Warnoto Fisika

Lulusan UNY tahun 2000 dari Pendidikan Fisika FMIPA, mengajar di SMA N 1 Subah Kab. Batang Jawa Tengah. Minat pada bidang Teknologi, Arsitektur dan Keagamaan...

Selengkapnya
Navigasi Web
Sukunku Ku Suka

Sukunku Ku Suka

Sepulang ngantor sekira pukul 14.00 setelah parkir motor aku langsung menuju dapur menemui istri yang sedang bersih-bersih. Kuletakkan bungkusan kresek hitam di atas meja. “ Apa ini kok bulat sperti.....” tanya istriku. Aku tahu bayangannya pasti si raja buah. Namun baunya beda. Tidak menusuk seperti durian. Daripada penasaran langsung saja saya suruh buka. Maka disobeklah plastik itu sehingga terlihat bulatan yang agak lonyot karena benturan dalam perjalanan. Itulah buah sukun dalam kondisi matang. Baunya harum manis tipis-tipis.

Manangani buah sukun yang matang ada beberapa pilihan pengolahan. Disamping digorang ala pisang, dijadikan kolak juga bisa. Adapun yang paling mudah adalah digodok apa adanya. Maka, kusarankan istri untuk menggorengnya. Sembari aku menguliti dan mengiris sesuai ukuran yang pas, istri mempersiapkan bahan dan bumbu. Tidak perlu repot, hanya mengambil apa yang tersedia yaitu : minyak goreng,t epung terigu, garam, gula, vanila, soda kue dan air. Tidak ada formula yang rumit seperti kebiasaanku di kelas. Hanya kata “secukupnya” yang menggambarkan kuantitas masing masing bahan.

Semua bahan kecuali minyak diadon sedang, sekedar dapat mengalir. Bagi yang belum mencoba, cara menambah air adalah dikucur sedikit sedikit sambil diaduk ya. Kemudian panaskan wajan, lalu tuangkan minyak. Setelah minyak mendidih celupkan Irisan sukun ke adonan kemudian masukkan ke wajan. Setelah agak kuning bisa dibalik. Namun kalau minyaknya cukup banyak sukun tidak perlu dibalik. Cukup tunggu sampai kuning keemasan lalu diangkat. Bagi yang kreatif bisa ditambahkan toping keju parut atau coklat.

Penasaran seperti apa rasanya ? Hmmmm...mmm seperti....

Bagi yang penasaran tentang manfaat bahan pangan ini bisa melirik baris kata berikut.

Manfaat pertama adalah menurunkan gula darah. Hal ini karena kandungan serat yang tinggi menghambat penyerapan gula dari sumber lain ke tubuh. Manfaat kedua adalah menambah kecerdasan karena kandungan omega 3 dan omega 6 yang cukup. Adapun manfaat ketiga yaitu menurunkan tekanan darah. Hal ini berkat kandungan kalium yang tinggi. Sukun bermanfaat juga untuk melancarkan buang air. Ini berkat kandungan seratnya. Sementara itu bagi yang ingin menambah kecantikan sukun juga patut dicoba karena kandungan vitamin c bisa menjaga kesehatan kulit. Tidak hanya itu, rambut pun

bisa semakin tebal karena kandungan mineral esensialnya. Bagi yang ingin menurunkan berat badan tidak perlu ragu untuk mengganti menu misalnya sarapan pagi dengan buah ini. Kandungan keseimbangan gizi yang baik dengan total kalori yang rendah cocok untuk keperluan ini.

Kandungan gizi selengkapnya adalah sebagai berikut:

Kandungan Gizi Buah Sukun

Melayani Ukuran 100 gr (100 g)

Jumlah per Porsi

Kalori 103

dari Lemak 1.80

% Nilai harian*

Total Lemak 0.20 g

0.3 %

Lemak Jenuh 0.100 g

0.5 %

Kolesterol 0 mg

0.0 %

Sodium 2 mg

0.1 %

Total Karbohidrat 27.10 g

9.0 %

Diet Serat 4.9 g

19.6 %

Protein 1.10 g

2.2 %

Vitamin C

48.3 %

Vitamin B1 Thiamin

6.0 %

Vitamin B2 Riboflavin

1.8 %

Vitamin B3 Niasin

4.0 %

Vitamin B5 Asam Pantotenat acid

5.6 %

Vitamin B6

15.0 %

Kalsium

1.7 %

Besi

2.8 %

Kalium

14.0 %

Fosfor

3.0 %

Magnesium

6.3 %

Seng

0.7 %

Tembaga

4.0 %

Mangan

3.0 %

C Sistein

1.7 %

F Fenilalanin

3.0 %

I Isoleusin

4.6 %

K Lisin

1.8 %

L Leusin

2.4 %

M Metionin

1.9 %

T Treonin

5.0 %

Tirosin

2.2 %

V Valin

2.6 %

W Triptofan

10.7 %

Cek sumber:

http://eemoo-esprit.blogspot.com/2012/09/kandungan-gizi-buah-sukun.html

http://jambi.tribunnews.com/2018/02/25/10-manfaat-buah-sukun-bagi-kesehatan-mudah-didapat-dan-murah-harganya?page=1

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Alhamdulillah saya punya pohonnya pak Warnoto. Sudah berbuah dimakan sendiri wow berlebih. Umumnya olahan sukun digoreng atau dikukus. Jika diolah seperti olahan bapak Warnoto belum pernah saya. Terima kasih sudah menginspirasi. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah.

15 Feb
Balas

Bagus Pak untuk selingan pangan. Cobalah variasi olahan ya. Terima kasih sudah mampir. Barakallah.

16 Feb

Mantap...terima kasih infonya Pak Arnot. Sepertinya Pak Arnot jago masak juga. Barakallah

14 Feb
Balas

Halah cuma kalau terpaksa Bu. Misal istri lagi capek. Sukses Bu Dyahni

14 Feb

Enyaaaaaak...Pak Noto.....

14 Feb
Balas

Hmmm.. Monggo Bu nikmati gambarnya he.. He..

14 Feb

Mantab sekali Pak kupasan ilmu gizinya. Tak pernah mengira kandungan gizinya yg sebanyak itu.Begitu juga resepnya, mantab. Jadi pengin makan sukun goreng...apalagi di musim hujan begini.hehe

14 Feb
Balas

Sementara biar saya wakili Bu Noor. Hmmm...

14 Feb

Informatif pak! Langsung ngiler saya hehe

14 Feb
Balas

Waduh, stadium 4 itu Bu Fera he he.. Barakallah.

14 Feb



search

New Post