wiwin sumariyati

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Maaf, Pengakuan yang Jujur

Menjelang Hari raya Idul Fitri, di mana-mana bertaburan kata maaf, di medsos, pada kartu lembaran, pada media cetak. Dari teman, saudara, orang yang tak dikenal. Bisa jadi minta maaf sungguhan atau sekedar ikut-ikutan.

Maaf, kata yang bermakna mengaku salah meski tidak sengaja. Keberanian meminta maaf lebih sempurna bila disebutkan salahnya. Tapi itu jarang terjadi. Ada kekhawatiran bila jujur malah tidak dimaafkan.

Maaf bukan sekedar ucapan basa-basi. Alangkah baiknya jika maaf terucap atau tertulis sesegera mungkin begitu seseorang sadar telah melakukan kesalahan atau sengaja mengganggu orang lain.

Maaf, lebih ringan terucap, tatkala seseorang sudah terbiasa mengucapkan setiap saat, setiap kali bertemu sahabat, teman, atau seseorang sambil berjabat tangan disertai doa.

Betapa indahnya, bila setiap orang terbiasa mengucap maaf sebelum mengawali sebuah pembicaraan atau urusan. Kata maaf memperhalus Budi pekerti. Tradisi Jawa lebih hebat lagi. Sebelum mengawali pembicaraan atau memotong pembicaraan orang lain selalu terucap" Nuwun Sewu, pangapunten," baru menyampaikan keinginannya. Itupun dengan kata yang santun dan sikap yang sopan. Tapi perilaku itu mulai pudar dan jarang terlihat. Justru yang sering tampak tontonan dan contoh yang kurang baik saat mengeluarkan pendapat.

Maaf, selalu terlontar dari seseorang yang rendah hati, maaf bagian dari Budi pekerti. Bagian dari budaya Indonesia yang wajib dilestarikan, dibudayakan kembali jika sudah mulai langka. Setiap saat, di manapun berada.

Berbagai masalah akan selesai dengan cara-cara yang sederhana tatkala setiap jiwa memahami makna maaf dan tidak menyalah gunakan kata maaf untuk menutupi kekurangannya.

Yang lebih hebat dari kata maaf, adalah belajar memaafkan, sebelum seseorang meminta maaf. Ini ajaran Rasulullah Muhammad SAW yang Beliau contohkan dalam perilaku sehari-hari. Memang tidak mudah, perlu latihan dan terus berbenah. Hanya orang-orang pilihan yang mampu melakukannya. Legawa, tak pernah sakit hati, selalu tersenyum dan awet muda. Tak ada beban dalam hidupnya dan selalu bersyukur apapun yang terjadi. Bukankah ini luar biasa. Semoga kita tergolong sebagai orang-orang yang pemaaf. Yaa Robb, jadikan kami pemaaf yang bijak, aamiin....!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Amin, semoga kata maag selalu hadir dari lisn kita

24 Jun
Balas

Seruju banget nih dengan kalimat, "Maaf, selalu terlontar dari seseorang yang rendah hati, maaf bagian dari Budi pekerti." Minal aidin wal faizin bu.

24 Jun
Balas

Taqobbalallahu Minna wa minkum Mas, semoga tulisan kita bermakna, aamiin...!

24 Jun

Memaafkan orang yg mengakui kesalahannya menjadi sikap yg saya wajibkan pd diri sy. Tantangan terjadi, ketika orang telah salah bahkan jelas merugikan kita, sedang ia tak menyadarinya, apakah mudah memaafkannya saat bertemu di hari yg fitri? Perjuangan itu pernah kualami.

24 Jun
Balas

Bagaimana akhirnya? Bisa memaafkan? Terasa lega tatkala seseorang bisa memaafkan

25 Jun

aamiin ya Allah...Kata maaf adalah kata kunci yg luar biasa, menetralkan suasana...adem dengarnya, apalagi disertai dgn cara yang santun, ktk kata maaf itu diucapkan..

24 Jun
Balas

^_^

24 Jun

Memaafkan merupakan perbuatan yg luar biasa , kata "maaf" itu akan dilakukan jika memahami isinya apa yg akan berdampak pada prilaku aktifitas berikutnya ... Seperti prilaku orang jawa "ngapunten dst" saya sangat apresiasi semoga qt bisa melakukannya ... seperti yg ditulis diatas

24 Jun
Balas

Aamiin...!

24 Jun



search

New Post