yayah maemunah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Teknologi Menbantu KBM

Ini pengalaman saya saat mau mengajar mata pelajaran SBK di kelas 6. Rencananya saya mau mengajarkan seni suara. Lebih tepatnya lagu-lagu wajib nasional. Kebetulan pada waktu itu Bulan Oktober. Saya biasanya mengajarkan lagu-lagu wajib nasional disesuaikan dengan momentum Hari Besar Nasional seperti di Bulan Oktober ini ada momentum peringatan Sumpah Pemuda.Oleh karena itu saya ingin mengajarkan murid-murid saya lagu Bangun Pemudi Pemuda.Dengan tujuan agar ketika upacara peringatan sumpah pemuda nanti, anak-anak sudah dapat menyanyikannya. Tetapi saya punya kelemahan saat menyanyikan lagu yang bernada tinggi tidak kuat atau tidak sampai pada nada yang diinginkan. Sering sebelum-sebelumnya dulu, sebelum orde online,saya suka memaksakan mengajar lagu.-lagu wajib nasional sekalipun bernada tinggi. Tapi ya resikonya pas nada tinggi suara saya fals alias tercekik. Sehingga murid-murid saya pun tertawa semua. Mungkin lucu mendengarnya. Tapi saya tidak marah, memang itu kelemahan saya.

Tapi sekarang sudah berbeda zaman. Sekarang jika saya ingin mengajarkan lagu-lagu wajib nasional ataupun lagu-lagu daerah tidak bibgung dan risau lagi. Tinggal download lagu wajib atau lagu daerah via HP android, maka akan muncul itu lagu yang kita inginkan. Kemudian kita setel dan dimasukkan ke speaker portable yg bisa dibawa-bawa ke kelas, lalu disambung dengan kabel jek maka lagu yang ingin kita ajarkan tinggal diperdengarkan kepada murid-murid di kelas. Pertamanya saya tuliskan dulu syairnya di papan tulis, kemudian anak-anak disuruh menyalun tulisan itu. Setelah semua anak selesai menulis, maka disetel lah lagu wajib atau lagu daerah tersebut. Akhirnya anak riang dan bersemangat karena diiringi musik dalam bernyanyi, guru juga senang dan selamat tidak ditertawakan anak akibat suara fals. Itulah pengalaman saya dalam mengatasi kesulitan mengajar seni suara. Dengan demikian kemajuan teknologi dapat membantu pembelajaran di kelas. Sekarang murid.-murid saya sudah lancar menyanyikan lagu Bangun Pemudi Pemuda.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren banget...dah bisa membuat artilel pengalamn pribadi... Top banget deh..

30 Oct
Balas

Keren banget...dah bisa membuat artilel pengalamn pribadi... Top banget deh..

30 Oct
Balas

Keren banget...dah bisa membuat artilel pengalamn pribadi... Top banget deh..

30 Oct
Balas



search

New Post