Wiwik Setiandani, SE, M. Pd

Nama saya bu Wiwik Setiandani. Ibu dari 4 anak. Lahir di jakarta, 29 September 1976. Alamat :Kampung Cikoleang, Desa:Sukamulya, Rumpin-Bogor,16350. Pendidikan S...

Selengkapnya
Navigasi Web

Tema Perpustakaan (78)

STANDAR NASIONAL PERPUSTAKAAN

#Tantangan Gurusiana

Tantangan Menulis ke 78

Untuk menyelenggarakan kegiatan Perpustakaan nasional, haruslah mempunyai acuan untuk uji kelayakan perpustakaan. Dan dalam hal ini harus mengacu kepada Standar Nasional Perpustakaan. Adapun Standar Perpustakaan ada empat jenis, yaitu. :

1. Standar Nasional Perpustakaan tingkat SD atau MI.

2. Standar Nasional Perpustakaan tingkat SMP/MTs.

3. Standar Nasional tingkat SMA/MA

4. Standar Nasional tingkat perguruan tinggi

Yang pertama yang akan penulis bahas adalah Standar Nasional tingkat SD. Adapun Standar Nasional tingkat SD meliputi :

-Standar koleksi

Sarana pra sarana

Layanan

Tenaga

Penyelenggaraan

Pengelolaan

Pengorganisasian bahan pustaka

Anggaran

Perawatan

Kerjasama

Integrasi dengan kurikulum

Kesebelas standar ini digunakan sebagai acuan penyelenggaraan perpustakaan sekolah tingat Sekolah Dasar. Dan sebagai acuan normatif sesuai dengan Permendiknas no. 24 tahun 2007 tentang standar sarana dan prasarana untuk sekolah, Perpustakaan nasional , Daftar Tajuk Subjek Perpustakaan Nasional Jakarta:2010, Perpustakaan Nasional Peraturan Pengatalogan Indonesia, Jakarta:2007, Perpustakaan Nasional, Terjemahan Klasifikasi Dewey Decimal, Jakarta, 2010.a

Dalam kegiatan penyelenggaraan perpustakaan ada beberapa istilah dan definisi Perpustakaan, yaitu. :

Pertama, cacah ulang

Yaitu kegiatan penghitungan kembali koleksi yang dimiliki perpustakaan agar di ketahui profil koleksi, jajaran katalog yang tersusun rapi serta dapat mencerminkan keadaan koleksi sebenarnya.

Kedua, Literasi Informasi (Information Literation)

Yaitu kemampuan untuk mengenal kebutuhan informasi untuk memecahkan masalah, mengembangkan gagasan, mengajukan pertanyaan penting, menggunakan berbagai strategi pengumpulan informasi, menetapkan informasi, menetapkan informasi yang cocok relevan dan otentik.

Ketiga, layanan baca

Layanan yang langsung berhubungan pembaca atau pemakai jasa perpustakaan

Keempat, layanan tehnis

Layanan yang tidak langsung berhubungan dengan pembaca yang pekerjaannya mempersiapkan bahan perpustakaan untuk terselenggaranya layanan baca.

Kelima, pemustaka

Yaitu pengguna perpustakaan, yaitu perorangan, kelompok masyarakat atau lembaga yang memanfaatkan fasilitas layanan perpustakaan.

Keenam, Penyiangan koleksi

Kegiatan mengeluarkan bahan perpustakaan yang sudah tidak di pakai di perpustakaan.

Ketujuh, perpustakaan sekolah

Perpustakaan yang berada pada satuan pendidikan formal di lingkungan pendidikan dasar dan menengah yang merupakan bagian integral dari kegiatan sekolah yang bersangkutan dan merupakan pusat sumber belajar untuk mendukung tercapainya tujuan pendidikan sekolah yang bersangkutan.

Kedelapan, perpustakaan Sekolah Dasar/MI

Perpustakaan yang berada pada satuan pendidikan formal di lingkungan Sekolah Dasar/MI yang merupakan bagian integral dari kegiatan Sekolah Dasar/MI yang bersangkutan.

Kesembilan, rombongan belajar

Kelompok peserta didik ysng terdaftar pada satu satuan kelas.

Kesepuluh, tenaga perpustakaan sekolah

Tenaga kependidikan yang di beri tugas tehnis serta tanggung jawab

Bersambung

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terimakasih infonya Bunda

02 Apr
Balas

Siip trims infonya bun

02 Apr
Balas



search

New Post