Dr. Hj. Yanti Dasrita, M.Si

Kepala SMAN 2 Tambang Kab. Kampar Prov. Riau; Penilai AK Jabfung Guru Provinsi Riau; Pengurus MKKS Kampar; AKSI; Pegiat Literasi Kampar; Pengurus Ikatan Pendidi...

Selengkapnya
Navigasi Web
KAU dan AKU

KAU dan AKU

Keberhasilan alumni keberhasilan almamater. Keberhasilan alumni dari suatu almamater merupakan salah satu indikator keberhasilan proses pendudikan pada suatu almamater. Sebagai contoh adalah keberhasilan mereka di jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Contoh lain adalah pekerjaan yang mereka jalani secara profesional sesuai minat dan kemampuan.

Alumni sangatlah berpereran. Ambil saja hubungannya dengan peningkatan mutu pendidikan ataupun kegiatan ekstrakurikuler yang produktif di sekolah. Mereka dapat memberikan masukan yang bersifat membangun kepada almamater mereka.

Alumni memiliki posisi yang unik dan strategis. Pengalaman mereka selama menjadi siswa dan ikatan batin serta rasa memiliki mereka yang kuat terhadap almamater dapat menghasilkan dan memberikan berbagai ide, pemikiran, masukan yang membangun. Ini hanya bisa diberikan oleh orang-orang yang berintelektual dan berbudi luhur.

Melalui berbagai media komunikasi akan dapat dijembatani antara sekolah dan alumni. Proses pendidikan di sekolah diharapkan dapat berkembang dalam koridor yang lebih progresif dan terarah.

Alumni yang berprestasi dan memiliki kompetensi yang mumpuni sangat berfungsi dalam membangun opini publik untuk menarik minat calon siswa baru. Alumni merupakan salah satu acuan utama yang mendasari keputusan para orang tua dan calon siswa dalam menentukan pilihan sekolah.

Logikanya, jika alumni dari suatu insitusi pendidikan memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi dalam memasuki jenjang pendidikan tinggi favorit, dapat menunjukkan prestasi dan kontribusi mereka secara riil di masyarakat, maka kuantitas calon siswa yang berminat untuk mendaftar akan meningkat. Sehingga sekolah dapat menjaring siswa untuk mendapatkan siswa yang berkualitas.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Sangat setuju...bu. Keberhasilan alumni juga akan menjadi motivasi bagi adik-adik kelasnya. Salam sehat dan sukses selalu...ibu. Barakallah...bu kepala sekolah.

23 Sep
Balas

Betul bu, alumni itu kepanjanhan tangan dari suatu lembaga. Senoga tercurah rahmat Allah utk bu Dyah

23 Sep
Balas

Maaf utk bu Dasri maksudnya

23 Sep



search

New Post