WA Sutanto

Guru SD Bendungan III Karangmojo Gunungkidul DIY Pernah jadi guru di SMK Tekstil Pedan (1995-2007) MTs N Ngawen GK (2003-2007) SD Daguran (2005-2007) SD ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Lomba

Lomba

Gaya panahan ada beberapa ragam. Diantaranya tradisional dan standart. Kikatakan tradisional menggunakan peralatan khas. Kayu tanpa ada logam lainnya. Dan sebaliknya untuk yang standar.

Kali ini ada lomba yang digelar itu ada yang tradisional. Diantaranya Gaya Mataram salah satunya.

Hal ini disebut jemparingan. Ada gaya tersendiri. dengan kostum pakaian jangkep. Adat Mataraman. Sehingga saat lomba mengenakan pakaian adat Yogyakarta.

Kostum dapat dikembangkan juga untuk pakaian adat setempat. Semisal Papua, Dayak, Madura, dan masih banyak lagi. Berkaitan dengan busana adatnya.

Jemparing mengajarkan hidup yang jitu. Sasaran dan arah yang jelas. Konsentrasi dan pasrah. Membidik dan hasilnya terserah yang menguasai hidup.

Ajang lomba yang digelar tersebut sebagai bentuk penguatan karakter bangsa dalam membumikan budaya kita. Tanggung jawab ,disiplin dan kerja keras.

Tentu jemparingan sebagai pilar budaya bangsa kita. Khususnya di Yogya hal ini sebagai muatan lokal kurikulum sekolah. Kaitan dengan keistimewaan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap Pak

13 Nov
Balas



search

New Post