wigati hati nurani

Saya Wigati Hati Nurani, sering menggunakan nama pena Whatinurani. Mengajar Teknik Instalasi Listrik Arus Kuat di SMK N 1 Magelang. Meskipun begitu penyuka kary...

Selengkapnya
Navigasi Web

GETUK

#TAGUR KE-0007

GETUK MAGELANG (1)

: Whatinurani

Setiap bertemu orang dan ditanya kota asalnya, sudah pasti Saya menjawab dari Magelang. Karena memang dari kota inilah saya lahir, bertumbuh, sekolah dan akhirnya bisa bekerja juga di kota tercinta.

Bukan itu yang ingin saya ceritakan kali ini. Tetapi masih ada hubungannya juga sih, yaitu saya mau membahas getuk sebagai salah satu kudapan paling terkenal dari kota Magelang.

Getuk ada yang mengartikan, digeget karo mantuk-mantuk. Yang maksudnya, ketika digigit sambil mengangguk-angguk. Mungkin karena empuk, manis dan wangi sebagai ciri khas dari penganan kecil ini.

Setidaknya ada tiga macam jenis getuk yang biasa dijumpai di Magelang, yaitu getuk lindri, getuk gandok dan getuk tiga warna. Getuk lindri dan getuk gandok tidak begitu tahan lama jika akan dijadikan buah tangan atau oleh-oleh, terutama keluar kota. Tetapi getuk tiga warna bisa bertahan sekitar 3 hari, jadi lebih aman jika dibawa keluar kota.

Getuk lindri biasanya dijual keliling atau dipasar dan toko oleh-oleh. Bentuknya seperti mie besar yang dipotong kotak tidak terlalu besar. Getuk gandok diproduksi lebih beraneka bentuk dan warna. Sentra produksi di daerah Karet, Magelang Selatan. Namun beberapa tempat lain juga susah mulai menjamur. Sedangkan getuk tiga warna diproduksi dengan nama yang sudah dikenal, seperti getuk trio dan getuk eco.

( Bersambung)

Sejuta Bunga, 7 Desember 2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post