Tugas 1.2.a.9 Koneksi antar Materi (Nilai-Nilai dan Peran Guru Penggerak) Oleh WAHYUNI
Tugas 1.2.a.9 Koneksi antar Materi (Nilai-Nilai dan Peran Guru Penggerak)
Oleh :
WAHYUNI, S.Sos.I.
CGP Angkatan ke-2 Surabaya Kelas 20
Fasilitator : Anastasia Moertodjo
Pengajar Praktik : Puguh Handoyo
Ini adalah beberapa pertanyaan yang muncul, diantaranya :
1. Apa yang Anda pahami mengenai nilai dan peran Guru Penggerak?
Seorang Guru Penggerak harus memiliki 5 nilai yaitu :
Mandiri artinya seorang Guru Penggerak mampu memunculkan motivasi dalam diri untuk melakukan aksi serta membuat perubahan baik pada diri sendiri maupun lingkungan tanpa paksaan dari pihak lain.
Reflektif artinya Guru Penggerak bersifat terbuka terhadap pengalaman baru dan menerima umpan balik serta evaluasi dari yang sudah baik dan perlu dikembangkan.
Kolaboratif artinya Guru Penggerak mampu menjaga komunikasi, rasa hormat, dan kepercayaan untuk membangun kerjasama yang positif dengan seluruh ekosistem dan pemangku kebijakan.
Inovatif artinya Guru Penggerak berusaha memunculkan gagasan baru yang tepat guna dan membantu memecahkan masalah atau pengambilan keputusan untuk kebaikan bersama.
Berpihak pada Murid artinya Guru Penggerak harus mampu mengutamakan kepentingan murid. Memberi kesempatan kepada murid untuk bertanya atau mengemukakan pendapatdan mengeksplor pengetahuan yang dimiliki. Selalu berusaha menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan.
Peran Guru Penggerak adalah :
Pemimpin pembelajaran
Menggerakkan komunitas praktisi
Menjadi coach bagi guru lain
Mendorong kolaborasi antar guru
Mewujudkan kepemimpinan murid
2. Apakah ada keterkaitan antara nilai dan peran Guru Penggerak dengan Filosofi Ki Hadjar Dewantara? jelaskan!
Sangat ada. Nilai dan peran merupakan sebuah sinergi yang saling terkait. Nilai Guru Penggerak adalah pedoman terlaksananya Peran dari Guru Penggerak untuk mewujudkan Merdeka Belajar.
3. Apa strategi yang bisa Anda lakukan untuk mencapai nilai tersebut?
Melakukan pembiasaan secara intern dan ekstern untuk membentuk karakter baik
Memaknai nilai dalam bersikap dan bertindak
Kerjasama dan kolaborasi dengan berbagai pihak demi mewujudkan tujuan bersama.
4. Siapa saja pihak yang dapat membantu Anda dalam mencapai gambaran diri Anda di demonstrasi kontekstual tersebut?
Kepala Sekolah, sebagai pemimpin ekosistem sekolah yang pro aktif akan sangat mendukung peran Guru Penggerak dalam membumikan Merdeka Belajar.
Pengawas Sekolah, sebagai panjang tangan dan panjang lidahnya Dinas Pendidikan yang terbuka dan siap mendukung gerakan Guru Penggerak
Rekan sejawat (sesama Guru, Tenaga Pendidik dan Kependidikan), yang selalu siap diajak berkolaborasi mensukseskan tujuan bersama.
Murid, yang selalu aktif dalam pembelajaran
Komite Sekolah dan Orang Tua Murid, yang selalu mendukung kegiatan-kegiatan sekolah yang berpusat pada murid serta memantau aksi nyata perubahan sikap baik di lingkungan sekolah maupun rumah.
Salam Guru Penggerak
TERGERAK, BERGERAK, MENGGERAKKAN
WAHYUNI
CGP angkatan 2 Kota Surabaya
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar
Keren
Terimakasih Bu Lika
Mantap tulisan opininya. Salam literasi & selamat lebaran. Sudah like & follow
Terimakasih Pak. Salam literasi dan sukses selalu
Tulisan dg Pilihan bahasa yg cerdas... semoga bisa bersama bersinergi mewujudkan Indonesia merdeka belajar.
Terimakasih Bu
Mantab, menginspirasi
Terimakasih
Mantab, menginspirasi