yati

Guru akuntansi SMK, lahir di Mojokerto, tinggal di Jember...

Selengkapnya
Navigasi Web
Menghindari 'Racun'

Menghindari 'Racun'

#TantanganGurusiana

#TantanganHariKe29

Menghindari “Racun”

Beberapa hari lalu, saya melihat dan membaca feed IG salah satu dokter yang biasa membagikan menu-menu sehat. Hampir setiap hari dibagikan resep sehat ala Rosulullah. Tetapi tidak pada hari itu, beliau membagikan kalimat-kalimat berikut:

Menjauhlah dari orang yang terus membuat mu down

Menjauhlah dari perdebatan yang tak berujung

Menjauhlah dari orang yang tak bahagia melihat mu bahagia

Menjauhlah dari lingkungan yang tak membuat mu lebih baik,

Baik dari agama atau kebaikan lainnya.

Semakin engkau menjauh dari hal-hal di atas dan racun hati lainnya, semakin sehat hatimu dan ragamu.

Setelah membaca tulisan tersebut, saya screenshoot dan upload di story WA. Beberapa menit setelah upload, banyak sekali teman-teman WA saya yang mengentari isi pesan tersebut. Dan tak lama kemudian beberapa dari mereka ikut upload di story WA masing-masing.

Menurut saya, kalimat-kalimat tersebut memang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jiwa. Saya pribadi sudah menerapkan beberapa dari pesan itu jauh sebelum membacanya.

Dalam hidup, kadang kita menjumpai beberapa orang yang senang menebar “racun” atau kata-kata yang mengajak kita untuk membenci orang lain, berusaha mempengaruhi untuk mengikuti kata-katanya. Yang dimaksud racun disini adalah hal-hl yang dapat berpengaruh buruk terhadap hati dan jiwa kita.

Selain racun kebencian yang ditebar, ada juga tipe orang yang membuat hati kita tidak nyaman dan resah. Misalnya menjelek-jelekan di belakang kita, atau bahkan memaki kita. Jalan terbaik adalah menghindarinya. Bergaul sekedarnya saja sebagai sesama manusia. Demi melindungi jiwa kita agar tidak makin resa dan berpikir untuk hal-hal yang tidak baik.

Meringankan pikir dengan tidak memikirkan hal-hal yang membawa pengaruh buruk terhadap jiwa bisa jadi membuat jiwa kita jauh dari kata stres dan depresi. Entengkan pikir, demi kesehatan jiwa. Mungkin ini akan terkesan cuek banget bagi orang lain, tapi inilah cara kita melidungi jiwa agar tetap sehat.

So, ayo hindari racun yang dapat merusak jiwa kita.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima kasih inspirasinya. Penting untuk kita selalu berada dalam komunitas yang saling menyemangati dalam kebaikan dan kebenaran. Barakallah.

04 Apr
Balas



search

New Post