Widayanti

Saya lahir di Purwakarta, 23 Oktober 1978. Saat ini saya bertugas sebagai Pengawas Sekolah Muda Pada MTs di Lingkungan Kemenag Kab. Purwakarta Jawa Barat|| Saya...

Selengkapnya
Navigasi Web
Apa itu IKM BK?
Tulisan Ke-693

Apa itu IKM BK?

Komunitas di Lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Purwakarta mengikuti Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Komunitas (IKM BK) dengan in Service learning yang akan dilaksanakan mulai hari ini, Senin 25 Maret sampai Sabtu Sabtu 30 Maret 2024 yang akan datang.

Kegiatan ini bertujuan untuk mendapatkan pengetahuan tentang implementasi kurikulum merdeka bagi madrasah piloting di Lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Purwakarta, yang dilaksanakan oleh Balai Diklat Keagamaan Bandung.

Diklat ini diikuti 30 peserta yang berasal dari perwakilan 5 Komunitas madrasah; yaitu Komunitas MAN Purwakarta, MTsN 1 Purwakarta, MTsN 2 Purwakarta, MTsN 3 Purwakarta, dan MIN 1 Purwakarta.

Peserta IKM BK komunitas di lingkungan Kemenag Purwakarta ini terdiri dari Pengawas Madrasah, Kepala Madrasah, Staf Kasi Penmad, Guru, dan unsur dosen.

Peserta pelatihan ini sebelumnya sebagian besar telah mengikuti Pelatihan Implementasi Kurikulum Kurikulum Berbasis Komunitas secara Massive Open Online Course (MOOC) selama 10 hari berbasis on the job training.

Hadir dalam pembukaan Kasubag TU yang mewakili Kepala Kemenag Kab. Purwakarta, Ketua Panitia dan dua orang Widyaiswara dari BDK Keagamaan Bandung.

Kasubag TU dalam sambutannya berharap kepada seluruh peserta agar mengikuti diklat dengan baik, walaupun dalam kondisi berpuasa.

Kasubag TU menyampaikan dalam sambutannya pada sesi pembukaan, apresiasi terhadap kegiatan ini, "Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Komunitas (IKM BK) yang telah dilakukan BDK Keagamaan Bandung pada angkatan sebelumnya cukup efektif untuk mencapai tujuan dari Implementasi Kurikulum Merdeka."

” Tujuan pelatihan ini agar tersedianya TIM yang terlatih untuk menerapkan kurikulum merdeka.karena semua komponen harus terlibat ” Ungkap Kasubag TU.

Setelah acara pembukaan selesai, dilanjutkan dengan penyampaian teknis tentang aturan aturan pelatihan yang disampaikan langsung oleh Ketua Panitia dari Balai Diklat Kegamaan Bandung.

Salam Literasi,

Purwakarta, 25 Maret 2024

Widayanti

Pengawas Madrasah Kemenag Kabupaten Purwakarta

Wakil Ketua Pokjawasmad Kemenag Purwakarta

Bidang Advokasi dan Peningkatan Kompetensi Pengawas Madrasah Pokjawasmad Jawa Barat

Forum Komunikasi Dewan Pendidikan Jawa Barat

Forum Komunikasi Dewan Pendidikan Nasional

Bidang Pendidikan Karakter ICMI (Ikatan Cendekiawan Muslim Se-Indonesia) Pusat

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post