Wuryanti Wuryanti

Nama : Wuryanti, M.Pd Kompetensi Keahlian : Akuntans...

Selengkapnya
Navigasi Web

TERUSIK MEMBUAT KARYA LITERASI

23 Desember 2018

Pada liburan sekolah tepatnya tanggal 22-23 Desember 2018, asosiasi guru penulis (AGP) kabupaten Kendal bekerjasama dengan MediaGuru mengadakan pelatihan sagusabu (satu guru satu buku) di gedung DPDD Kabupaten Kendal. Pelatihan ini dihadiri berbagai nara sumber dan 131 peserta pelatihan dari kalangan guru, mahasiswa, widyaiswara, pengawas sekolah maupun siswa. Peserta pelatihan berasal dari wilayah Kendal dan sekitarya bahkan ada yang berasal dari luar pulau Jawa.

Menurut Prapto Utomo, S.H ketua DPRD Kabupaten Kendal mengatakan siap memfasilitasi kegiatan apapun dimasa yang akan datang dan mempersilahkan aula dewan dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Kendal Dalam kegiatan ini ketua DPRD sekaligus mengukuhkan kepengurusan Asosiasi Guru Penulis kabupaten Kendal Drs. Utomo , M.Pd pengawas pembina Disdikbud Jawa Tengah diamanahi sebagai ketua harian AGP Kendal dan sekaligus penyerahan hasil , karya guru-guru kabupaten Kendal kepada ketua DPRD

Dengan komitmen yang kuat, Insya Allah saya optimis kegiatan ini dapat menghasilkan karya-karya dari guru penulis baru di Kendal terang Sunarto, pengurus AGP kabupaten Kendal, Ketua MKKS SMA dan Kepala SMA N 1 Kendal .

Eko Supriyanto nara sumber dariMedia Guru dengan semangat yang luar biasa, menyajikan materi sangat jelas, dengan diselingi humor yang mampu membuat peserta pelatihan aktif mengikuti pelatihan . Materi tidak hanya disampaikan secara teoritis berupa konsep namun juga disertai praktik berupa pemberian tugas yang harus diselesaikan oleh peserta pelatihan. Pemberian tugas membuat peserta pelatihan memiliki pengalaman nyata membuat kolumn, sinopsis, berita, profile penulis dan buku. Umpan balik diberikan secara cepat oleh nara sumber atas tugas-tugas yang telah diselesaikan peserta pelatihan, hal ini mimiliki nilai positif, peserta pelatihan dapat mengetahui kekurangan dan kebenaranya atas tugas yang dibuat.

Kegiatan ini diakhir dengan penyajian tugas yang telah berhasil dibuat peserta pelatihan sebagai dasar pembuatan buku dalam jangka waktu satu bulan kedepan satu guru satu buku. Buku merupakan salah satu jenis karya ilmiah yang dibuat guru agar dapat meningkatkan jenjang kepangkatan sebagaimana yang tertera dalam Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 84 Tahun 1993 Tentang Jabatan Fungsional Guru Dan Angka Kreditnya. Kegiatan pelatihan ditutup oleh Agus Rifai, M.Pd Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kendal dengan bacaan hamdalah.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post