Wahyuni Awal Sejati

Belajar menjadi salah satu kegiatan yang penting dalam kehidupan. Melalui belajar, akan selalu memperbaiki diri baik sebagai ciptaan Allah SWT dan juga terhadap...

Selengkapnya
Navigasi Web

Mengenal Karakteristik Kurikulum Prototipe

#TantanganGurusianaHariKe-4

Masa Pandemi Covid-19 memberikan dampak bagi semua pihak, termasuk juga pendidikan. Berbagai upaya yang dilakukan untuk mengatasi kondisi pendidikan yang terjadi. Salah satu tindakan untuk mengatasi kondisi learning loss yang terjadi, maka akan diberlakukan dan diterapkannya kurikulum baru pada tahun 2022. Kurikulum ini muncul, sebagai akibat dari kondisi pandemi dan kritik terhadap kurikulum 2013.

Sebagai langkah awal diberlakukannya kurikulum 2022 (Prototipe), maka karakteristiknya perlu dikenali terlebih dahulu. Beberapa karakteristiknya, antara lain : 1) Pembelajarannya dirancang berbasis proyek untuk mengembangkan soft skills dan karakter (profil pelajar Pancasila), 2) Fokus pada materi esensial sehingga memiliki waktu untuk pembelajaran mendalam bagi kompetensi dasar seperti literasi dan numerasi, 3) Fleksibilitas bagi guru untuk melakukan pembelajaran sesuai dengan kemampuan murid dan melakukan penyesuaian dengan konteks dan muatan lokal.

Dengan mengetahui karakteristik Kurikulum Prototipe, menjadi suatu langkah awal untuk melakukan perubahan proses pembelajaran yang nantinya menjadi dasar dalam pembuatan perencanaan pembelajaran yang akan dilakukan di kelas.

Restarea, 4 Januari 2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post