Widayanti

Saya lahir di Purwakarta, 23 Oktober 1978. Saat ini saya bertugas sebagai Pengawas Sekolah Muda Pada MTs di Lingkungan Kemenag Kab. Purwakarta Jawa Barat|| Saya...

Selengkapnya
Navigasi Web
TUGAS DAN FUNGSI PEMBIMBING MANASIK HAJI OLEH KASUBDIT BIMBINGAN JAMAAH HAJI DIRJEN PHU
Tulisan Ke-683

TUGAS DAN FUNGSI PEMBIMBING MANASIK HAJI OLEH KASUBDIT BIMBINGAN JAMAAH HAJI DIRJEN PHU

Materi pertama Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji Profesional Angkatan X Reguler Tahun 2024 disampaikan oleh Dr. H. Kholilurrahman, M.Ag, Kasubdit Bimbingan Jamaah Haji Dirjen PHU Kemenag RI, dengan materi "Tugas dan Fungsi Pembimbing Mamasik Haji".

Jamaah Haji yang Mabrur, merupakan side efek dari Profesionalnya Pembimbinganasik Haji. Sehingga mari kita luruskan niat untukbbing Jamaah Haji sebaik-baiknya.

Tantangan membimbing Haji Lansia;

Petugas Haji lalai berapa jumlah jamaah Haji yang telah melakukan rangkaian haji.

IKJH 2022; 90, 45% (Sangat Memuaskan).

Indeks tertinggi di Indonesia.

Untuk Tahun 2023? Belum tahu.

Kuotab normal 221 ribu Jamaah.

Kuota Tahun 2022, jamaah haji 151 ribu kurang lebih, adanya pbatasan usia maksimal 65 Tahun.

Di Tahun 2023 tidak ada pembatasan usia.Ada lebih dari 10 orang lebih Jamaah Haji yang usianya 100 tahun lebih, semuanya dalam keadaan sehat walafiat. Walaupun di Tahun 2023, jumlah jamaah haji yang meninggal terbanyak sepanjangusim haji, yanitu berjumlah 800an.

Sehingga di tahun 2024, ada syarat Istitho'ah. Jamaah Haji baru bisa melunasi kalau sudah lulus syarat kesehatan, isthothoah. Hal ini merupakan mitigasi resiko dari kejadian di Tahun 2023.

Contoh Survey;

Apakah Jamaah Haji mendapatkan bimbingan Ibadah Haji selama pelaksanaan Ibadah Haji?

Dosonilah, pentingnya keberadaan Pembimbing Manasik Haji Profesional.

Ide dasar Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji;

1. Regulasi

2. Standarisasi

3. Pengakuan Pemerintah

4. Upaya menjawab komplain

5. Pemenuhan Hak Jamaah Haji

Permasalah haji, ada yang setiap tahun berulang, diantaranya;

1. Permasalahan di Madinah, masalah sholat Ar-Ba'in; kapan mulai dan berakhir Ar-Ba'in.

Contoh;

Jika Jamaah Haji sampai jam 10.00, maka Ar-Ba'in dimulai Duhur. Jika sampainya menjelang duhur, maka bisa disepakati Duhur atau Ashar.

Jika mulainya Duhur, maka berakhirnya subuh.

Kenyataan di lapangan, banyak Jamaah Haji tidak menyepakati hal tersebut.

Untuk Tahun 2024, tidak ada lagi Kontrak Ar-Ba'in. Narasi Ar-Ba'in dikurangi, karena Jamaah Haji bervariasi dalam pelaksanaan At-Ba'in, sehingga akan berdampak saat kepulangan ke Indonesia atau pada saat berangkat ke Mekah dalam pelaksanaan Umroh.

Sehingga narasinya dirubah, kedatangan ke Madinah itu untuk Ziarah ke Makam Rasulullah, dan melaksanakan sholat di Nabawi, terserah mau berapa jumlahnya, tidak ditentukan Ar-Ba'in, Jamaah Haji diberikan waktu selama 9 hari di Madinah.

2. Ditemukan ada Jamaah Haji yang linglung, maka sebagai Petugas Haji harus segera diamankan. Banyak kasus kematian itu awalnya karena hilangnya jamaah haji.

Rangkul Jamaah Haji dan tanyakan;

Bapak mau kemana?

Bapak sudah thawaf?

Ada beberapa jamaah yang tidak mengerti apa ittu thawaf.

Ada juga Jamaah haji yang tidak mengerti dimana mulainya hitungan Sa'i.

Intinya, Petugas Haji memiliki list kontrol atau data kendali;

Siapa Jamaah haji yang sudah melaksanakan Thawaf Ifadhah

3. Petugas Haji kaku atau kurang paham tentang hukum dalam rangkaian ibadah haji.

Contoh; pulang ke hotel dulu dan ganti baju, tidak masalah.

4. Waktu yang dilarang melempar jumroh untuk jamaah haji, di waktu-waktu afdol;

-10 Dzulhijjah pada pukul 06.00-10.00

-11 Dzulhijjah pada pukul 14.00-

-12 Dzulhijjah pada pukul 10.30-14.00

Pembelajaran, terjadinya kecelakaan di Mina di Tahun 2015.

Tugas dan Fungsi Pembimbing

Yang harus disiapkan Petugas Haji;

RPH, Rencana Pembingan Haji yang memuat;

-Kapan Jamaah Haji Gel.1 dan Gel.2 diberangkatkan.

-Kapan jadwal berangkat dari Mekah ke Arafah.

Terkait Tarwiyah, setidaknya Pemerintah akan memberikan pelayanan, walaupun secara silent.

Petugas Haji perlu tahu berapa jamaah haji yang Nafar awal dan Nafar Tsani.

Tugas Pembimbing Haji;

1. Gambaran ruang lingkup pekerjaan pembimbing haji.

-Pada tanggal 7 Dzulhijah, bahkan H-5 sudah memberikan pemberitahuan persiapan wukuf di Arafah. Sebaiknya hentikan umroh menjelang wukuf di Arafah, agar sehat saat wukuf.

- Sampaikan kepada Jamaah Haji, kapan berangkat ke Arafah dana pa yang akan dilakukan di Arafah, selanjutnya di Muzdalifah berapa lama dan apa yangd ilakukan, kemudian di Mina berapa lama dan apa saja yang dilakukan. Sehingga jamaah haji bisa menyiapkan barang apa saja yang harus dibawa.

2. Memahamkan Pengetahuan Fiqih Haji

3. Menjelaskan prosesi ibadah

Pentingnya kemandirian jamaah haji dalam melaksanakan rangkaian ibadah haji.

4. Menjelaskan situs perhajian

5. Lain-lain

Pembimbingan Ibadah Haji, dalam jangka panjangnya adalah untuk mewujudkan kandirian Jamaah Haji dalam pelaksanaan rangkaian ibadah haji. Untukencapai hal tersebut;

1. Memperbanyak Petugas Haji bersertifikatsi

2. Banyak mendirikan KBIHU

3.

Pembimbing Manasik Haji harus menguasai;

Fiqih Haji, diantaranya;

1. Macam-macam Haji

2. Macam-macam DAM

3. Miqat

4. Niat dan kedudukannya dalam ibadah

5. Ihram

6. Thawaf

7. Sa'i

8. Wukuf

9. Melontar jumroh

10. Do'a-do'a

Kenapa DAm berbeda?

1. Harga DAM berpariasi , disebabkan oleh jenis kambing. Jamaah ditawarkan 4 jenis Kambing, sehingga berbeda nilai DAM.

2. Terkait berat kambing.

3. Tempat penyembelihan

4. Waktu penyembelihan

Kalau hari Tasyrik, harga mahal, sekitar 100 Real.

Kalau diluar hari tasyrik, lebih murah, sekitar 40 Real.

Pada Tahun 2023, Petugas Haji yang menyembelih, diberikan sertifikat, tercantum keempat hal diatas tersebut, dalam rangka akuntabilitas.

Niat Ihram dari Madinah itu di Bir Ali. Namun, ada saja jamaah yang tidak paham hal tersebut.

Petugas Haji harus menjelaskan miqat makanindan zamani.

Saat ihram, ada saja jamaah yang masih menggunakan celana dalam, Petugas Haji harus "jeli".

Pembimbing Ibadah Haji jangan jatuh marwahnya, dimana tidak bisa memimpin doa. Hal ini terkait dalam kemampuan "Leadership", dimana jamaah haji mengikuti Pembimbing Haji. Pembimbing Ibadah Haji harus hapal doa;

-Saat tiba di Mekah

-Saat tiba di Madinah

-Saat wukuf di Arafah

-Saat tiba di Mina

Di Tahun 2023, Para Pembimbing Haji masih ada yang salah dalam "memenggal bacaan do'a".

Salam Literasi

Asrama Haji Indramayu

17.02.24

Widayanti

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post