Yanti Setiawati

🎓 Mahasiswi STAI H. Agus Salim Prodi Pendidikan Agama Islam, Cikarang Utara Kab. Bekasi Jawa Barat. Alumni SMKN 4 Pandeglang, Banten. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Tidak Ada Batasan Usia untuk Menuntut Ilmu

Tidak Ada Batasan Usia untuk Menuntut Ilmu

Menuntut Ilmu tidak ada batasan usia untuk orang-orang yang berpikir jauh akan masa depan dan memiliki mimpi atau cita-cita yang kuat dalam kehidupannya, Yang menginginkan mimpinya itu tercapai menjadi kenyataan guna merubah hidup nya agar lebih baik. Hanya satu kunci nya Yakni Kemauan dan Tekad  yang kuat. Banyak saya temukan di sekitar, mereka yang dengan sengaja berhenti dalam menempuh pendidikan dan enggan melanjutkan pendidikan nya lagi. 

 

Bukankah kita sebagai insan sangat di anjurkan untuk menuntut ilmu tidak mengenal batasan usia, baik muda ataupun tua, kaya ataupun miskin. Karena ilmu sebagai cahaya dalam kehidupan, ilmu sebagai nur penerang untuk kehidupan, dengan ilmu juga kita bisa memperoleh kebahagiaan di dunia dan kebahagiaan di akhirat. Sebagaimana dalam ungkapan" barangsiapa yang menginginkan dunia maka hendaklah berilmu , barangsiapa yang menginginkan akhirat, maka hendaklah dengan ilmu, barangsiapa yang menginginkan keduanya maka hendaklah dengan ilmu". 

 

Karena pentingnya menuntut ilmu juga bahkan sangat di anjurkan dari buaian ibu sampai masuk liang lahat (utlubul ilma minal mahdi illal lahdi), Dari kita lahir ke dunia ini sampai maut menjemput.

Pendidikan sekolah yang kita tempuh di mulai dari Taman Kanak-Kanak (TK), SD, SMP dan SMA/SMK. Dan tak cukup sampai disitu bahkan bisa melanjutkannya ke jenjang perguruan tinggi yang tak ada batasan usia, dan tak memandang status untuk kriteria masuknya selama ada kemauan dan niat. 

Banyak yang lulusan sekolah menengah atas mereka enggan melanjutkan pendidikannya lagi dengan alasan yang beranekaragam mayoritas dari mereka menyerah karena faktor ekonomi dengan alasan orangtua yang tidak mampu untuk membiayainya lagi, maka mereka lebih memilih untuk bekerja. 

Tetapi Bagi mereka yang paham akan penting nya pendidikan (education is very important) walaupun tidak langsung melanjutkan nya dan harus menunda dulu selama 1 atau 2 tahun bahkan lebih untuk mengumpulkan biaya nya dahulu dan bekerja sambil kuliah mereka lakukan dengan penuh semangat meskipun harus masuk kelas eksekutif atau lebih dikenal dengan kelas karyawan.

Sejati nya Allah akan memudahkan jalan dan memberikannya rejeki untuk orang-orang yang sedang menuntut ilmu.

Dalam sebuah hadist ; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Barangsiapa berjalan di suatu jalan untuk mencari ilmu, niscaya Allah akan memudahkan baginya jalan ke surga." ( HR. Muslim No. 2699) 

Sungguh kemuliaan untuk orang-orang yang sedang menuntut ilmu.

Semoga bagi kita yang sedang menuntut ilmu di berikan selalu keistiqomahan untuk selalu belajar dan meraih Ridho-Nya. 

 

Salam Perindu Literasi.

 

 

 

 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Benar itu bu...menuntut ilmu sejak dari bandulan sampai batas umur ke liang lahat

23 Feb
Balas

Iya bunda, Terimakasih sudah berkunjung dan Barakallahu fiik.

24 Feb

Tanpa batas..Dimanapun berada Ilmu wajib kita pelajari.Kerwn tulisannya bu.. Salm kenal

23 Feb
Balas

Salam kenal juga bunda, Terimakasih sudah berkunjung. Barokallahu fiik.

24 Feb

Setuju Bu ...... menuntut ilmu itu tiada batasan umur....batasnya sampai ajal menjemput.

23 Feb
Balas

Iya betul itu pak. Terimakasih sudah berkunjung. Barakallahu fiik.

24 Feb

Sukses trs kawan sangat brmanfaat artikelnya

23 Feb
Balas

Iya teh Urmila, Semoga kita bisa bersamasama meraih kesuksesan. Barokallah fiik teh, Terimakasih sudah berkunjung.

23 Feb

Terimakasih sudah berkunjung, Barokallahu fiik.

24 Feb
Balas

Masyaallah

24 Feb
Balas

Terimakasih sudah berkunjung, barokallahu fiik.

24 Feb

sukses selalu adiku tersayank..semoga Allah selalu memberikan keberkahan dan ada dalam ridhonya.

24 Feb
Balas

Aamiin Allahumaa aamiin, Terimakasih kaka terbaikku sudah berkunjung dan Barokallahu fiik. Semoga keberkahan dan Ridho-Nya selalu ada dalam setiap langkah kita. Aamiin.

28 Feb



search

New Post