Widayanti

Saya lahir di Purwakarta, 23 Oktober 1978. Saat ini saya bertugas sebagai Pengawas Sekolah Muda Pada MTs di Lingkungan Kemenag Kab. Purwakarta Jawa Barat|| Saya...

Selengkapnya
Navigasi Web
CARA MEMBUAT KISI-KISI DAN  SOAL UJIAN (BAGIAN KE-2)

CARA MEMBUAT KISI-KISI DAN SOAL UJIAN (BAGIAN KE-2)

Struktur Komptensi Dasar (KD)

Dalam membuat soal tes, harus diketahui struktur dalam KD, yaitu;

1. Kata kerja

2. Objek (materi)

Contoh KD;

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

Selanjutnya KD diturunkan dalam bejtuk IPK menggunakan KKO Taksonomi Bloom. IPK memiliki ciri sebagai berikut;

1. IPK menggunakan 1 KKO

2. KKO diturunkan dari kata kerja KD

3. Menggunakan KKO yang lebih rendah atau sama dengan KKO pada KD

4. Jumlah IPK minimal sama dengan jumlah amanat yang terdapat pada KD

5. Menggunakan KKO yang dapat diukur

6. Simple,jelas dan mudah dipahami

7. Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar

Indikator Soal (IS)

Setelah menyusun IPK, maka akan debngan mudah membuat indikator soal. Indikator soal mengandung komponen ABCD, yaitu;

1.Audience adalah peserta didik;

2.Behaviour merupakan perubahan perilaku peserta didik yang diharapkan dicapai setelah mengikuti pembelajaran;

3.Condition adalah prasyarat dan kondisi yang harus disediakan agar tujuan pembelajaran tercapai, dan

4.Degree adalah ukuran tingkat atau level kemampuan yang harus dicapai peserta didik.

Berikut contoh IPK dan IS;

Perbandingan Jumlah Soal

Berikut ini perbandingan jumlah soal tiap jenjang, contoh untuk tiap jenjang di SD/ MI, untuk jenjang SMP/MTs dan SMA/MA pun bisa dogunakan persentase yang sama.

Misal;

Kelas 4 : Kelas 5 : Kelas 6 = 20% : 30% : 50%

Perbandingan jumlah soal per level kognitif di MI;

L1 : L2 : L3 = 30% : 50% : 20%

Merandom Kunci Jawaban

Dalam membuat kunci jawaban, kita harus menyebar setiap optiom jawaban, agar merata tidak option tertentu saja sebagai kunci jawaban. Berikut ini rumis merandom kinci jawaban;

Rumus (∑ SOAL : ∑ OPTION) ± 3

Misalnya kita membuat soal PG sebanyak 40 item dengan 4 option. Maka proporsi kunci jawaban adalah :

= (40 : 4) ± 3

= 10 ± 3

Artinya dalam setiap pilihan jawaban maksimal 13 item ( 10 + 3) dan minimal 7 (10 – 3). Selanjutnya kita proporsikan (misalnya) sebagai berikut :

A = 7

B = 13

C = 9

D = 11

Catatan :

– Banyaknya jumlah item diusahakan ganjil, tentu dengan mempertimbangkan keseluruhan jumlah

– Banyaknya proporsi jawaban dari A sampai pilihan terakhir tidak perlu gradasi atau boleh diacak.

Berikut tabel komposisi penyebaran L1, L2, dan L3 pada kisis-kisis soal;

Salam Literasi🙏

Purwakarta, 7 Februari 2021

Widayanti

(Pokjasmad Purwakarta, Dewan Pendidikan, LPTNU, ICMI, IPEMI, BKMT, MUI Jabar, Pokjawasmad Jabar, Dosen)

Tulisan ke- 391

Hari Ke-5 Tantangan 365 Hari Menulis

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Alhamdulillah bertambah lg ilmu. Terima kasih Bu.

07 Feb
Balas



search

New Post