VS Kurnianingsih

Veronica Sri Kurnianingsih, S.Pd Bekerja sebagai guru IPS di SMPK St Vincentius Surabaya. Jalan Tidar 115 Surabaya. Alumni IKIP Negeri Malang, angkatan ...

Selengkapnya
Navigasi Web
FENOMENA KESEHATAN KID'S ZAMAN NOW

FENOMENA KESEHATAN KID'S ZAMAN NOW

Pagi hari ini, ada petugas kesehatan Puskesmas yang datang ke SMPK St Vincentius Surabaya, kedatangan mereka ini untuk memeriksa berat badan, tinggi badan, tekanan darah, gula darah dan kolesterol, pada siswa kelas IX.

Beraneka ragam respon siswa-siswi SMPK St Vincentius, ada yang dengan berani datang ke UKS untuk di periksa dan diberi kejutan sedikit untuk mengeluarkan darah pada jari tengah, guna periksa gula darah dan kolesterol.

Ada juga dengan malu-malu dan akhirnya memberanikan diri untuk disuntik di jari tengah, namun ada pula yang sangat takut hingga harus dibujuk, diminta memejamkan mata, dan mengatakan minta beli jajan setelah disuntik. Tentu saja teman-teman dan guru-guru serta petugas kesehatan tertawa melihat tingkah laku tersebut.

Setelah diperiksa kolesterol dan gula darah didapatkan hasil bahwa rata-rata untuk gula darah baik (normal), namun untuk kolesterol yang diperiksa secara acak, ada beberapa siswa yang melebihi batas normal.

"Bu, kolesterol saya 240 Bu, melebihi batas normal. Ini karena saya suka gorengan Bu". Curhat seorang anak padaku.

"Wah saya masih lebih ringan Bu, Si Anu malah kolesterol sampai 300. Dengan gaya anak, menunjuk pada teman yang kolesterolnya jauh lebih tinggi.

Masih SMP, anak zaman now kog terserang kolesterol, bagaimana kalau dewasa atau manula? Pasti penyakit yang lain juga bermunculan.

Mari kita biasakan pola hidup sehat, makan teratur. Dengan lauk pauk, sayur, nasi, buah dan susu. Kebutuhan nutrisi yang seimbang dan pola hidup yang sehat sejak SMP akan dibawa sampai usia dewasa bahkan manula.

~Terima kasih Puskesmas Sawahan atas kerjasamanya untuk meningkatkan kesehatan siswa-siswi SMPK St Vincentius.

Salam hidup sehat!!!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Utk setingkat anak biasanya tinggi karena kebiasaan mkn mi instan, junk food,.jadi mudah obesitas

09 Dec
Balas



search

New Post