VS Kurnianingsih

Veronica Sri Kurnianingsih, S.Pd Bekerja sebagai guru IPS di SMPK St Vincentius Surabaya. Jalan Tidar 115 Surabaya. Alumni IKIP Negeri Malang, angkatan ...

Selengkapnya
Navigasi Web
ANDROID DALAM TUGAS IPS

ANDROID DALAM TUGAS IPS

Hidup di zaman now tidak akan lepas dari HP, Android, Tablet, Komputer dan sejenisnya, kecanggihan yang ada pada zaman now membuat guru harus menyesuaikan diri dan belajar mengikuti perkembangan yang ada. Mulai dari pemakaian komputer untuk mengerjakan nilai, membuat power point, membuat persiapan mengajar, bahkan untuk membuat sarana pembelajaran. Pemakaian LCD yang harus juga dikuasai oleh seorang guru.

Lain halnya dengan siswa, kid's zaman now yang lahir dan hidup di zaman komputer dan internet, merekapun tidak bisa lepas dari HP dan Android mereka. Seakan dunia mereka tidak akan hidup tanpa memegang Android. Anak-anak meskipun dilarang membawa Android di sekolah selalu saja membuat alasan untuk membawa android mereka ke sekolah.

Kecanggihan zaman now, merupakan peluang bagi seorang guru untuk memberi tugas dengan android para siswa. Melalui pelajaran IPS kelas VII pada KD ke dua, tentang interaksi sosial, tugas KI 4 membuat produk yaitu buatlah video tentang interaksi sosial individu dengan individu, individu dengan kelompok, kelompok dengan kelompok, semuanya harus mengandung dua aspek, positif dan negatif. Lokasi yang digunakan adalah lingkungan sekolah waktu mengerjakan satu bulan. Dalam video harus dicantumkan nama pembuat, interaksi sosial yang dilakukan, lalu dengan gambar hidup, jadi bukan kumpulan foto.

Ternyata tugas ini bukanlah tugas yang sulit, sangat menyenangkan siswa apalagi mereka boleh mengekplorasi kemampuan dan mengekspresikan ketrampilan mereka. Kendala kid's zaman now cuma satu yaitu malas untuk mengerjakan, hingga hari yang ditentukan hanya ada satu kelompok yang sempurna, yaitu kelompok Nanda, Michael, Mayor, Carina, Cia dan Monica. Sedangkan kelompok yang lain masih banyak kesalahan.

Waktu pengumpulan diundur satu Minggu, apabila tidak mengumpulkan tidak boleh remidi untuk nilai yang kurang, ternyata cara ini membuat siswa bersemangat. Dalam waktu dua hari video interaksi sosial dikirim melalui WhatsApp, dan penulis tayangkan di kelas, dan wow... Bagus-bagus. Semua anak mendapatkan peran, semua anak bekerja sama dengan baik.

"Bu... Ternyata kami bisa ya membuat video, meskipun banyak sekali kesulitan, akhirnya kami berhasil dengan baik." Celetuk seorang anak yang awalnya selalu mengatakan, saya ga bisa Bu membuat video sebagus Nanda. Ternyata mereka hebat.

Memacu adrenalin tidak harus dengan naik jet coaster, melainkan waktu pengumpulan tugas tepat waktu dengan menampilkan yang terbaik bersama tim. Selamat anak-anak, kalian hebat. Gunakan androidmu dengan benar dan baik maka engkau akan menghasilkan karya-karya hebat dan luar biasa.

~Karya hebat dan luar biasa adalah kumpulan dari karya yang sederhana. SMPK St Vincentius, We are the best.

03.24

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Luar biasa... Solusi untuk internet BAIK

17 Dec
Balas

Luar biasa, terus di share ke groud medsos biar bisa bertahan di 5 besar artikel hari ini bu Vero, kirim lagi artikel yang lain

12 Dec
Balas

Trima kasih pak Ahmad Syaihu

12 Dec

Memanfaatkan teknologi dengan baik pada anak, dpt memberikan hal yg positif dan mendidik. Akhirnya bisa memanfaat teknologi utk belajar dan menghasilkan uang. Keren bu

12 Dec
Balas

mantap...Penggunaan teknologi yang tepat guna, Bu Vero

12 Dec
Balas

mantap...Penggunaan teknologi yang tepat guna, Bu Vero

12 Dec
Balas

Setiap orang mempunyai kelebihannya masing", punya bakat masing". Dengan kesungguhan Dan ketekunan sebuah karya indah pasti akan dihasilkan, dengan cara mengalahkan sifat malas pada diri sendiri. Maju terus manusia Indonesia.

12 Dec
Balas



search

New Post