wigati hati nurani

Saya Wigati Hati Nurani, sering menggunakan nama pena Whatinurani. Mengajar Teknik Instalasi Listrik Arus Kuat di SMK N 1 Magelang. Meskipun begitu penyuka kary...

Selengkapnya
Navigasi Web
UPSKILLING DAN RESKILLING
Foto.Dok Pribadi

UPSKILLING DAN RESKILLING

#TAGUR HARI KE-0014

UPSKILLING DAN RESKILLING PROGRAM JURUSAN LISTRIK DI SMK N 1 MAGELANG

:Whatinurani

Pada tanggal 14-15 Desember 2022 dilaksanakan Upskilling dan reskilling para guru Program Diklat Ketenagalistrikan yang diberijan oleh PT Utilindo Jaya Persada. Disampaikan oleh Renaldo Rizky Yanuar, M.Pd bertempat di Jurusan Listrik SMK Negeri 1 Magelang dengan Materi Smart Home.

Isi Materi Pembuka Smart Home.

Aspek-aspek Smart Home meliputi:

A.Green Building

B.NRE: New Reneable Energi

C.Smart Building

Green building diartikan sebagai Bangunan dengan komposisi tanaman yg dominan.

Bisa diartikan juga sebagai Bangunan baru yg direncanakan dan dilaksanakan atau bangunan yang sudah terbangun yang dioperasilan dengan memperhatikan faktor lingkungan.

Enam kategori umum green building :

1.Tepat guna lahan

2. Konservasi air

3.Kesehatan dan kenyamanan ruang

4. Efisiensi dan konversi energi

5.Sumber dan siklus material

6.Management lingkungan Bangunan

Yang menjadi tanggung jawab berkaitan dengan bidang electrical engineering yaitu efisiensi dan konversi energi, kesehatan dan kenyamanan ruang dan Management lingkungan bangunan.

Implementasi green building, pemilihan lampu tidak hanya memperhatikan daya ( watt ) tetapi juga lumen ( intensitas cahaya), Juga daya lampu per meter.

Contoh kasus penerapan AC. Pada ruang atau gedung pertemuan masih diperlukan tetapi untuk bengkel dengan high risk tidak wajib menggunakan AC, bisa diganti dengan Fan atau Exchause fan. Jadi menentukannya pemakaian AC dari kondisi udara bagus atau tidak.

Kasus lain, penerapan Fluks cahaya ( lumen ) lampu LED dengan dasar lux ( intensitas penerangan = lumen/ m2.) Dengan alat ukur lux meter bisa diukur.

Sejuta Bunga, 14.12.2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ulasan yg keren & informatif.

15 Dec
Balas



search

New Post