Wiwik Setiandani, SE, M. Pd

Nama saya bu Wiwik Setiandani. Ibu dari 4 anak. Lahir di jakarta, 29 September 1976. Alamat :Kampung Cikoleang, Desa:Sukamulya, Rumpin-Bogor,16350. Pendidikan S...

Selengkapnya
Navigasi Web

Tema Bauran promosi perpustakaan

BAURAN PEMASARAN UNTUK PERPUSTAKAAN

#Tsntangan gurusiana

Hari ke 99

Bauran pemasaran merupakan seperangkat dalam pemasaran yang digunakan organisasi untuk mencapai tujuan pemasarannya di pasar sasaran. Bauran pemasaran di perpustakaan merupakan bagian dari perencanaan pemasaran yang ditentukan atas dasar hasil-hasil dari kajian lingkungan pemasaran, riset pasar, kajian pengguna, serta kajian kualitas produk yang ditawarkan.

Sebelumnya kita menentukan sasaran promosi perpustakaan berdasarkan kelompok pemustaka berdasarkan jenis perpustakaan, yaitu. :

1. Perpustakaan Nasional RI

2. Perpustakaan umum

3. Perpustakaan sekolah/Madrasah

4. Perpustakaan Perguruan tinggi

5. Perpustakaan khusus

Adapun sasaran promosi perpustakaan sebagai berikut yaitu :

Pertama, Perpustakaan Nasional sasaran promosi nya adalah masyarakat luas nasional dan internasional.

Kedua, Perpustakaan khusus, sasaran promosinya adalah masyarakat yang dilayani khusus, terbatas pada orang-orang instansi sebagai lembaga induk perpustakaan.

Ketiga, Perpustakaan Perguruan Tinggi , sasaran promosinya adalah mahasiswa, pengajar, dan peneliti di perguruan tinggi.

Keempat, Perpustakaan Sekolah /Madrasah, sasaran promosinya adalah murid dan guru di sekolah tersebut.

Kelima, Perpustakaan umum, sasaran promosinya adalah masyarakat luas di sekitar perpustakaan.

Adapun kelompok pemustaka berdasarkan umur, yaitu :

1. Untuk kelompok usia 2-4 tahun biasanya minat membacanya pada cerita fiksi.

2. Untuk usia 4-8 tahun biasanya minat membacanya seputar cerita dongeng.

3. Untuk kelompok 8-11 tahun biasanya minat membacanya seputar cerita petualangan

4. Untuk usia 12-15 tahun biasanya minat membacanya seputar cerita kepahlawanan.

5. Untuk usia 15-20 tahun, biasanya seputar cerita romantis.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post