Yayah Robiatul Adawiyah

Hj Yayah Robiatul Adawiyah,M.Pd ( YARA 21275) "Jadilah diri sendiri", tetap harus semangat dan optimis dalam menjalankan hidup Mengajar di MTs Nurul Hidayah Y...

Selengkapnya
Navigasi Web

Mengenal Kepribadian Anak

#Tantangan Menulis Gurusiana Hari Ke-21

Bagian pertama

Saat ini yang kita rasakan, tiada hari tanpa bahasan info tentang virus corona covid-19, bak artis dunia yang namanya sering disebut seantero dunia. Jika dilihat dariposisinya yang benar-benar telah menghawatirkan manusia. Maka hendaknya kehati-hatian dan kewaspadaan haruslah tetap siaga.

Karena keberadaannya sangat penting didunia nyata. Sekarang kita lihat virus itu dari sisi negatif dan juga positifnya. Ada hikmah di balik ini peristiwa ini.

Hikmah yang bisa diambil adalah, saat social distancing itu diberlakukan dalam segala kegiatan, baik itu dalam pendiikan, kesehatan, perekonomian sampai perihal ibadah pun diaturnya.

Salah satu yang bisa dirasakan manfaat positifmya adanya virus coid-19 ini adalah, kebersamaan dan kepedulian antar sesa,ma khususnya keluarga. Keluarga yang terdii dari ayah, ibu dan anak-anak. Tujuan berkeluarga adalah terciptanya komunikasi yang efektif untuk mencapai sakinah, mawaddah, warohmah.

Anak merupakan anugerah terindah dan harapan yang ditunggu-tunggu oleh para orang tua. Seorang anak tentunya akan diajarkan berbagai hal untuk menjadi orang yang membanggakan orang tua mereka.

Namun, dalam mengajarkan dan mendidik anak tentunya bukan merupakan perkara yang mudah karena setiap anak juga memiliki perbedaan karakter dan kepribadian, oleh karena itu para orang tua harus mengenali kepribadian anaknya dengan baik sejak dini. Dan seharusnya setiap orang tua harus punya prinsip bahwa Tiap orang lahir dengan kepribadian unik yang memiliki kekurangan dan kelebihannya sendiri.

MMenuaka sebisa mungkin orangtua haus tahu kepribadian apa yang dimiliki putra-putrinya.

Menurut Floranca Littauer dalam Personality Plus for Parents, ada empat type kepribadian manusia.Berikut ini terdapat empat tipe kepribadian menurut Florance, di antaranya: Sanguinis, Koleris, Melankolis, dan Flegmatis.

1. Sanguinis

Seperti apakah kepribadian sanguinis itu ? apakah anak lanangku ikut tipe sanguisis ini?, mari kita simak ciri-ciri,kelebihan dan kelemahannya,

Tipe sanguinis biasanya enerjik, orangnya ramah dan rameh, memberikan kesan ceria dalam kondisi apapun, dan suka memotivasi orang lain. Para Sanguinis memiliki kecenderungan untuk mencari perhatian, kasih sayang, dukungan, dan pengakuan dari orang-orang di sekitar mereka.

Anak dengan tipe Sanguinis juga biasanya akan memulai pembicaraan, bersifat optimis, dan dapat dengan mudah berteman dengan siapapun. Namun, mereka biasanya memiliki pola yang tidak teratur dalam menjalankan aktivitas, emosional, dan sangat sensitif terhadap apa yang orang lain pikirkan tentang diri mereka.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren, itu tipe aku hehe. Salam kenal dan sukses selalu

25 Mar
Balas



search

New Post