wisnawati drh

drh. Wisnawati lahir di Pariaman, 03 September 1965. Menamatkan profesi dokter hewan pada tahun 1991 di Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Pada tahun 199...

Selengkapnya
Navigasi Web
PERJALANAN SANG SUKUN

PERJALANAN SANG SUKUN

Tubuhku yang tua sudah tak sanggup bergelantung pada dahan yang sudah mulai menua seperti diriku. Duriku tidak tajam lagi. Tapi aku semakin tua semakin menawan. Banyak tamu dihotel melirikku. Aku tumbuh dan hidup disamping hotel mewah di Pasaman Barat.

Suatu hari anak pemilik hotel memotret aku, tentunya dengan gaya ketuaan yang selalu menggiurkan banyak orang. Kudengar anak pemilik hotel menghubungi seseorang di Pariaman dan mengirimkan hasil potretan diriku.

Beberapa tamu hotel selalu melirik dengan penuh selera. Banyak dari tamu hotel yang meminang diriku. Rupanya aku sudah dikitbah oleh seorang dokter hewan yang dihubungi anak pemilik hotel. Tidak berapa lama anak pemilik hotel yang kami panggil dengan kak Wiwin membawa sebuah spidol dan menuliskan sebuah nama di kulitku yang sudah tidak tajam lagi.

“Sukun dua hari lagi kamu ikut kak Wiwin ke Pariaman tempat tante dokter hewan ya, kata kak Wiwin.”

Akupun rasanya bahagia kalau aku bisa bertemu dengan tantenya kak Wiwin seorang dokter hewan. “Wah seperti apakah tante kak Wiwin, pasti keren pikirku.”

Pagi yang cerah matahari merah menyala, menyengat kulitku yang sudah semakin tua. Aku rasanya sudah tidak kuat bertahan. “Datang kak Wiwin, sukun hari ini kita ke Pariaman ya.”Kak Wiwin mengambil aku dari ranting tempat aku bergelayut. Rasanya lega badanku. Aku ditenteng kak Wiwin. Kami berangkat, kak Wiwin membawa 3 ekor kucing kesayangannya. Satu tangan kak Wiwin menenteng diriku, satu lagi pet cargo.

Kami naik travel dari Simpang Empat Pasaman Barat menuju Pariaman. Menempuh perjalanan sekitar 119 km dengan waktu tempuh lebih kurang 2,5 jam. Kak Wiwin memegangku sangat hati-hati. Kulitku sudah mulai rapuh dan dagingku sudah mulai agak lembek.

Separuh perjalanan di daerah Bawan, sudah masuk kabupaten Agam travel yang kami tumpangi mengalami kecelakaan. Travel menabrak sebuah sepeda motor. Kami akhirnya lama berurusan dikantor polisi. Kucing kak Wiwin sudah mengeong-ngeong kepanasan, sementara diriku juga sudah mulai gerah. Tapi kak Wiwin selalu memegangku erat-erat. Semestinya siang kami sudah sampai ke Pariaman, akhirnya kami sampai sore. Kak Wiwin sudah kelaparan, begitu juga dengan kucingnya.

Memasuki kota Pariaman dengan ciri khas tugu tabuiknya, aku berpikir seberapa jauh lagikah perjalanan ini. Ternyata tidak berapa jauh. Travel yang kami tumpangi memasuki komplek perumahan. Travel berhenti pada sebuah rumah yang bertulisan Pet shop dan klinik hewan Thibbul Hayawan. Aku berpikir pasti ini tempat bu dokter yang mengkitbahku.

Kak Wiwin turun serta semua barang bawaannya, tentu dengan 3 ekor kucing kesayangan. “Tante, ini pesanan udah dibawain teriak kak Wiwin.” Muncul seorang perempuan dengan penampilan sederhana dari ruang praktik. Aku berpikir apakah ini tantenya kak Wiwin yang dokter hewan itukah ?

Begitu melihat diriku , langsung binar-binar bahagia terpancar dari matanya. Kak Wiwin menyerahkan aku ke dokter hewan tantenya kak Wiwin. Oh ternyata wanita separuh baya dengan penampilan sederhana ini yang mengkitbahku. Akupun bahagia bisa membahagiakan ibuk dokter hewan ini. Perjalanan yang melelahkan tidak terasa begitu melihat binar bahagia dimatanya.

“ Cemilan habis maghrib kita buat goreng sukun, kata bu dokter,” Dia membelai tubuhku. “Wah ini sukun enak betul, matang dipohon.” Perjalananku tidak sia-sia dari Pasaman Barat menuju Pariaman.

Pariaman, 28 Maret 2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Alhamdulillaah, keren tulisannya, sehat bersama keluarga, sukses bu Wisnawati

28 Mar
Balas

Sudah follow back

29 Mar

Mantap uraiannya Bu dokter...

29 Mar
Balas

Makasi bunda sudah mampir

29 Mar

Keren tulisannya. Salam sehat dan bahagia selalu Bunda dokter.

29 Mar
Balas

Makasi bunda. Salam sehat dan sukses selalu bunda.

29 Mar



search

New Post