yati

Guru akuntansi SMK, lahir di Mojokerto, tinggal di Jember...

Selengkapnya
Navigasi Web
Binge Eating dan Binge Watching

Binge Eating dan Binge Watching

#TantanganGurusiana

#TantanganHariKe30

Binge Eating dan Binge watching

Baru saja saya melaksanakan assesment online yang diselenggarakan oleh PUSPENDIK untuk guru. Ada yang merarik perhatian saya ketika mengerjakan soal. Ada soal yang membahas tentang binge eating dan binge wacthing. Dan saya pun akhirnya penasaran untuk mencari tau lebih lanjut tenang kedua hal tersebut.

Melansir tulisan oleh Lika Aprilia dalam majalah online hallo sehat, binge eating disorder adalah istilah medis untuk pola perilaku makan yang tidak terkendali. Orang yang megalami ini tidak bisa mengontrol keinginannya untuk terus makan. Gejala ini bisa ertjadi pada siapapun dan pada usian berapa pun.

Adapun tanda-tanda dan gejala binge eating adalah:

· Tidak dapat berhenti makan dan selalu makan banyak

· Tidak dapat mengendalikan apa yang dimakan

· Tetap ingin makan meskipun sudah kenyang

· Suka menyimpan makanan

· Beranggapan bahwa satu-satunya cara menyelesaikan masalah dan merasa lebih baik dengan cara makan.

· Terus mengindamkan makanan

· Perasaan terhadap berat badan buruk, artinya santai saja walaupun tubuh sudah obesitas.

Binge eating disebabkan oleh beberapa hal diantaranya gangguan makan, faktor genetik, obsesi terhadap bentuk tubuh tertentu, pengaruh sosial dan budaya, depresi, tingkat kepercayaan diri yang rendah, kesepian dan hal-hal lain yang menyebabkan makanan sebagi pelampiasan.

Setelah saya pikir-pikir ternyata saya termasuk penderita binge eating, karena masih sering makan walaupun belum lapar. Hanya lapar mata alias meras aingin makan saat melihat makanan atau saat melihat orang lain makan. Ya Allah semoga saya segera ishaf.hehe

Binge wacthing adalah perilaku menonton secara berkelanjutan daalam jangka waktu yang cukup lama. Misalnya menonton televisi streaming seperti Netflix, Hulu, Amazon Video dan lainnya.

Dalam TV streaming ini orang bisa melihat serial drama secara sekaligus, beda dengan TV analog biasa yang jadwal sinetronnya sudah ditetapkan setiap hari pada jam tertentu. pada televisi streamin yang berlangganan, orang bisa melihat beberapa episode pada hari itu juga, tidak menunggu hari lain. Inilah yang menyebabkan orang akan berlama-lama di depan layar televisi atau HP.

Kebiasaaan binge wacthing ini akan berpengaruh terhaap kesehatan juga, karena orang akan malas bergerak dan malas bersosialisasi, selalu duduk di depan layar televisi. Akibatnya metabolisme tubuh akan tertanggu, apapalgi saat nonton ditemani dengan cemikan yang makin membuat tubuh seseorang gemuk atau bahkan bisa obesitas.

Binge eating dan binge watching adalah dua hal yang sama –sama dilakukan secara berlebihan. Keduanya juga termasuk gangguan yang harus disembuhkan. Apapun itu kalau berlebihan akan menimbulkan dampak yang tidak baik. Bijak dalam mengomsumsi makanan dan mengkonsumsi tontonan juga sangat berpengaruh. Biar tidak menjadi candu yang berakibat tidak baik dalam diri kita.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Aku binge eating heehe

19 Feb
Balas

podo mbak..ternyata itu hrs disembuhkan loh

19 Feb

Terima kasih info nya

19 Feb
Balas

sama2 bu

19 Feb

Termasuk saya...wkwk

19 Feb
Balas

sama bu

19 Feb

Ooo gitu.....baru tahu..siipp

19 Feb
Balas

sama bu..saya juga baru tau tadi..dan saya adl penderita binge eating

19 Feb

Mantap

19 Feb
Balas

makasih pak

19 Feb

makasih pak

19 Feb



search

New Post