Wita Mustafa

Ibu dari tiga orang anak perempuan ini bernama lengkap Wita Mustafa, SS ini lahir di Pariaman pada 21 Mei 1974. Ia alumnus Universitas Bung Hatta jurusan Sastra...

Selengkapnya
Navigasi Web

Kompor Literasi LPMP Sumbar

Dalam rangka membangkitkan minat menulis dikalangan guru-guru dan staf LPMP Sumatera Barat, LPMP Sumatera Barat mengadakan kegiatan Bimtek Literasi Penulisan Buku bagi Staf , Widiyaiswara LPMP Sumatera Barat dan beberapa orang guru.

Bimtek dilaksanakan selama tiga hari dan mendatangkan Narasumber dari Gurusiana, Pimpinan Umum Media Guru Mohammad Ihsan dan Pemimpin Redaksi Eko Prasetyo. Peserta diberikan pengarahan mengenai bagaimana cara menulis dan menuangkan pikiran ke dalam kertas. Narasumber juga memberikan latihan-latihan yang mau tidak mau harus dikerjakan oleh peserta. Selama mengikuti pelatihan peserta di genjot untuk menghasilkan sebuah tulisan. Selama pelaksanaan kegiatan Bimtek, Peserta diarahkan untuk mencoba menulis sebuah tulisan tentang diri sediri, membuat out line tulisan, Sinopsis, praa kata, endorsmen dan Profil penulis.

Kegiatan berlangsung dari tanggal 11 s.d 13 desember 2017 dimulai dari pukul 07 : 30 WIB dan diakhiri pukul 21 : 30 WIB. Namun peserta seperti kekurangan waktu untuk menyelesaikan latihan yang diberikan Narasumber. Peserta kelihatan sangat antusias dan menyelesaikan semua tugas yang diberikan Narasumber walaupu dengan penuh perjuangan dan mengerahkan semua daya dan upaya.

Sebagai orang yang baru pertama kali belajar menulis, ini menjadi pengalaman yang paling berharga dan memberi banyak pengalaman baru yang mendorong saya untuk mencoba menuangkan isi pikiran saya kedalam bentuk tulisan. Ketika kita menuangkan pikiran kedalam bentuk tulisan, pada awalnya memang terasa sulit dan saya selalu mengalami kesulitan menemukan kata-kata untuk menuangkannya. Padahal sungguh banyak yang mendesak untuk dikeluarkan. Mungkin ini membutuhkan banyak latihan dan pembiasaan untuk menuangkannya kedalam bentuk tulisan.

Setelah kegiatan ini berakhir, diharapkan peserta mampu menghasilkan sebuah tulisan. Tulisan awal yang diharapkan menjadi pemicu untuk menciptakan karya-karya besar yang menjadi karya terbaik dan dikenal banyak orang. Paling tidak pembiasan menulis dari diri menjadi langkah awal untuk menjadikan menulis sebagai kebutuhan dalam diri sendiri.

Secara pribadi, saya merasakan manfaat yang sangat besar dari mengikuti bimtek ini. Paling tidak saya bisa merasakan, bahwa dengan menulis kita bisa berbagi ilmu, pengalaman yang mudah-mudahan berguna bagi banyak orang. Dengan membiasakan diri menulis otomatis potensi yang ada dalam masing-masing pribadi bisa digali, karena masing-masing pribadi merupakan pribadi yang unik, yang mempunyai ciri khas sendiri dan berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Semangat ya bu salam kenal saya sri hartuti husin guru tk di agam saya sdh launcing buku di kemendikbud pada peringatan hari guru nasional judul buku Menulis itu Asik nanti bisa ibu lihat di Media guru

13 Dec
Balas

salam kenal bu,,,...trims

13 Dec

Selamat ya wit, tulisannya mantap. Pak Eko dan Mas Eko telah berhasil menyalakan kompor daya tulis wit... selamat, menyalalah terus...

13 Dec
Balas

Sukses Wiiiiiiit

13 Dec
Balas

Mantap Ni Wita, semoga banyak menghasilkan tulisan-tulisan lainnya

13 Dec
Balas



search

New Post