Wurti

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Modal Insani

#Tantangangurusiana

Tantangan Hari ke-82

Modal Insani

Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alam hingga menjadi daya tarik tersendiri bagi bangsa lain di dunia ini. Kekayaannya menjadi magnet hingga pada akhirnya bangsa ini mengalami masa penjajahan yang begitu lama. Setelah merdeka, Indonesia mulai bangkit untuk mensejajarkan diri dengan bangsa-bangsa lain. Pengelolaan sumber daya untuk membangun negara tidak hanya didasarkan pada eksplorasi dan eksploitasi sumber daya alamnya saja melainkan sudah merambah pada peningkatan kualitas sumber daya manusia. Untuk itu pendidikan merupakan hal yang sangat penting dalam rangka membangun sumber daya manusia.

Menurut Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003, pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

Melalui pendidikan, kualitas manusia diharapkan dapat meningkat. Keberlangsungan suatu bangsa selain bergantung pada sumber daya alamnya, bergantung pula pada kualitas sumber daya manusianya. Jadi, modal manusia memiliki peran yang sangat penting.

Human capital atau modal insani memiliki peran yang sangat besar dalam mentransformasikan kondisi sosial ke arah yang lebih maju dan bermutu. Oleh karena itu pengembangannya menjadi suatu keharusan dan kebutuhan dalam upaya membangun sumber daya manusia yang handal. Pendidikan merupakan wahana dalam membentuk dan mempersiapkan human capital agar manusia lebih berkualitas. Oleh karena itu pendidikan perlu terus berupaya dalam mengantisipasi perubahan yang sangat cepat yang terjadi di masyarakat.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post