Wartubi

Guru SMP di Kabupaten Rembang, Alumni Pendidikan Geografi IKIP Surabaya 1996 dan Teknologi Pembelajaran UNIPA Surabaya 2005....

Selengkapnya
Navigasi Web

Soal Interaktif sebagai Alternatif Media Pembelajaran di era Revolusi Industri 4,0

SOAL INTERAKTIF SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN

DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Oleh :

Wartubi

Di era revolusi industri 4.0 dalam dunia pendidikan di Indonesia, siswa mengalami penurunan minat membaca buku teks dan juga mengalami penurunan minat untuk mengikuti pembelajaran berbasis kelas/ tatap muka. Sebaliknya siswa mengalami peningkatan minat untuk berselancar di dunia maya. Hal ini sejalan dengan pendapat Prof. Klaus Martin Schwab, dalam bukunya The Fourth Industrial Revolution (2017), ia menyebutkan bahwa saat ini kita berada pada awal sebuah revolusi yang secara fundamental mengubah cara hidup, bekerja dan berhubungan satu sama lain. Perubahan itu sangat dramatis dan terjadi pada kecepatan eksponensial, yang ditandai dengan berkembangnya internet untuk segalanya/ Internet of Things (IoT) atau Internet of People (IoP).

Dengan adanya perubahan menuju era revolusi industri 4.0, dunia pendidikan perlu melakukan inovasi pembelajaran, yang dapat mengintegrasikan pembelajaran dengan teknologi dan informasi (TI). Hal ini sejalan dengan pendapat Prof. Dr. Nyoman S. Degeng, dalam Media Pembelajaran Quantum (2001) mengemukakan bahwa : Tidak ada satu media yang unggul untuk semua tujuan, suatu media hanya cocok untuk tujuan pembelajaran tertentu, tetapi mungkin tidak cocok untuk yang lain. Berdasarkan pendapat tersebut seharusnya masing-masing guru/ individu dapat mengembangkan media pembelajaran yang sesuai dengan kondisi sekolah masing-masing.

Media pembelajaran adalah alat bantu proses dalam belajar mengajar. Media pembelajaran dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan atau keterampilan belajar sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar yang lebih aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan bagi siswa. Selama ini strategi pembelajaran yang populer di Indonesia adalah pembelajaran berbasis kelas (tatap muka), dimana pembelajarannya akan terikat oleh dimensi ruang dan waktu, artinya siswa harus berada dalam ruang dan waktu yang sama dengan teman sekelas dan guru untuk melakukan kegiatan pembelajaran. Dengan kenyataan ini penulis berinisiatif mengembangkan media pembelajaran yang tidak terikat oleh dimensi ruang dan waktu, salah satunya adalah penggunaan Soal Interaktif, yang bisa memadukan pembelajaran berbasis kelas dengan pembelajaran berbasis media/ komputer/ smartphone.

Soal Interakif adalah soal yang dibuat dengan program khusus (salah satunya Program Microsoft Power Point), sehingga anak langsung mendapatkan respon dari media/ komputer/ smartphone apabila telah menjawab pertanyaan, baik itu jawabannya benar ataupun salah, bahkan juga bisa langsung diketahui nilainya meskipun tanpa kehadiaran seorang guru. Soal Interaktif memungkinkan siswa belajar secara mandiri baik di sekolah maupun di rumah bahkan dimanapun siswa berada. Meskipun demikian peran guru tetap diperlukan dalam hal penyusunan Soal Interaktif itu sendiri, disamping itu masih ada juga peran guru yang tidak dapat digantikan oleh komputer yaitu peran guru sebagai seorang pendidik.

Langkah-langkah penggunaan Soal Interaktif dalam pembelajaran : Pertama guru mempersiapkan/ menyusun perangkat pembelajaran yang dilengkapi Soal Interaktif yang telah dibuat sendiri; Kedua guru melaksanakan pembelajaran di laboratorium komputer atau menggunakan LCD proyektor di kelas dengan menerapkan pembelajaran berbasis kelas/ tatap muka yang diselingi/ dipadukan dengan pembelajaran berbasis media/ komputer/ smartphone; Ketiga guru memberi umpan balik/ tindak lanjut untuk meningkatkan dan menambah kompetensi siswa untuk belajar mandiri dengan cara memberikan file Soal Interaktif kepada siswa untuk dipelajari/ dikerjakan dengan bantuan media/ komputer/ smartphone masing-masing siswa, sehingga belajar siswa dapat dilaksanakan kapanpun dan dimana saja berada.

Dengan penggunaan Soal Interaktif ini pembelajaran bagi siswa dapat berlangsung sepanjang hayat/ sepanjang waktu (Long Life Educational), yang muaranya akan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini sejalan dengan Penelitian Tindakan Kelas yang pernah penulis laksanakan yaitu : “Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Penggunaan Soal Interaktif di SMP Negeri 2 Gunem Tahun Pelajaran 2018/2019”, dengan hasil penelitian : Pertama terjadi peningkatan hasil belajar siswa secara signifikan (hal ini terjadi karena siswa lebih tertarik dalam pembelajaran dan dalam belajar tidak terikat oleh ruang dan waktu); Kedua terjadi peningkatan kinerja guru secara signifikan (hal ini terjadi karena dalam pembelajaran guru harus merencanakan, melaksanakan, menilai dan memberikan umpan balik/ tindak lanjut secara simultan dan berkelanjutan).

Soal Interaktif bukanlah satu-satunya alternatif media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Namun di tengah pesatnya arus informasi dan komunikasi diberbagai lapisan masyarakat, menjadikan Soal Interaktif solusi esensial masa kini.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren. Mantap pak

09 Dec
Balas

Terima kasih

01 Apr

29 Oct
Balas



search

New Post