wilda risna

Nama : WILDA RISNA, S.Pd.SD. Tempat dan tgl lahir: Sawahlunto,08 Januari 1983. Pendidikan DII PGSD UNP dan SI UT. Pernah mengajar di SDN 02 Lunto Timur. S...

Selengkapnya
Navigasi Web
Hari Raya Kurban (Tagur ke-5)

Hari Raya Kurban (Tagur ke-5)

Hari Raya Kurban

Tersebutlah kisah nabi Ibrahim as yang ada di dalam Al-Quran. Nabi Ibrahim di uji iman dan aqidahnya oleh Allah SWT. Ibrahim sudah lama mendambakan seorang anak. Akhirnya dengan kesabaran dan ketekunannya berdoa dan memohon kepada Allah, maka Allah SWT memberikan seorang anak. Anak laki-laki yang paling disayangi oleh Ibrahim as. Anak itu diberi nama Ismail. Ismail juga sangat menyayangi ayahnya Ibrahim.

Ibrahim as mendapat mimpi yang sangat luar biasa, bahwa beliau mendapat wahyu dan perintah dari Allah untuk menyemblih putra tercintanya nabi Ismail. Mimpi itu berulang kali datang kepada Ibrahim as. Maka maka dengan berat hati, diberitahukan mimpi itu kepada istri dan anaknya. Nabi ismail dengan yakin menjawab, jika itu perintah dari Allah SWT, laksanakan ayahku kata Ismail.

Maka tibalah waktunya, proses penyembihan nabi Ismail, bertepatan dengan tanggal 10 Dzulhijjah, proses penyembihan itu digantikan Allah SWT dengan seekor kambing yang sudah ada disampingnya. Disinilah awal perintah berkurban dan ibadah haji. Bagi yang melaksanakan ibadah haji, tidak perlu lagi berpuasa pada tanggal 9 Dzulhijjah.

Hukum puasa pada Arafah adalah sunah muakat (sangat dianjurkan) bagi kaum muslimin yang tidak berhaji. Keutamaan puasa arafah dapat menghapus dosa setahun sebelum dan sesudahnya. Pada tanggal 10 Dzulhijjah disunahkan puasa sebelum melaksanakan sholat idul Adha.

10 Dzulhijjah Aidil Adha

Hari raya kurban juga namanya

Semua umat islam merayakannya

Sholat berjamaah 2 rakaat

Nabi Ibrahim korbankan anaknya

Karena patuh pada perintah Allah

Anaknya diganti seekor kibas

Itulah kisahnya di dalam Al-Quran.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post