Wahyuning Widhiati

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Pajanglah Karyamu

Pajanglah Karyamu

PAJANGLAH KARYAMU

Wahyuning Widhiati, Sagusabu solo

Bapak Ibu guru yang budiman, apa kabar? Apa kabar siswa siswanya? Semoga semua sehat dan bahagia. Bapak Ibu guru yang mengajar dengan bahagia akan menghasilkan kelas yang semarak dengan prestasi. Setuju?

Bagaimana pula kabar ruang kelas Bapak Ibu? Ada apa dengan ruang kelas ? Karena salah satu unsur dari pengelolaan kelas yang baik adalah penataan kelas. Ini memerlukan perhatian dan perencanaan yang sungguh-sungguh dalam proses pembelajaran. Pengaturan tempat duduk, penempatan perabot kelas dan pengaturan papan pajang yang indah akan membuat siswa betah dan nyaman belajar di kelas.

Bapak Ibu pasti memiliki banyak koleksi hasil karya siswa. Tetapi belum menemukan cara bagaimana memanfatkaannya sebagai sumber belajar. Atau Bapak Ibu ingin memperindah kelas yang syarat teks agar siswa bangga dengan kelasnya. Berikut saya akan berbagi tips bagaimana mengatur display atau papan pajang dikelas .

1. Display / papan pajang harus berisi hasil karya siswa. Usahakan jangan karya guru atau bahkan membeli di toko. Sebagus apapun kalau itu produk pabrikan, maka tidak akan bermakna. Tetapi sesederhana apapun bila itu hasil karya siswa, pasti akan lebih membanggakan.

2. Pemajangan karya dimaksudkan sebagai sumber belajar. Jadi dengan memajang hasil karya siswa, mereka akan lebih sering membaca hasil karya mereka.

3. Pajanglah tidak hanya hasil akhir dari pembelajaran saja, tetapi juga proses dalam pengerjaan. Misalnya sebelum menyusun sebuah laporan/ deskripsi, siswa mengerjakan LK. Nah Lk ini juga bisa di pajang bersama hasil akhir.

4. Semua siswa atau kelompok, berhak atas hasil karya yang dipajang. Maksudnya, jangan hanya memajang yang the best saja.

5. Pastikan Guru sudah mengoreksi pekerjaan siswa sebelum dipajang. Bila perlu berikan komentar yang membangun. Agar ketika anak membaca komentar guru, mereka termotivasi untuk lebih baik.

6. Bila dinding kelas mencukupi, buat space/ tempat untuk masing masing mapel.

7. Gunakan rak untuk hasil karya 3 dimensi, misalnya hasil prakarya.

8. Hasil karya siswa yang lain bisa juga menjadi bahan pajangan. Misalnya poster dan lukisan siswa.

9. Manfaatkan setiap tempat kosong yang ada didinding. Tetapi hindari terlalu tinggi memajang karena tidak terbaca oleh siswa.

10. Pastikan untuk selalu up date pajangan. Turunkan hasil karya siswa yang sudah terlalu lama dan ganti dengan yang baru.

Demikian sedikit tips dari saya, semoga bermanfaat .

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Sip, Bermanfaat. Salam kenal BuWidhi

29 Oct
Balas

Terima kasih apresiasinya, salam kenal juga Bu Kim..

29 Oct



search

New Post