Wahyuning Widhiati

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Zumba Lover

ZUMBA LOVER

Wahyuning Widhiati

Sagusabu Solo

Menghabiskan waktu di depan laptop membuat otot leher dan punggung terasa kaku. Badan juga terasa tidak fit. Barangkali karena beberapa minggu ini saya melewatkan kelas senam zumba yang biasa saya ikuti setiap hari Senin, Rabu dan Sabtu. Tugas dari sekolah yang lumayan banyak dan sedang tergila gila menulislah yang membuat saya sering absen.

Maka suatu sore di hari Sabtu, saya sempatkan untuk datang. Sepatu dan perlengkapan lain sudah saya siapkan. Wah ... beberapa kali tidak bergabung membuat saya agak keteter dengan lagu dan gerakan baru. Bergerak dinamis diiringi musik dengan beat cepat membuat keringat mengucur deras. Segar dan tubuh terasa lebih bugar.

Zumba adalah tarian latin yang dipadukan dengan fitness . Tarian ini bisa bakar kalori antara 600 sampai 1.000 kalori per jam. Sebelum kelas zumba ini menjadi idola dikalangan pecinta aerobic, sanggar yang saya ikuti hanya membuka kelas aerobic dan Body Language atau BL. Kira kira setahun yang yang lalu kelas zumba ini menjadi favorit .

Barangkali karena gerakan di zumba ini lebih cenderung ke tarian, dan gerakannya tidak begitu rumit. Beragam variasi gerakan dipadukan menjadi satu saat latihan zumba. Gerakannya berasal dari berbagai gaya dansa, seperti salsa, flamenco, reggaeto, saco, dan masih banyak lainnya. Beda dengan aerobic yang gerakannya diulang ulang. Misal ada 4 variasi gerakan berarti kita harus menghafal gerakan 1 sampai 4. Di zumba ini gerakannya tergantung lagu yang diputar. Beda lagu, beda pula gerakannya.

Latihan dilakukan selama satu jam dengan sekitar 12 track lagu yang telah disiapkan oleh instruktur. Lagu yang diputarpun selalu yang sedang populer. Bahkan saat saya gogling sempat menemukan 5 lagu yang paling dipilih untuk zumba. Lagu dengan beat cepat seperti milik Pitbull dan Rihana menduduki papan atas. Instruktur saya kadang suka memutar lagu dangdut untuk selingan.

Menurut beberapa ahli kesehatan, ada banyak manfaat dari mengikuti zumba selain tubuh menjadi bugar. Beberapa diantaranya adalah :

· Membakar kelebihan kalori. Gerakan dalam Zumba bisa membakar 600 kalori perjam

· Perpaduan berbagai gerakan, mulai hiphop, cha-cha, salsa, hingga tari perut dapat membentuk tubuh menjadi lebih ideal. (Tapi saya tidak berani bermimpi untuk ini)

· Meningkatkan koordinasi antar-anggota tubuh. Antara gerakan tangan dan kaki harus sesuai.

· Meningkatkan stamina tubuh.

· Meningkatkan massa otot dan kepadatan tulang. Gerakan-gerakan Zumba berkonsentrasi dalam membentuk bagian-bagian tubuh yang penting untuk ketahanan tulang belakang, seperti otot punggung, pantat, perut, dan kaki bagian atas.

· Menurunkan tekanan darah dan lemak tubuh.

· Membuat percaya diri, hati senang, dan merasa berenergi.

· Zumba selalu dilakukan secara bersama-sama, menjadikan Anda lebih aktif dalam bersosialisasi dan bertemu teman baru.

Nah , mulai tertarik ? Ayo ikuti kelas zumba disekitarmu dan rasakan manfaatnya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post