Wihelmus Hendra

Terlahir di Pulau Kalimantan, menetap di Pulau Jawa. Membuat setiap kesempatan dan pengalaman menjadi pelajaran berarti. Mengenyam pendidikan di Universi...

Selengkapnya
Navigasi Web
Digital Learning is began in Our School

Digital Learning is began in Our School

Tahun Pelajaran Baru akan segera dimulai, bekal telah kita siapkan melalui rapat kerja tahunan. Ada berbagai program yang telah tersusun dengan baik, dengan harapan akan memberikan hasil yang terbaik bagi anak-anak yang kita layani.

Di Tahun Pelajaran 2018-2019, kita memiliki program unggulan yang memanfaatkan kemajuan teknologi informasi, kita menyebutnya Digital Learning system. Dalam sistem pembelajaran ini, sekolah akan menggunakan media elektronik berupa tablet (tab) sebagai pengganti buku paket cetakan dengan memasukan file-file e-book. Bukan tanpa alasan, hal ini diberlakukan untuk mengurangi penggunaan kertas. Selain itu, penggunaan tab ini juga membantu mengurangi jumlah buku serta berat tas yang harus dibawa oleh siswa. Cukup logis bukan? Tetapi bukan itu saja alasannya, penggunaan sistem pembelajaran ini bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan dan juga sebagai bentuk aplikasi serta pengembangan kurikilum 2013 melalui penggabungan (combination/collaboration) teori pembelajaran dengan media pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan zaman.

Penggunaan tab ini juga telah terkoneksi dengan internet, jadi dengan mudah siswa dapat menemukan informasi yang dibutuhkan mengenai materi pelajaran yang sedang dipelajari, hal ini juga mendukung siswa untuk lebih kreatif dalam menemukan, menganalisis dan mengambil simpulan sebuah informasi. Dengan demikian, siswa akan lebih kaya informasi dan pengetahuan. Tidak hanya itu, dengan media pembelajaran ini banyak fitur pembelajaran yang dapat diakses oleh siswa, seperti kuis, media presentasi berupa gambar, video, atau PowerPoint, membuat animasi, media pengamatan dan lain-lain.

Lalu apakah tidak berbahaya? Apakah tidak takut disalahgunakan? Jelas saja ada bahaya penggunaan internet media elektronik (tab) jika penggunaannya tidak bijak. Namun dalam hal ini, sekolah telah melakukan proteksi terhadap adanya bahaya berupa konten negatif, maupun bahaya kerusakan penglihatan; yaitu dengan membuat tata terib penggunaan, petunjuk teknis serta pelaksanaannya. Dengan demikian, kontrol terhadap bahaya penggunaan tab dan jaringan internet dapat dilakukan dengan mudah serta terjamin keamanannya.

Ayo terus berpacu mencerdaskan anak bangsa.

SDK Sang Timur Pasuruan!! Bring you something new.

Salam Literasi.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post