Tema Perpustakaan (78)
STANDAR NASIONAL PERPUSTAKAAN
#Tantangan Gurusiana
Tantangan Menulis ke 78
Untuk menyelenggarakan kegiatan Perpustakaan nasional, haruslah mempunyai acuan untuk uji kelayakan perpustakaan. Dan dalam hal ini harus mengacu kepada Standar Nasional Perpustakaan. Adapun Standar Perpustakaan ada empat jenis, yaitu. :
1. Standar Nasional Perpustakaan tingkat SD atau MI.
2. Standar Nasional Perpustakaan tingkat SMP/MTs.
3. Standar Nasional tingkat SMA/MA
4. Standar Nasional tingkat perguruan tinggi
Yang pertama yang akan penulis bahas adalah Standar Nasional tingkat SD. Adapun Standar Nasional tingkat SD meliputi :
-Standar koleksi
Sarana pra sarana
Layanan
Tenaga
Penyelenggaraan
Pengelolaan
Pengorganisasian bahan pustaka
Anggaran
Perawatan
Kerjasama
Integrasi dengan kurikulum
Kesebelas standar ini digunakan sebagai acuan penyelenggaraan perpustakaan sekolah tingat Sekolah Dasar. Dan sebagai acuan normatif sesuai dengan Permendiknas no. 24 tahun 2007 tentang standar sarana dan prasarana untuk sekolah, Perpustakaan nasional , Daftar Tajuk Subjek Perpustakaan Nasional Jakarta:2010, Perpustakaan Nasional Peraturan Pengatalogan Indonesia, Jakarta:2007, Perpustakaan Nasional, Terjemahan Klasifikasi Dewey Decimal, Jakarta, 2010.a
Dalam kegiatan penyelenggaraan perpustakaan ada beberapa istilah dan definisi Perpustakaan, yaitu. :
Pertama, cacah ulang
Yaitu kegiatan penghitungan kembali koleksi yang dimiliki perpustakaan agar di ketahui profil koleksi, jajaran katalog yang tersusun rapi serta dapat mencerminkan keadaan koleksi sebenarnya.
Kedua, Literasi Informasi (Information Literation)
Yaitu kemampuan untuk mengenal kebutuhan informasi untuk memecahkan masalah, mengembangkan gagasan, mengajukan pertanyaan penting, menggunakan berbagai strategi pengumpulan informasi, menetapkan informasi, menetapkan informasi yang cocok relevan dan otentik.
Ketiga, layanan baca
Layanan yang langsung berhubungan pembaca atau pemakai jasa perpustakaan
Keempat, layanan tehnis
Layanan yang tidak langsung berhubungan dengan pembaca yang pekerjaannya mempersiapkan bahan perpustakaan untuk terselenggaranya layanan baca.
Kelima, pemustaka
Yaitu pengguna perpustakaan, yaitu perorangan, kelompok masyarakat atau lembaga yang memanfaatkan fasilitas layanan perpustakaan.
Keenam, Penyiangan koleksi
Kegiatan mengeluarkan bahan perpustakaan yang sudah tidak di pakai di perpustakaan.
Ketujuh, perpustakaan sekolah
Perpustakaan yang berada pada satuan pendidikan formal di lingkungan pendidikan dasar dan menengah yang merupakan bagian integral dari kegiatan sekolah yang bersangkutan dan merupakan pusat sumber belajar untuk mendukung tercapainya tujuan pendidikan sekolah yang bersangkutan.
Kedelapan, perpustakaan Sekolah Dasar/MI
Perpustakaan yang berada pada satuan pendidikan formal di lingkungan Sekolah Dasar/MI yang merupakan bagian integral dari kegiatan Sekolah Dasar/MI yang bersangkutan.
Kesembilan, rombongan belajar
Kelompok peserta didik ysng terdaftar pada satu satuan kelas.
Kesepuluh, tenaga perpustakaan sekolah
Tenaga kependidikan yang di beri tugas tehnis serta tanggung jawab
Bersambung
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar
Terimakasih infonya Bunda
Siip trims infonya bun