Widayanti

Saya lahir di Purwakarta, 23 Oktober 1978. Saat ini saya bertugas sebagai Pengawas Sekolah Muda Pada MTs di Lingkungan Kemenag Kab. Purwakarta Jawa Barat|| Saya...

Selengkapnya
Navigasi Web
BALI, HERE I AM, COME AGAIN, AFTER LAST YEAR AT THE SAME OCTOBER FOR ICAL
Bali, Oct'23

BALI, HERE I AM, COME AGAIN, AFTER LAST YEAR AT THE SAME OCTOBER FOR ICAL

Tahun lalu, di Bali, tepat di Bulan Oktober, pada tanggal 13-15 Oktober 2022, diberi kesempatan mengikuti International Conference on Assessment and Learning (ICAL) dengan tema Transforming Assessment and Learning: Making the System Work yang merupakan hasil kerja sama the Australian Council for Educational Research-Indonesia (ACER-Indonesia), Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia (HEPI), dan Asosiasi Psikometrika Indonesia (APSIMETRI).

Pada kesempatan tersebut, saya mendapatkan kesempatan mempresentasikan tentang Blended Learning Hypercontent with Hyperlink at Mathematics, dihadapan peserta dari 35 negara. Talking English at that time was make me so nervous.

Sebagai bentuk dukungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dalam acara tersebut hadir Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP), Plt. Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menengah, Kepala Pusat Asesmen Pendidikan, Plt. Kepala Pusat Standar Kebijakan Pendidikan, serta beberapa staf Kemendikbudristek.

Rangkaian kegiatan ICAL dimulai dengan pre conference berupa workshop yang sangat menarik dengan 3 tema yaitu;

1. Assessing 21st Century Skills oleh Dr. Claire

2. Scoular; Designing, Scoring, & Reporting Performance Based Assessment oleh Urip Purwono, Ph.D

3. Item Response Modelling Using ACER ConQuest oleh Dan Cloney, Ph.D.

Konferensi ICAL diisi oleh keynote speaker Geoff Masters (CEO ACER), John Hattie, dan Andreas Schleicher (Special Advisor on Education Policy, OECD).

Pada hari pertama konferensi, terdapat sesi simposium “Assessment for a Better Quality of Education: Success Stories and Challenges” yang menghadirkan Kepala BSKAP Kemdikbudristek, Bapak Anindito Aditomo, Ph.D, dengan panelis dari ACER UK, OECD, dan ACARA.

Konferensi hari kedua, Pusmendik mengisi sesi simposium Big Data, "The Role of Big Data for National and International Assessment Systems. Dalam kesempatan ini, Kepala Pusat Asesmen Pendidikan, Ibu Asrijanty, Ph.D, yang pernah datang ke Purwakarta sebagai narasumber, menyampaikan paparan “National Assessment to Transform Learning”. Simposium ini dihadiri panelis Bapak Irsyad Zamjani, Ph.D (Plt. Kepala PSKP), Dr. Nathan Zoanetti (Research Director, ACER), dan Prof. Dr. Nina Jude (Associate Researcher, DIPF Germany).

Disela-sela acara konferensi, tim Pusmendik memanfaatkan waktu untuk berdiskusi informal dengan Geoff Masters , Andres Schleicher, dan Nathan Zoanetti. Sesi diskusi ini memberikan banyak insight baru mengenai paradigma asesmen dalam dunia pendidikan.

Bali, memang selalu memberikan kesan mendalam. Now, we are coming here together with 350 Pengawas Madrasah dari 10 Provinsi dalam acara "Bimtek Master Trainer Pengawas PKb Guru dan Tendik Madrasah Zona 2" yang diselenggarakan oleh Madrasah Education Quality Reform Tahun 2023 bersama Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama.

Salam Literasi

Grand Ballroom Hotel Aston Denpasar

17-20 Oktober 2023

Widayanti

Pengawas Madrasah Kemenag Kab. Purwakarta

Jawa Barat

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post