Warsono

Seorang guru biasa saja. Mengajar Matematika di SMP Negeri 5 Cilacap. Tinggal di Cilacap, Jawa Tengah. Hobi tak jauh dari dunia literasi, sastra dan buku. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
MEMAKNAI HUT KE-2 KOMUNITAS GURU MENULIS (KGUM) KABUPATEN CILACAP

MEMAKNAI HUT KE-2 KOMUNITAS GURU MENULIS (KGUM) KABUPATEN CILACAP

#TantanganMenulisGurusiana

#Reportase

MEMAKNAI HUT Ke-2 KOMUNITAS GURU MENULIS (K’GUM) KABUPATEN CILACAP

Reportase oleh: Warsono

1 Desember 2018 menjadi tonggak bersejarah bagi dunia literasi di Kabupaten Cilacap. Saat itulah terbentuk wadah bagi para guru di Kabupaten Cilacap yang menekuni hobi menulis dan berminat menerbitkan buku ber-ISBN, artikel ilmiah, jurnal ber-ISSN, best practise, dan lain-lain. Wadah itu diberi nama Komunitas Guru Menulis (K’GUM) Kabupaten Cilacap. Dilatarbelakangi maraknya fenomena kesulitan guru dalam menulis karya tulis (baik ilmiah maupun populer), jenis publikasi ilmiah maupun karya inovatif. Kesulitan tersebut diharapkan dapat diminimalisir dengan terbentuknya K’GUM. Hal ini dimungkinkan karena salah satu kegiatan K’GUM adalah mengadakan pelatihan kepenulisan dan menerbitkan buku karya para guru.

Dimotori oleh Sigit Kindarto, S.Pd, M.Pd dan Zaenal Arifin, S.Pd, M.Pd K’GUM tumbuh menjadi organisasi komunitas kepenulisan bagi guru yang cukup solid. Didukung Dewan Penasehat, Dewan Pembina dan Pelaksana dengan enam seksi bidang (sekbid), K’GUM telah menunjukkan eksistensinya meski baru berusia dua tahun. Banyak kegiatan telah dihelat sejak kelahirannya hingga kini.

Awal berdirinya, pada Desember 2018, K’GUM ditunjuk PGRI Kabupaten Cilacap untuk berpartisipasi dalam event pameran buku HUT PGRI ke-73 Provinsi Jawa Tengah di Semarang. Selanjutnya, pada bulan Maret 2019 digelar gawe pertama K’GUM bertajuk SANDISAKA (Satu Pendidik Satu Karya) bagi guru di Kabupaten Cilacap lintas jenjang. Tak disangka, animo guru mengikuti kegiatan ini cukup tinggi. Peserta kegiatan mencapai 250 orang, dari target 200 peserta. Kegiatan yang menggandeng mitra Balai Bahasa Jawa Tengah tersebut nerlangsung dua hari, tanggal 24-25 Maret 2019. Pada kesempatan ini sekaligus dilaksanakan pengukuhan kepengurusan K’GUM masa bakti 2019-2024.

Masih di tahun yang sama dihelat kegiatan Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Digital, pada 28-29 September 2019. Kali ini K’GUM bekerja sama dengan Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan dan Kebudayaan (BPMPK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Ikatan Sarjanam Pendidikan Indonesia (ISPI) Kabupaten Cilacap.

Selanjutnya, menandai ulang tahun K’GUM pertama diselenggarakan Pekan Literasi dengan aneka kegiatan diantaranya Peluncuran dan Pameran Buku karya anggota K’GUM, Lokakarya Penyusunan KTI, pelatihan dan lomba menulis puisi dan cerpen bagi siswa SD, SMP, dan SMA/SMK. Pada helatan kali ini kembali K’GUM bekerjasama dengan Balai Bahasa Jawa Tengah. Pada kesempatan kali ini buku-buku karya anggota K’GUM diapresiasi oleh Bapak Bupati Cilacap sesaat setelah membuka kegiatan. Sebuah prestasi yang membanggakan, di mana pada satu tahun usianya, K’GUM telah berhasil mencetak 82 guru penulis dengan 105 karya buku, sebagai produk dari SANDISAKA 1 sebelumnya. Prestasi ini diapresiasi oleh Kepala BBJT, Dr Tirto Suwondo, M.Hum. Beliau mengatakan “Cilacap luar biasa.”

Situasi pandemi covid-19 tak menyurutkan semangat pengurus dan anggota K’GUM. Pada bulan September 2020 kembali digelar SANDISAKA (Satu Pendidik Satu Karya) Jilid 2 yang dilaksanakan secara daring bekerja sama dengan Balai Bahasa Jawa Tengah. Produk kegiatan ini, selain buku-buku solo dari para guru penulis peserta pelatihan juga diterbitkan buku antologi Kisah Inspiratif karya peserta. Hingga tenggat waktu yang ditentukan terkumpul 117 naskah dari 187 peserta.

Selain menyelenggarakan pelatihan atau workshop/lokakarya, K’GUM juga berpartisipasi dalam berbagai event literasi, diantaranya:

1) Pameran Buku PGRI Prov. Jawa Tengah

2) Pameran Buku Bersama Perpusda Cilacap

3) Pameran Mandiri K’Gum Cilacap

4) Talk Show Literasi di Suara Literasi Yes Radio

5) Seminar Literasi di Graha Pemuda

6) Seminar Budaya Baca di Griya Patra

7) Seminar Membumikan Literasi di Patra Graha

8) Planning Gelaran Literasi Akbar Cilacap bersama Arsipusda dan Komunitas

Literasi Cilacap

Hari ini, Minggu 29 Nopember 2020 jajaran pengurus K’GUM berhimpun secara luring dengan protokol kesehatan di Hotel Sindoro Cilacap guna memaknai peringatan Hari Guru Nasional 2020, HUT PGRI ke-75 dan HUT K’GUM Ke-2. Kegiatan ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Bapak Wuyung Sulistiyo Pambudi, S.Pd, M.Pd, Ketua PGRI Kabupaten Cilacap selaku Pelindung K’GUM. Setelah itu dilanjutkan dengan pelatihan singkat dari, oleh, dan untuk pengurus K’GUM yaitu “Sosialisasi Pengembangan Diri dan Publikasi Ilmiah/Karya Inovatif Dalam Rangka Kenaikan Pangkat Guru” oleh Pembina K’GUM, Bapak Drs. Sutarno, M.Pd. Dilanjutkan “Sosialisasi Seluk Beluk Dunia Pemerbitan” oleh Bela Saraswati dari SIP Publishing, mitra K’GUM.

Berikutnya berturut-turut, pelatihan singkat “Pemenfaatan Xrecorder Berbasis Powerpoint untuk Pembelajaran Jarak Jauh” oleh Wuri Handayani, S.Pd, bendahara K’GUM, dan “Aplikasi Webbuilder untuk Android” oleh Zaenal Arifin, S.Pd, M.Pd, Sekretaris K’GUM.

Dalam acara tersebut dibagikan aneka doorprize dari K’GUM, mitra SIP Publishing, Penerbit Zahra Publizher, BRI Cabang Cilacap, dll. Untuk Agenda tahun 2021, K’GUM merencanakan kegiatan-kegiatan:

1. Pelatihan Menulis Artikel di Media Massa

2. Roadshow K’GUM ke daerah-daerah/kecamatan

3. Optimalisasi kantor K’GUM di kompleks Kantor PGRI Kabupaten

4. Launching logo baru K’GUM

5. Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah

6. Penerbitan KTA double fungsi sebagai E-money dan ekspansi jejaring mitra

7. Mendirikan lini penerbitan sendiri

Demikian sekilas perjalanan dua tahun kiprah K’GUM Kabupaten Cilacap dan program satu tahun ke depan. Semoga K’GUM kian dirasakan kemanfaatannya dengan semangat BBM: Berkreasi, Bersinergi, dan Menginspirasi.

Cilacap, 29 Nopember 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Luar biasa, sukses selalu, salam santun

30 Nov
Balas

Terima kasih, bu Sanria Elmi

01 Dec

Luar biasa kegiatannya pak..mantul

30 Nov
Balas

Alhamdulillah... terima kasih, bu Gismawarni

01 Dec

Keren organisasinya, Pak. Mantap pula kegiatannya. Pastilah banyak manfaat dari kegiatan di organisasi ini.

30 Nov
Balas

Alhamdulillah... InsyaAlloh pelan tapi pasti mengarah ke sana bu. Terima kasih apresiasinya dan supportnya. Sukses selalu

30 Nov

Mantap Pak. Luar biasa dan semoga bertambah sukses.

30 Nov
Balas

Aamiin... terima kasih, bu Aisyah Jamela

01 Dec

Keren pak... Semoga tetap solid dan maju organisasinya ya pak... Sangat menginspirasi dan memotivasi kita semuanya. Mantap pak warsono... Salam santun dan sukses selalu buat bapak yang super dan hebat

30 Nov
Balas

Aamiin. Terima kasih doa dan supportnya, bu Teti Taryani. Sukses selalu.

01 Dec

Masyaa Allah keren Pak War kegiatannya...sukses terus yaa Pak, semoga barokah

30 Nov
Balas

Aamiin... Terima kasih apresiasinya. Sukses selalu Bu Ruminten Supadmi

30 Nov



search

New Post