Yayah Robiatul Adawiyah

Hj Yayah Robiatul Adawiyah,M.Pd ( YARA 21275) "Jadilah diri sendiri", tetap harus semangat dan optimis dalam menjalankan hidup Mengajar di MTs Nurul Hidayah Y...

Selengkapnya
Navigasi Web
Jangan Gaptek Dan Kudet

Jangan Gaptek Dan Kudet

#Tantangan Menulis Gurusiana Hari Ke-14

Ada hikmah dibalik merabaknya Covid-19 di Indonesia baru-baru ini, kita perlu menjaga diri dalam berkumpul dengan orang lain. Tapi ingat, hal tersebut tidak boleh dijadikan alasan untuk tidak belajar, karena belajar tidak terbatas pada ruang maupun waktu.

Salah satu program dari pemerintah, diadakannya pendidikan jarak jauh, dari sinilah terasa sekali kedekatan orang tua dengan putra dan putrinya, terutama para orang tua yang memiliki anak diusia sekolah. Paling tidak, kita akan selalu memantau perkembangan anak-anak di saat mendapatkan tugas dari para gurunya.

Pemerintah mengadakan program pendidikan jarak jauh (distance education), yang merupakan pendidikan formal berbasis lembaga yang peserta didik dan instrukturnya berada di lokasi yang terpisah, sehingga memerlukan system komunikasi interaktif untuk menghubungkan keduanya dan berbagai sumber daya yang diperlukan di dalamnya.

Pembelajaran elektronik (e-learning) atau pembelajatan daring (online) merupakan bagian dari pendidikan jarak jauh yang secara khusus menggabungkan tekhnologi elektronika dan teknologi berbasis internet.

Diantara kelas online pembelajaran jarak jauh/ daring, adalah :

MATERI

Day 1 - Edmodo

Day 2 - Google Classroom

Day 3 - ClassDojo

Day 4 - Quizziz

Day 5 - Screencast-O-Matic

Day 6 - YouTube Studio

Day 7 - Zoom Meetings

FASILITAS

#Video Tutorial

#Kelas online WhatsApp

#Kelas online Edmodo

#Kelas online ClassDojo

Beruntung, jika anak-anak kita yang difasilitasi gadget atau laptop. Tapi tidak menjadi kendala juga, bagi siswa yang tidak memilikinya, untuk dapat aktif di tugas online tersebut, karena pihak orang tua akan memberikan pinjaman gadget atau laptop kepada anak-anaknya dengan segala macam persyaratan.

Oleh karenanya siswa dituntut harus dapat menguasai tekhnologi. Dan para orang tua pun mau tidak mau, suka tidak suka, harus dapat melaksanakan dan mendukung program di zaman serba canggih ini.

Tidak ada lagi istilah "gaptek" dan "kudet" di zaman yang serba canggih ini, atau tidak punya gadget sama sekali. Karena seberapun harganya, alat mungil yang sering kita panggil HP itu bukanlah karna gaya, atau penampilan, tapi merupakan kebutuhan pokok yang harus dimiliki. Jika tidak memilikinya, maka kita akan tergilas oleh zaman.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post