WIWIT KESWARI

WIWIT KESWARI, S,Si, M.Pd...

Selengkapnya
Navigasi Web
GURU JADI YOUTUBER

GURU JADI YOUTUBER

Selama masa pandemic Covid 19, tepatnya sejak 18 Maret 2020 pemerintah merumahkan peserta didik. Bukan berarti meliburkan, tapi kita tetap belajar tetapi belajar dari rumah. Semua kegiatan pembelajaran dilakukan dari rumah, ujian sekolah pun dari rumah, mengingat peserta didik merupakan pihak yang paling rawan terpapar covid tak terkecuali siswa SMA sekalipun. Tidak diperkenankan ada pembelajaran di sekolah.

Sebagai guru, kita harus memutar otak untuk menjadi kreatif dalam melaksanakan dan menyiasati pembelajaran dari rumah ini, supaya para siswa bisa memahami materi yang dibelajarkan. Apalagi saya sebagai guru matematika. Belajar langsung di kelas saja dengan latihan soal langsung dibimbing, bisa belajar berkelompok, bisa bertanya langsung jika ada yang tidak dipahami, paling-paling setengahnya yang bisa langsung mengerti materi yang disampaikan. Sekarang kita tidak bertemu muka face to face, kita tidak bisa langsung berkomunikasi dengan siswa, walaupun ada teknologi bernama zoom meeting atau google meet tetap saja kita tidak selalu bisa dimanfaatkan setiap saat. Banyak kendala yang dihadapi, jaringan internet yang tidak stabil, belum lagi ketersediaan kuota para siswa. Bisa dibayangkan kalau setiap guru mata pelajaran memanfaatkan zoom meeting atau google meet setiap hari, berapa kuota yang harus disiapkan. Pembelajaran akan menjadi sangat mahal, orang tua pasti keberatan.

Untuk memudahkan para siswa memahami pembelajaran, saya membuat slide presentasi menggunakan power point (ppt) yang diusahakan sejelas mungkin, jadi kata-kata yang seharusnya saya ucapkan untuk menjelaskan saya tuliskan di power point tersebut, sehingga untuk satu materi saja bisa sampai 50 slide bahkan lebih, saya siasati dengan memecahnya dalam beberapa sub materi. Ppt ini saya share di Classroom, dengan begitu siswa bisa mendownload dan mempelajarinya sendiri. Selain membuat ppt, saya juga memanfaatkan voice note di WhatsApp. Saya merekam apa yang harus dijelaskan di grup WhatsApp kelas, dan para siswa bisa bertanya dengan cara chat atau menggunakan voice note juga. Kelemahan menggunakan voice note adalah memori Handphone kita bisa cepat penuh.

Akhir-akhir ini, di grup WhatsApp beberapa rekan guru banyak menshare video-video pembelajaran yang mereka buat dan menguploadnya di youtube. Saya pun tak ketinggalan melakukan hal yang sama, saya mempunyai chanel youtube sendiri sebagai media untuk menjelaskan dan mensiarkan matematika, walaupun video pembelajaran yang saya share belum banyak. Kalau dahulu youtube merupakan sarana hiburan, sekarang youtube dimanfaatkan sebagai sarana pembelajaran. Dengan membuat video pembelajaran dan diupload di youtube diharapkan siswa bisa dan mau belajar sendiri, mengulang materi pelajaran berkali-kali sampai mereka paham.

Rangkasbitung, 07 November 2020: Jam 07.25

#Menulis hari ke 17

#MediaGuruIndonesia

#GuruSiana

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post