wirdayane

Wirdayane,S.Pd.SD Lahir di Padang pada tanggal 27 Oktober 1970. Bertugas di SDN 017 Seberang Tembilahan sejak 1998 sampai sekarang. Tinggl di Jalan Telaga Bi...

Selengkapnya
Navigasi Web
Karmakah Ini?

Karmakah Ini?

Biasanya bulan Desember identik dengan hujan dan banjir.Curahan hatiku setiap bulan Desember tentang banjir dan hujan dalam puisi kini berubah.Desember tidak lagi sedasyat bulan Januari.

Sepuluh tahun tinggal di kota Tembilahan,saat ini kurasakan banjir menggenangi rumahku.Semua rata dengan air.Air masuk bukan dari pintu,karena banjir ini akibat air pasang,tapi lewat saluran pembuangan dar kamar mandi,mengaliri semua ruangan yg ada di rumahku.Ya Allah seperti mimpi aku melihat rumahku.Tak ada yang di sisakannya semua penuh dengan air seperti kolam renang.

Kini bukan Desember yang kutangisi tapi Januari yang kuratapi.Air di waktu keci jadi kawan saat besar jadi lawan.Dengan mudah air memenuhi ruanganku tapi begitu sulit aku mengeluarkannya dari rumahku.

Dua har ini kami sekeluarga bekerja mengeluarkan air dari rumah dan membersihkan sampah yang dibawanya.Sampai kapan ini?.Mudahan bukan karma bagiku yang menganggap Desember membawa petaka tapi di Januarilah musibah ini melanda

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Banjir itu terjadi karena faktor alam atau akibat perbuatan manusia, atau karena keduanya terjadi bersamaan. Cari faktor penyebabnya segera selesaikan sumber masalahnya, salam literasi

04 Jan
Balas

Banjir di sini akibat air pasang pak atau banjir Rob,biasanya tsk sedalam ini.Tahun ini luarbiasa dalamnya,daratan seperti lautan.Memang daerah kami di dataran rendah,daerah gambut dan rawa.

04 Jan

Oh iya kalau banjir rob pemicunya gaya gravitasi bulan dan matahari, pasang maksimal saat purnama dirawat sekitar pantai dan muara sungai/sungai yang terhubung dengan laut , idealnya dikawasan rawa ada bakau/barieer buatan manusia. Bisa juga akibat pengaruh global warming dimana muka air laut mengalami peningkatan akibat mencairnya es abadi diwilayahnya kutub atau juga akibat gerak geologi epirogenesa. Sabar saja Bu, solusinya migrasi ke daerah yang lebih tinggi dari permukaan air. Kalau dikaitkan dengan karma bisa juga, sabar yach

04 Jan
Balas

Makasi pencerahannya pak mulya. Sebenarnya rumah saya udah dibuat tinggi dari padang tertinggi saat itu,tetapi srkarang jadi rendah.Menurut infonya tanah atau darstan kami itu labil pak,setiap tahun tanahnya turun 5 cm,sehingga setiap tahun makin banyak daerah yg terendam air pasang,ditambah lagi kebiasaan warga buang sampah ke sungai.Untuk migrasi ke daerah yg tinggi juga susah pak,karena biaya pembuatan rumah mahal krn berada di daerah rawa.InsyaAllah dabar pak,makasi ya pak.

04 Jan

mudahan besok pasang nya surut..

04 Jan
Balas

Iya efi,udah caoek rasanya membersihkan rumah. Makasi kawan udah hadir.

04 Jan
Balas



search

New Post