs portofolio digital dimana kita dapat menceritakan pengalaman berkesan yang kami peroleh selama menjalankan aksi nyata. Jurnal ini dapat berupa cerita 1 paragraf tentang 1 hal menarik yang kamiu temukan dalam proses Aksi Nyata. Selain menjadi catatan pengembangan profesi, jurnal singkat ini akan membantu saat hendak menulis artikel refleksi di akhir paket modul dan melakukan pendampingan individu bersama Pengajar Praktik.

2. Feelings (Perasaan)

Perasaan saya selama mempelajari modul 1.3 tentang visi Guru Penggerak ini adalah senang dan semakin termotivasi dalam menjalankan pendidikan guru penggerak. Selain itu saya juga bersemangat dalam menerapkan visi saya sebagai guru penggerak. Saya berupaya menjalankan rencana perubahan yang sudah direncanakan. Semangat dan motivasi ini akan membuat budaya positif dalam menjalankan prakarsa perubahan sehingga visi saya akan terwujud. Saya mulai mengatur waktu sebaik mungkin tanpa mengganggu kegiatan-kegiatan lain, baik kegiatan di sekolah, di rumah maupun di masyarakat. Sebagai bentuk penerapan dari modul 1.3 saya menuangkannya dalam kegiatan aksi nyata di kelas dan di sekolah.

3. Findings ( Pembelajaran)

Setelah mempelajari modul 1. 3 ini saya dapat mengetahui bahwa dalam memimpin perubahan positif harus berpikir strategi, terencana, dan memahami inquiri apresiatif sebagai paradigma. Tahapan BAGJA merupakan model manajemen perubahan yang merupakan akronim dari Buat pertanyaan utama, Ambil pelajaran, Gali mimpi, Jabarkan rencana dan Atur eksekusi sebagai terjemahan bebas yang diadopsi dari model 5D sebagai bagian dari inkuiri apresiati (Define, Discover, Dream, Design, Deliver). Dalam menyusun BAGJA dapat melalui Amati, tiru, dan modifikasi. Melakukan perubahan yang positif tidak selalu diawali dengan mengidentifikasi permasalahan yang ada, tetapi difokuskan pada kekuatan yang telah dimiliki, sehingga pemikiran kita dialihkan pada pemikiran yang positif. Selain itu saya juga dapat merumuskan visi sebagai Guru penggerak, merumuskan prakarsa perubahan dan membuat tahapan BAGJA.

4. Future ( Penerapan)

Setelah mempelajari modul 1.3 ini yaitu tentang visi guru penggerak maka saya akan berusaha menerapkan dan mewujudkan visi yaitu “Terwujudnya Peserta Didik yang Cerdas, Berkarakter, Santun, Ramah, dan Kompeten sesuai Profil Pelajar Pancasila”. Dan saya akan menerapkan prakarsa perubahan yang saya rumuskan yaitu “Pembelajaran Produktif DKV yang Menyenangkan.” Prakarsa perubahan ini sudah saya rencanakan sesuai dengan alur BAGJA, dengan membuat pertanyaan bertahap dari alur BAGJA tersebut. Saya juga akan melakukan pembelajaran yang berpihak pada murid dan melakukan pembelajaran yang nyaman . Saya juga akan terus berinovasi dalam mengembangkan ide dalam pembelajaran. Oleh karena itu saya harus melakuakn kolaborasi dengan rekan sejawat dan pihak sekolah untuk mewujudkan visi dan prakarsa perubahan saya sebagai guru penggerak. Saya juga melaksanakan reflesksi pembelajaran bersama siswa, dan teman sejawat. Berusaha menjadi teladan di sekolah dan berpihak pada murid.

Terimakasih.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post