Wahyuni Awal Sejati

Belajar menjadi salah satu kegiatan yang penting dalam kehidupan. Melalui belajar, akan selalu memperbaiki diri baik sebagai ciptaan Allah SWT dan juga terhadap...

Selengkapnya
Navigasi Web
Gerimis di Hari Kemerdekaan

Gerimis di Hari Kemerdekaan

#Tagursiana Hari Ke-6

Suara rintik hujan masih menyirami kotaku sejak malam hari. Udara kesejukan pagi ini turut menyelimuti suasana Peringatan Hari Kemerdekaan RI yang ke-76. Suasana ini menambah gaya gravitasi pada semangat untuk melaksanakan kegiatan Pendampingan Individu (PI) sebagai Pengajar Praktik (PP) dalam Program Guru Penggerak (PGP). Atas permintaan Calon Guru Penggerak (CPG), kegiatan dilaksanakan. “Mengapa Bapak memilih PI di tanggal merah?” aku bertanya. “Tanggal merah memberi kebebasan untuk melakukan kegiatan lainnya, selain mengajar asalkan bukan di hari Minggu, Bu,” jawab CGP. “Baiklah, kalau begitu, kita agendakan setelah kegiatan Upacara HUT RI virtual, ya.”

Peringatan Hari Kemerdekaan memberi makna bagi setiap individu dalam mengimplementasikannya dalam aktivitas keseharian sebagai warganegara. Terkesan dengan apa yang disampaikan oleh Bapak Ishadi Sutopo, pada pagi ini dalam acara sebuah televisi swasta. “Jangan pernah merasa lelah”, ucap Ishadi Sutopo dalam wawancaranya atas penghargaan anugerah “Bintang Jasa Utama” yang diberikan Bapak Presiden Jokowi dalam peringatan HUT RI ke 76 di Istana Merdeka, Jakarta.

Semboyan tersebut memberikan inspirasi bagi setiap orang yang memiliki aktivitas rutin dengan kegiatan yang sama. Contoh saja sebagai pendidik. Dengan menjalani aktivitas tersebut tentu suatu saat akan menghadapi puncaknya, sehingga timbul rasa bosan, Terlebih lagi jika aktivitas telah dilakoninya selama puluhan tahun. Perlu melakukan variasi dalam proses melakukan pembelajaran. Pendidik perlu melakukan update dan upgrade atas segala upaya perbaikan yang dilakukan untuk tidak merasa lelah. Dari sinilah, segala upaya yang dilakukan akan membuahkan inovasi.

Melalui kegiatan PGP memberikan kontribusi terhadap perubahan pembelajaran. Perubahan yang akan mempengaruhi pendidik, murid serta lingkungan. Hingga pada saatnya semuanya akan bersinergi mewujudkan Indonesia Maju.

Dengan semangat merah putih kemerdekaan tercapai. Dengan semangat merah putih Merdeka Belajar mencapai Pendidikan yang Bermutu. Merah berarti berani melakukan perubahan dan putih berarti suci dengan ketulusan hati. Tidak pernah merasa lelah menjadi imun untuk menjaga dalam ke-istiqomah-an.

mystagearea, 17/08/2021

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post