Empat Bidang Layanan Bimbingan Konseling
#harike-15
#tantangan30harimenulis
#mediaguru
Berbagai permasalahan anak remaja saat ini sangat kompleks. Mulai dari permasalahan pertemanan, pelajaran, konflik dengan guru mata pelajaran bahkan permasalahan dirumah yang mempengaruhi cara belajar siswa.
Setiap siswa memiliki permasalahan yang berbeda, dan tentunya membutuhkan bantuan layanan yang berbeda pula. Dalam bimbingan konseling dikenal dengan empat bidang layanan bimbingan
1. Bimbingan Pribadi
Yang dimaksud bimbingan pribadi adalah layanan bimbingan yang diberikan pada siswa untuk menemukan dan mengembangkan diri pribadinya sehingga menjadi pribadi yang mantap dan mandiri serta mampu mengoptimalkan potensi yang dimiliki.
2. Bimbingan Sosial
Bimbingan sosial adalah layanan bimbingan yang diberikan pada siswa untuk mengenal lingkungannya sehingga mampu bersosialisasi dengan baik, dan menjadi pribadi yang bertanggung jawab.
3. Bimbingan Belajar
Bimbingan belajar adalah layanan bimbingan yang diberikan kepada siswa untuk dapat membentuk kebiasaan belajar yang baik, mengembangkan rasa ingin tahu, dan menumbuhkan motivasi untuk mengembangkan ilmu pengetahuan.
4. Bimbingan Karir
Bimbingan karir adalah layanan bimbingan yang diberikan kepada siswa untuk dapat merencanakan dan mengembangkan masa depannya berkaitan dengan dunia pendidikan maupun dunia karir. (Dra. Hibana S: 2003)
Perlu diingat bahwa bimbingan konseling diberikan pada semua siswa, bukan hanya anak-anak yang memiliki masalah saja. Karena bimbingan konseling selain berfungsi kuratif (memecahkan atau menanggulangi masalah) juga bersifat preventif dan development. Artinya bimbingan konseling diberikan pada siswa sebagai langkah pencegahan dan pemeliharaan agar keadaan yang telah baik tetap dipertahankan bahkan dikembangkan menjadi lebih baik lagi.
Dengan demikian empat bidang layanan bimbingan konseling ini dibutuhkan oleh seluruh siswa sebagai klien guru BK, hanya terkadang ada siswa yang membutuhkan layanan BK lainnya. Misalkan siswa A dan B merupakan dua siswa dikelas yang sama. Guru BK masuk kelas tersebut untuk memberikan bimbingan mengenai "Belajar Efektif." Di waktu yang lain siswa A datang ke ruang BK karena merasa kesulitan berbaur dengan teman-teman sekelasnya, sementara siswa B di waktu yang berbeda datang ke ruang BK menyampaikan keluh kesahnya karena ayah ibunya bercerai.
Dari contoh diatas, bisa kita lihat bahwa seluruh siswa mendapatkan bimbingan yang sama yaitu tentang belajar efektif, artinya bimbingan yang diberikan guru BJ berfungsi preventif dan development. Sedangkan kebutuhan BK lainnya, antara siswa A dan B berbeda, dimana siswa A membutuhkan layanan bimbingan konseling bidang sosial, sementara siswa Baru membutuhkan bimbingan konseling bidang pribadi.
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar
informasi yang menarik Bun. Salam Literasi.
Semoga bermanfaat. Salam .. .!
Semoga bermanfaat. Salam .. .!
Semoga bermanfaat. Salam .. .!
Semoga bermanfaat. Salam .. .!
Semoga bermanfaat. Salam .. .!