Wahyuning Widhiati

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
MENULIS BUKU DAN NAIK PANGKAT

MENULIS BUKU DAN NAIK PANGKAT

MENULIS BUKU DAN NAIK PANGKAT

Hobi menulis bisa dimiliki oleh siapa saja. Tak terkecuali guru. Sebagian menganggap menulis adalah sebuah aktualisasi diri. Mengungkap ide dan gagasan dalam kalimat yang runtut. Atau bahkan menggambarkan suatu objek dan komplikasi dalam kisah kisah yang menarik. Beberapa yang lain lebih suka mengulas hal hal terkini sebagai bentuk menyuarakan kata hati.

Menjadi istimewa bila tulisan tulisan itu berupa sebuah buku. Butuh kompetensi dan dedikasi yang tinggi untuk bisa menyelesaikannya. Apalagi bila buku ini berhasil diselesaikan oleh seorang guru. Lingkungan kerja yang dinamis di Sekolah membuat guru memiliki gudang ide untuk menulis.

Pertanyaan selanjutnya adalah sejauh mana buku hasil karya guru itu mempengaruhi jenjang karirnya? Meski sekali lagi, bagi guru, mestinya menulis adalah bentuk aktualisasi diri. Sebuah personal branding yang akan mempengaruhi reputasinya sebagai guru. Namun bila kompetensi terbaik dari literasi ini bisa dimanfaatkan dalam perjalanan karir guru, kenapa tidak?

Sebagai guru PNS, kenaikan pangkat adalah sebuah tema yang tidak akan pernah kering untuk dibahas. Memang benar naik pangkat bukan kewajiban atau hak mutlak. Tapi lebih pada penghargaan atas hasil karya guru dan terpenuhinya syarat lainnya

Mari sedikit mengulik keberadaan Permen PAN dan RB no 16 tahun 2009 tentang Jabatan fungsional Guru dan angka kreditnya yang menjadi acuan kenaikan pangkat disamping Permen dan Undang undang lainnya. Meski terbit 2009, ketentuan dalam Permen ini baru mulai diberlakukan sejak tanggal 1 Januari 2013. Dimana Kenaikan pangkat adalah akumulasi Angka Kredit dari unsur Pembelajaran dan PKB (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan) serta unsur penunjang. PKB sendiri terdiri dari Pengembangan Diri, Publikasi Ilmiah dan Karya Inovatif. Ada 10 jenis karya dalam Publikasi Ilmiah, diantaranya adalah Buku Pelajaran dan Buku dalam bidang Pendidikan.

Nah, Bila bapak ibu guru sudah memiliki buku pembelajaran yang sudah dicetak dan sudah diakui oleh BSNP, maka angka kreditnya 6. Sedangkan buku yang muatannya tentang pendidikan dan ber ISBN, mempunyai angka kredit 3.Dan yang tidak ber ISBN mempunyai angka kredit 1,5. Buku dalam bidang pendidikan ini misalnya memuat tentang pendidikan karakter, mengelola kelas, manajemen siswa dsb.

Bila buku-buku ini ditulis keroyokan, maka pembagianangka kreditnya adalah; ditulis 2 orang, penilai pertama 60% dan penulis kedua 40%. Ditulis oleh 3 orang, penulis utama 50%, penulis kedua 25% dan yang ketiga 25%. Bila ada 4 orang penulis, maka pembagiannya adalah 40% untuk penulis pertama dan yang berikutnya 20% dari angka kredit.

Lalu dimana posisi novel, kumpulan cerpen dan kumpulan puisi ? Selain pengembangan diri dan publikasi ilmiah, terdapat Karya inovatif. Salah satu unsurnya adalah menemukan atau menciptakan karya seni. Karya sastra masuk dalam kategori karya seni. Bila bapak ibu adalah guru dari mapel apa saja memiliki 2 buah novel yang ber ISBN dan sudah diedarkan secara luas, maka angka kreditnya 4. Demikian juga untuk buku yang berisi 10 kumpulan cerpen, sudah ber ISBN dan sudah dicetak dan disebarluaskan. Buku kumpulan 40 puisi ber ISBN juga memiliki angka kredit 4.

Nah, terbayar kan, jerih lelah kita. Hobi menulis tersalurkan, sekaligus diberi penghargaan berupa angka kredit untuk kenaikan pangkat. Jadi teruslah berkarya.

Wahyuning Widhiati

Mediaguru Solo

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

dahsyat

23 Oct
Balas

Pak leck Jugaaaa

23 Oct

Lebih mantap bila di catatan akhir diberi keterangan "Penulis adalah Penilai Angka Kredit". Pasti wow

23 Oct
Balas

Gitu ya? Good idea tu.. Besok2 gitu ws

23 Oct

Catatan perjalanan guru yang dibukukan masuk yang manakah?

22 Oct
Balas

Kalo banyak mbahas tentang kehidupan sekolh, masuk k buku dlm bidang pndidikan

22 Oct

Kalo banyak mbahas tentang kehidupan sekolh, masuk k buku dlm bidang pndidikan

22 Oct

Info bagus

23 Oct
Balas

Ayo nulis lagi

23 Oct

Untuk buku kumpulan cerpen nilai 4...siip. Kirain nilainya 3. Makasih bu, tulisannya informatif.

22 Oct
Balas

Sama sama, semoga bermanfaat

22 Oct

Terima kasih Bu. Semoga jadi tambahan semangat menulis...

23 Oct
Balas

sama sama pak, .. ayo menulis lagi dan lagi

23 Oct

makasih infonya. jadi semangat menyelesaikan kumpulan puisi.

10 Mar
Balas

makasih infonya. jadi semangat menyelesaikan kumpulan puisi.

10 Mar
Balas

Mbk Wahyu yg habis diklat Assesor PAK, Jos informasinya. Top, nulis dan karier mengiringi. Rujukannya itu lho yg penting utk bukti referensi bagi penilai PAK. Lha temenku ada yg bukunya sdh dipakai utk umum n ber ISBN ada catatan TIDAK LAYAK UNTUK BUKU PANDUAN.. juk piye yen ngini ini.. siapa yg pinter yoo!?!?

23 Oct
Balas

Oh iya? Ada 2 kategori di butir menulis buku. Buku pelajaran dan buku dalm bidang pendidikn. Buku pelajaran d akui BSNP, buku pndidikn ber ISBN. Yg tidak ber ISBN pun tetep ada angka kreditnya. Mngkin buku teman panj tidak masuk 2 kategori tdi mbak siti

23 Oct

Penilai di tempat saya hanya mengakui buku teks mata pelajaran. Buku jenis lain tdk diakui walaupun sdh berISBN, apakah atarannya memang begitu?

19 Nov
Balas

Bu wahyu , aku cuma nulis 1 novel angka kredit nya berapa

07 Nov
Balas

berapa jumlah maksimal tim untuk penulisan dalam menyusun buku ? dan bagaimana pembagiannya untuk kenaikan pangkat pns ? terimkasih

04 Apr
Balas

Makasih pencerahnnya, saya baru belajar menulis. Yang perlu saya tanyakan kemarin waktu pengusulan kenaikan pangkat yg ke iv b ptk yg sudah di buat artikel dan sudah dijurnal yang berisbn tingkat prov maupun nasional hanya di nilai 1.5 kenapa begitu...mohon pencerahannya...

15 Feb
Balas

Kalau Kumpulan cerpen dari beberapa penulis dalam satu buku berapa nilainya bu

25 Oct
Balas

Kalau buku antologi nilainya berapa ?

25 Oct
Balas

Menginspirasi angka kreditku !! Barakallah ibu informasi yang penuh manfaat .

06 Sep
Balas

Saya sudah punya buku kumpulan puisi lebih dari 40 judul ditambah 2 cd pembelajaran apa bisa mencukupi kebutuhan PAK dari 3c ke 3d Bu, terima kasih

18 May
Balas

Punten bu, izin bertanya kalau guru honorer juga penulis itu bagaimana?. Terimaksh.

25 Jun
Balas

Informatif dan inspiratif, trmkasih bu...

15 Feb
Balas

Untuk buku kumpulan cerpen yang dimaksud disebarluaskan itu bagaimana ya? Sebab misal saya hanya membuat buku kumpulan cerpen untuk kalangan siswa di sekolah.

19 Dec
Balas

buku yang berisi 10 kumpulan cerpen,..ini maksudnya satu buku berisi 10 judul cerpen nilainya 4 atau 10 buku kumpulan cerpen nilai 4..Bu

22 Jun
Balas

bu wahyu, apakah dalam membuat buku antologi puisi atau cerpen untuk kepentingan kenaikan pangkat, jenis kertas ada aturannya atau bebas? trimakasihsalam menulis

07 May
Balas

Mantab....

30 May
Balas

Bunda, saya mau tanya berkaitan bagaimana cara menilaikan buku untuk kenaikan pangkat itu

14 Sep
Balas

Saya ingin menjual cerpen hasil karangan saya, bisakah?

31 Oct
Balas



search

New Post